Catatan Kuliah Mandarin Basic II

Pertemuan 1 (Selasa, 15 Februari 2022)

Dag dig dug tidak karuan itulah perasaan saya 5 sejak beberapa hari yang lalu. Tepatnya sejak mendapatkan kirimkan email semacam peringatan dini dari dosen mata kuliah mandarin. Beliau menyampaikan standar umum dari kriteria mahasiswa yang dapat ikut kelasnya. Sebagai pemula, saya merasa sangat gelisah menerima dua email yang sama. Tapi saya tidak punya pilihan, saya harus tetap maju apa pun yang terjadi. Saat ini sudah semester 4 dan saya menargetkan semua mata kuliah selesai saya ambil di semester ini. Jadi mari kita lihat bagaimana kesan pertama dari perkuliahan malam ini. Kebetulan karena satu dan lain hal, teachernya melakukan perkuliahan online untuk pertemuan perdana malam ini.

Finally, akhirnya ketegangan saya terjawab dengan ketenangan, karena walaupun emailnya cenderung meningkatkan rasa gelisah, namun faktanya orangnya cukup seru, membimbing dan tidak menjustifikasi yang tidak membuat nyaman. Sejauh ini kesannya cukup positif walaupun sangat membutuhkan konsentrasi, dan hafalan kosa kata yang lebih cepat karena hampir 90% perkuliahan menggunakan bahasa mandarin. Pada awal perkuliahan dosen menjelaskan silabus. Dosen menyediakan kelas online menggunakan google classroom yang digunakan untuk mengunggah slide materi yang beliau gunakan, termasuk untuk mengumpulkan tugas dan pekerjaan rumah yang akan diberikan dalam setiap pertemuan. Selain itu memang benar bahwa setiap pekan akan ada kuis baik voccabulary maupun grammar untuk mengukur kesiapan kita terhadap materi yang akan dipelajari.

Hari ini kami belajar beberapa vocabullary antara lain 比較=bǐjiào yang bergunakan untuk membandingkan suatu baik benda, kata sifat, kemampuan, dan lain-lain. A 比較 Vs/Vst, 咖啡和珍珠奶茶, 哪個比較貴?, 咖啡比較貴。你比較喜歡A還是B?, 你比較常V1還是V2?, 你V1OV得比較好,還是, V2OV得比較好?. Selanjutnya kami belajar beberapa alat transportasi seperti kereta, MRT, HSR, bus, taxi, car, motor, pesawat. lalu kami diminta pendapatnya mana yang lebih cepat, mana yang lebih nyaman, mana yang lebih murah, mana yang lebih mudah, dan lain-lain. Kami juga belajar kata 非常=fēicháng=very, 慢=màn=slow, 快=kuài=cepat. Selanjutkan kata 舒服=shūfú=comportable.

我常坐公車去台北。我騎機車回家。我坐飛機去台灣。Lalu kami belajar kata 鐘頭=zhōngtóu = 小時 = xiǎo shí = hour. bisa digunakan untuk menerangkan lama waktu/durasi. misalnya 開車到台北要 一個鐘頭/小時。Lalu kami belajar kata 便利商店=biànlìshāngdiàn=convinient store. Itulah materi yang kami pelajari hari ini. Kami harus menghafalkan karakter dan pinyin dari sebanyak 16 kata untuk persiapan kuis hari kami lusa.

Pertemuan 2 (Kamis, 17 Februari 2022)

Kuliah hari terasa menegangkan, rasanya jelang menghadapi ujian. Karena setiap pertemuan kami diberikan kuis. Hari ini ada 10 soal yang harus dikerjakan, saya hanya dapat menjawab lengkap 5 soal, semoga tidak ada yang salah. Tiba-tiba ngeblank lupa apa yang harus ditulis. Agak sedikit salah strategi, saya kira semua vocabularry 1 CH8 akan ditanyakan, ternyata hanya bertanya vocab yang diajarkan pertemuan sebelumnya. Tapi hari ini jadi tahu apa yang harus dipersiapkan. Walaupun untuk kuis pekan pertemuan berikutnya modelnya agak berbeda. Kami harus menghafal seluruh karakter pada dialog satu. Ada sekitar 12 percakapan yang harus dipahami artinya dan dihafal cara penulisannya. Ini tentu lebih menantang. Masih ada waktu 5 hari untuk mempersiapkan. Namun pada saat yang sama kami diberikan dua PR yang tidak kalah menantang. Kami harus menulis dalam karakter bahasa mandarin. PR berhubungan dengan materi yang diajarkan di kelas malam ini. Kami sebaiknya segera mengerjakannya agar tidak keburu lupa apa yang seharusnya kami tuliskan dalam kertas jawaban.

Malam ini dosen menjelaskan beberapa kata baru antara lain gen, wan, selain itu kami dikelompokkan untuk melakukan conversation berdasarkan materi tentang perbandingan dan pendapat tentang setiap informasi yang tertulis. Di bagian akhir kami diminta berkelompok sebanyak 3 orang, kami mengambil satu kertas yang berisi 4 foto. Lalu kami secara bergantian mengambil satu persatu kata sifat yang tersedia, kemudian kami mendiskusikan menggunakan perbandingan dari foto yang kami pegang. Lumayan menarik walaupun untuk menghafal karakter dalam bahasa mandarinnya butuh perjuangan. Karena ada beberapa karakter baru di luar kata-kata pada dialog. Sisi positifnya kosa kata kami bertambah.

Pertemuan 3 (Selasa, 22 Februari 2022)

Kuliah hari ini saya merasa sangat sedih karena hasil kuis pertama saya nilainya tidak sesuai harapan, namun sesuai prediksi. Selain itu kuis hari ini di luar rencana. Kami diperintahkan untuk mempelajari dialog 2 namun yang dikuiskan dialog 1. Sungguh sangat menyedihkan. Sehingga saya tidak dapat mengisi soal dengan baik. Semakin sedih lagi karena ada dua teman kami yang hari ini tidak masuk kelas karena sudah mendrop mata kuliahnya. Kemudian salah satu teman saya juga akan menyusul untuk mendrop mata kuliahnya. Sepertinya tersisa saya sendiri mahasiswa PHD di kelas itu. Tapi saya tidak punya banyak pilihan. Saya harus menyelesaikan semua courses pada semester ini Saya akan hadapi apa pun sulitnya. Walaupun mungkin nilainya tidak akan seperti nilai yang lainnya. Saya akan berusaha semaksimal yang dapat saya lakukan. Hari ini kami membahas beberapa vocabullary pada dialog 2 dan mengulang materi dialog satu secara audio sampai kami dapat mempraktikkan dalam bentuk conversation. Kami diberikan PR membuat video conversation berdasarkan cerita pada dialog 1. Kami diminta mengunggahnya di grup line sebelum hari kami. Alhamdulillah tadi dibantu Jhon orang Korea yang tinggal di Taiwan untuk merekamnya. Tadi saya sempat bertanya bagaimana cara terbaik untuk merekognisi dan menghafal chinese character, teachernya bilang hanya dengan cara menuliskan sebanyak 100 kali. Jika dengan cara itu tidak bekerja, maka dia akan meluluskan mahasiswanya asal menunjukkan usahanya dalam menulis minimal 100 kali pada setiap karakter. Saya akan coba melakukannya pada semester ini.

Pertemuan 4 (Kamis, 24 February 2022)

Gambaran kuliah mandarin hari ini antara sedih, senang dan bingung. Sedih karena hasil kuis kemarin yang tidak sesuai harapan, senang tapi saya dapat kesempatan untuk mengulang kuis pada pertemuan berikutnya. Selain itu saya senang untuk soal kuis hari ini karena merasa mampu menjawab dengan lebih yakin, semoga jawabannya benar menurut dosen. Berikutnya bingung karena materi hari ini sangat complicated dan sulit bagi saya untuk mengikutinya. Materi hari ini melanjutkan tentang masalah waktu yakni topiknya tentang time duration. Harus menghafal karakter dan grammarnya. Selain itu hari ini juga kami mendapatkan PR yang cukup banyak. Harus menjawab sekitar 21 pertanyaan berhubungan dengan time duration. Selain itu kami juga harus membuat video seperti tugas 2 hari lalu. Semoga saya dapat menjawabnya. Ada banyak waktu untuk mengerjakan sampai Selasa depan tapi pada saat yang sama saya juga harus mulai mengerjakan pekerjaan yang lain. Sehingga akhir pekan ini harus saya kelola sedemikian rupa agar dapat menjawab mengerjakan semuanya.

Pertemuan 5 (1 Maret 2022)

Kuliah hari ini seperti biasanya sangat menyita waktu, pikiran, tenaga dan perasaan. Hari ini saya melakukan kuis ulang untuk kuis yang kedua (dialog 1) alhamdulillah dengan soal yang sama sesuai dengan yang telah dipersiapkan 火車太曼了,鐘頭, 國鐵比较快, 國鐵車票, 國鐵又快又舒服, 國鐵站, 網路上 或是便利商店. Semoga hasilnya maksimal. Tadi dosennya bilang saya ada progres yang signifikan. Setelah itu kami melakukan kuis yang ke 4 (vocabullary 1 chapter 9: 星期, 回國, 打算, 電視, 影片, 㢳行, 功课, 大概, 出去, 放假, 下個 星期, 有時候, 多久,臺東). Alhamdulillah dari 10 soal yang keluar semuanya bisa terjawab semoga benar semua. Sebelumnya juga mendapatkan hasil koreksi dari kuis yang ke 3 Kamis lalu, alhamdulillah dapat skor 48 dari 50. Cukup memuaskan dan sesuai harapan. Hari ini belajar vocab pada chapter 1 dan chapter 2. Pertemuan berikutnya yakni kamis lusa, kami kuis dialog 1 dan vocabullary 2 chapter. Selain itu hari ini kami mendapatkan PR yang harus dikumpulkan hari Selasa depan ada 8 pertanyaan yang harus dijawab dalam karakter mandarin.

Pertemuan 6 (3 Maret 2022)

Kuliah hari ini tidak ada bedanya dengan pertemuan sebelumnya, suasanya selalu sama karena menghadapi kuis dan pembelajaran yang sangat menuntut banyak persiapan. Hasil kuis pertemuan sebelumnya alhamdulillah dapat 16 dari 20. Ada beberapa kesalahan penulisan karakter tapi itu sudah lebih dari cukup dari ekspektasi saya. Kuis hari ini lebih berat karena meliputi dua dialog yakni dialog 1

A: 下個星期我們放五天的假, 你要回國嗎?B: 不, 我打算在家看電視, 影片學中文, 你呢?

A: 我 想跟朋友去玩, B: 不错啊, 去什嚒地方?

A: 臺東, 聽說那裡的疯景非常票亮, B: 我也聽說。 放假的時侯, 你 常去㢳行嗎?

A: 不一定。 有時候在家功課, 有時候出去玩, B: 你們什嚒時候去臺東?

A: 這個星期六下午去, B: 去玩多久?A: 大概玩四, 五天

dan vocab pada dialog 2. 奴 +noun nu girls, Number + 月 yue month, Bunber + 號 hao date, 帶 dai to take, 她 ta she her. 還 hai still, 建議 jianyi suggestion, 夜市 yeshi night market, 應該 yinggai should, 逛 guang to arround, 特別 tebie special, 茶館 chaguan tea house, 決定 jueding to decide, 要是 yaoshi if
就 jiu then, 貓空 maokong. Ada beberapa karakter yang salah penulisan, semoga hasilnya tetap positif. Pembelajaran hari ini seperti pola pembelajaran kamis lalu, kami membahas bersama dialog 1, kemudian kami diminta menutup buku, lalu diminta angkat tangan yang bisa menyebutkan satu kalimat, setelah itu mendiskusikan beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi pada teks. Selanjutnya kami membahas beberapa vocab yang baru dikuiskan dari dialog 2. Dosen menjelaskan makna dan mencontohkan cara penggunaannya dalam kalimat. Selanjutnya kami diberikan bahan untuk merekam kemampuan speaking kami. Hari ini kami belajar tentang materi jika maka menggunakan kata youshi A jiu B. Kami juga diberikan PR tambahan, sehingga untuk pertemuan hari selasa, kami memiliki 3 PR. Semoga diberikan semangat dan kelancaran dalam mengerjakannya.

Pertemuan 7 (8 Maret 2022)

Kuliah hari ini sedikit lemas karena kondisi fisik saya yang belum benar-benar pulih setelah vaksin ketiga kemarin pagi. Hari ini badan saya terasa lemas dan sedikit demam (36.9) padahal suhu di luar sedang dingin. Selain itu bahu kiri tempat disuntik juga masih terasa sakit. Dorongannya ingin istirahat, sementara hari ini ada kuis dialog dua. Saya sudah berusaha untuk mengingat semua karakteri pada dialog dua sejak kemarin, bahkan sempat ditulis beberapa kali baik dalam bentuk digital di hp, ipad, maupun ditulis manual di kertas. Berikut dialog lengkap dari dialog 2 chapter 9.

A: 我奴朋友九月三十號 来臺彎看我
B: 你想带她去哪裡玩?
A: 還不知道,你有什嚒建議?
B: 臺彎的夜市很有名。 你們影該去逛逛
A: 谢谢。 還有什嚒好玩的特别?
B: 臺彎的茶也很特别。 臺北有很多茶館
A: 到哪裡和茶比較好?
B: 你們可以貌空。 那裡的風景很美
A: 谢谢你,我決定带她去猫空。你也一起去, 好不好?
B: 要是那時候我我有空, 就跟你們一起去
A: 太好了, 谢谢

Intinya cerita tentang temannya yang akan di taiwan si A ini meminta saran ke si B mengenai tempat yang bisa dikunjungi. Dalam kuis hari ini ada beberapa kata yang saya lupa menuliskannya, seperti biasanya, waktu latihan sudah merasa yakin, namun waktu kuis tiba-tiba lupa misalnya kata 知道 dan 決定. Alhamdulillah kata yang lainnya ingat walaupun belum tentu benar persis, karena dosennya cukup cermat mengecek setiap karakternya.

Hari ini juga kami belajar vocab 1 dan 2 pada chapter 10. Vocab berbicara tentang buah-buahan, sedangkan vocab dua berbicara tentang pakaian. Kami juga belajar tentang warna. Berikut ini vocab 1:
水果, 黄色, 忙果, 给, 块, 香, 甜,红色,西瓜,吧,對,以前,機會,晴,吃吃看,
Sedangkan ini vocab 2 拍,笑,開心,穿,衣服,魯館,太太,男,矮, 高,弟弟,乾井,窗户,往,蓝色,因溈,住, 上個月,這些. Hari kami lusa kami harus hafal cara penulisan hanzi dan pinyin dari semua kata tersebut, semoga diberikan kemudahan untuk menghafalkannya.

Pertemuan 8 (10 Maret 2022)

Hari ini saya menerima kasih kuis Kamis dan Selasa lalu, hasilnya dapat 22 dan 26 dari maksimal skor 30. Kesalahan dalam bentuk curek kecil saja menjadi pengurangan poin. Mungkin karena bisa merubah makna dari kata yang ditulis. Walaupun begitu saya merasa cukup puas karena setidak tiadk harus mengulang. Hari ini kami kuis vocab 1dan 2 pada chpater 10. Total ada sekitar 34 karakter yang hanya dipilih sebanyak 15. Beberapa opsi katanya antara lain Vocab1
Shuiguo 水果 fruit; Huangse 黄色 yellow; Mangguo 芒果 mango; Gei 给 to give; Kuai 块 a piece; Xiang 香 fragnant; Tian 甜 sweet; Hongse 红色 red; Xigua 西瓜 watermelon; Ba 吧 sentence final guesing; Dui 對 correct; Yiqian 以前 before; Jihui 機會 opportunity; Qing 請 to treat; Chichikan 吃吃看 to have a taste

Vocab2
Pai 拍 to take picture; Xiao 笑 to laugh, to smile; Kaixin 闓心 happy; Chuan 穿 to wear; Yifu 衣服 clothes; Luguan 㢳館 hotel; Taitai 太太 wife; Nan 男 boy; Ai 矮 short; Gao 高 tall; Didi 弟弟 younger brother; Ganjing 乾淨 clean; Chuanghu 窗户 window; Wang 往 toward; Lanse 蓝色 blue; Yinwei 因溈 because; Zhu 住 to stay; Shanggeyue 上個月 lastmonth; Zhexie 這些 these.

Dari ke 15 kata yang dikuiskan, saya bisa mengerjakan semuanya namun ada dua karakter yang saya tidak menulis dengan lengkap ada bagian yang terlewat, semoga dapat skor yang lebih baik.

Hari ini kami juga belajar beberapa vocab baru yang belum dibahas pada vocab 2. Terutama dalam penggunaan 以前 before dan 以後 now, artinya dulu saya A, sekarang saya B, dulu saya tidak bisa A, sekarang saya bisa A, dulu saya tidak suka A, sekarang saya sangat suka A dan seterusnya. Selain itu juga hari ini kami mendiskusikan beberapa soal dengan teman diskusi. Selebihnya dibuat PR untuk dikumpulkan Selasa depan. Minggu depan kami tidak ada kuis tapi kami diminta untuk mempelajari grammar 1-3 pada chapter 10. Semoga semuanya diberikan kelancaran.

Pertemuan 9 (15 Maret 2022)

Kuliah hari ini sedikit lebih tenang karena tidak ada kuis, kami hanya memiliki dua PR yang baru saya kerjakan tadi sore. Dari kemarin banyak gangguan. Kuis saya pertemuan sebelumnya adalah 26,5/30 dan 22/30. Skornya masih kisaran segitu, karena banyak kesalahan minor dalam penulisan karakternya, sehingga banyak pengurangan skor. Hari ini dosen memberikan pengajaran tentang grammar pada chapter 10 nomor 1-3. Grammar ini cukup sulit mengenai penempatan clause pada sebuah kalimat. Pada grammar 1 kami belajar menggunakan kata V V Kan untuk menunjukan makna menawarakan untuk mencoba dan melihat, misalnya icip-icip (chichikan), coba minum dikit (he he kan), lihat-lihat (kan kan). Selanjutnya penggunaan formula Vs Vs De, yang artinya mengaburkan maka yang tidak terlalu jelas, misalnya tian-tian de (agak manis), suan suan de (agak asam), hong hong de (agak merah), dan seterusnya. Lawan dari Vs Vs De adalah feichang artinya sangat. Grammar ketiga penggunaan De + N, polanya S+V+O, misalnya orang yang baru merah itu adalah teman ku, chuan hong yifu ren shi wo de fengyou. Orang yang paling tinggi adalah kaka saya, gao de ren shi, wo gege. Dan lain-lain. Pertemuan berikutnya kami mendapatkan dua PR dan persiapan untuk kuis pada dialog 1 chapter 10. Semoga dipermudah.
Pertemuan 10 (17 Maret 2022)

Kuis hari ini berjalan lancar, saya dapat mengerjakan semua pertanyaan dengan yakin walaupun belum tahu bagaimana hasilnya nanti karena dosennya sangat teliti untuk mengidentifikasi kesalahan walaupun hanya satu curek kecil. Namun setelah kuis saya merasa pusing karena materi yang diajarkan sangat sulit. Berkaitan dengan grammar. Masih tentang penggunaan de, intinya ada pola klausa yang harus diterangkan. Misalnya kita menulis “yang berbicara bahasa mandarin adalah yuemei”. Artinya yumei berbicara bahasa mandarin. Contoh lain “yang membantu ibu memasak adalah ayah”. Intinya ada perubahan posisi verb dan subject pada struktur kalimat. Hari ini seperti biasa kami lanjutkan dengan mengulang narasi dialog lalu kami diberikan pr untuk direkam. Selain itu kami mendapatkan PR tambahan yang harus kami kumpulkan selasa depan. jumlah soalnya lumayan banyak. Selasa depan kami akan ada dua kuis yakni dialog 2 dan materi tentang grammar yang kami pelajari hari ini.

Pertemuan 11 (22 Maret 2022)

Kuliah hari ini butuh persiapan banyak karena kami memiliki dua PR yakni video dan tulis tangan. Selain itu ada kuis dialog 1 chapter 10. Dialognya cukup panjang dan butuh waktu ekstrak untuk mengingat dan memahaminya baik dari sisi tulisan, cara pengucapan dan artinya.

Diaolog 2 chapter 10
M: 你跟你奴朋友上個月去花蓮玩,好玩嗎?nigen ninu pengyou shang ge yue qu hualian wan, hao wan ma?
T:很好玩. 你看,這些是我拍的照片 Hen hao wan, nikan, zhe xie shi wo pai de zhaopian
M:你們笑得很開心!哪一個是你奴朋友?Nimen xiao de hen kaixin! Na yi ge shi ninu pengyou?
T:穿紅衣服的這個。穿黃衣服的是魯館 老闆的太太 Chuan hong yifu de zhe ge. Chuan huang yifu de shi luguan laoban de taitai
M:他們兩個多很票亮。這兩個男的是誰?Tamen liang ge duo hen piaoliang. Zhe liang ge nan de shi shei?
T:矮的是魯館的老闆, 高的是他弟弟 Ai de shi luguan de laoban, gao de shi ta didi

M: 那家魯館怎麼樣?Na jia luguan zenmenyang?
T: 很乾淨,從窗戶往外看,是藍色的大海 Hen ganjing, cong chuanghu wang wai kan, shi lanse de dahai

M: 真不錯! 那家魯館貴嗎?Zhen bucuo. Na jia luguan gui ma?
T: 因為現在去玩的人比較少,所以魯館不太貴 Yinwei xianzai qu wan de ren bijiao shao, suoyi luguan bu tai gui.
M: 下次我也想去住 Xia ci wo ye xiang qu zhu

Kabar baiknya, hasil kuis saya kamis lalu dapat skor paling tinggi yakni 29 daro maksimal 30. Kesalahannya dalam penulisan kata ni, kurang curek dikit. Dosennya sangat cermat mengidentifikasi kesalahan tata tulis walaupun kecil. Setelah kuis seperti biasa kami mengulang bacaan dialog yang dikuiskan kemudian dosen akan meminta kami untuk mengangkat tangan ketika tahu kalimatnya. Kabar baiknya hari ini saya dapat dua kesempatan menjawab dan mendapatkan uang-uangan 300. Setelah itu kami break dan dilanjutkan dengan materi baru yakni vocabullary 1 chapter 11. Selasa depan kuisnya adalah vocab tersebut ada sekitar 21 kata yang harus dihafal baik cara penulisan hanzi, pinyin maupun artinya. Kabar baiknya hari ini tidak ada PR selain persiapan kuis untuk pekan depan.

Pertemuan 12 (24 Maret 2022)

Hari ini kuis vocab 1 lesson 11, ada banyak karakter yang harus kami hafal cara penulisan hanzi dan pinyinnya antara lain: Zu 租, Fangdong 房東, Keting 客㕔, Chufang 㕑房, Zuobian 左邊, Youbian 右邊, Yushi 浴室, Chaoshi 超市, Zoulu 走路, Fenzhong 分鐘, Jiu 就, Dao 到, Jian 間, Kong 空, Fangjian 房間, Taofang 套房, Huiqu 回去, Xiang 想, Zai 再, Dianhua 電話, Gei 给, Lin 林, Da dianhua 打電話

Alhamdulillah dapat mengerjakan semua soalnya, walaupun biasanya selalu ada catatan dari dosen yang dapat mengurangi skor. Kabar baiknya hasil kuis 1 Selasa kemarin dapat 28/30, namun hasil kuis yang kedua hanya dapat 10/20. Ada banyak pengurangan nilai karena beberapa kata menggunakan pinyin. Hari ini kami dapat info bahwa UTS akan dilaksanakan tanggal 12 April 2022. Soalnya berupa soal grammar yang telah kami pelajari tentang penggunaan S+V+De+O dan V…De+S. Minggu depan kami ada PR dan harus persiapan untuk kuis dialog 1. Semoga diberikan kelancaran untuk belajarnya.

Pertemuan 13 (29 Maret 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan pembagian hasil kuis dan PR Kamis lalu, alhamdulillah untuk kuis dapat skor 19,5/20 sedangkan untuk PR ada banyak catatan karena jawaban yang saya berikan tidak disertasi dengan verb, sehingga perlu diperbaiki untuk persiapan mid term. Hari ini kami kuis dialog 1 lesson 11. Lumayan panjang dialognya dan banyak kata yang harus dihafalkan sebagaimana yang sudah kami bahas pada pertemuan sebelumnya. Alhamdulillah semua soal dapat dijawab semoga semua jawabannya benar.

Dialogue 1 lesson 11 sebagai berikut:

A: 林先生, 你好, 我是白如玉, 来看房子
B: 白小姐 妳好 請進
B: 這裡是客聽,㕑房在左邊,右邊有浴室
A: 房子很不错
B: 這裡很房便, 附近有超市han 捷運站,走路五分鐘就到了
A: 現在有人住嗎?
B: 有。還有两間空房間,一間套房,一間不是
A: 我想看套房,房間裡面可以上網嗎?
B: 可以,妳䁷得這間房間怎嚒樣?妳想租嗎?
A:我回去想想,再打電話给你

Hari kami belajar grammar baru tentang penggunaan 有 yang ditempatkan pada situasi yang tidak terprediksi. Contoh penggunaannya misalnya: Menurutmu kapan kita mengira bahwa restoran itu menunya enak? maka jawabannya: you hen duo ren de shihou, wo juede nage chanting hen hao chi. Contoh lainnya, menurut mengapa hari ini tidak akan ada kelas? maka jawabannya: mei 有 ren de shihou zai class, wo juede jin tian mei you ke. Intinya kata 有 dihadapkan dengan kata yang mengindikasikan noun yang tidak terprediksi. Setelah itu kami praktek untuk dialog 1 dan seperti biasa menjadi PR untuk direkam dan di upload di group line kelas. Pertemuan berikutnya ada kuis vocab dan dialog 2 pada lesson 11. Waktu hanya 2 hari semoga diberikan kemudahan.

Pertemuan 14 (31 Maret 2022)

Kuliah hari ini lumayan presure walaupun hanya punya satu PR berupa video tapi hari ini kami harus kuis vocab dan dialog secara bersamaan. jumlah soalnya panjang dan skor maksimalnya 50. Waktu yang tersedia hanya dua hari. Dengan bersusah payah menghafal semua kata dan kalimat pada lesson 11 dialog 2. Kuis pertemuan sebelumnya dapat skor 28,5/30. Ada 3 karakter yang cara penulisannya belum sempurna sehingga terjadi pengurangan skor. Sehingga sampai saat ini bellum pernah benar 100%. Semoga pada kuis berikutnya.

Adapun berikut ini adalah dialogue 2 lesson11:
A: 喂, 房東先生, 你好, 我是白如玉,你收到我的房租了嗎?
B: 我 已經收到了, 谢谢. 你習慣了嗎?
A: 習慣了. 可是, 有一個問題, 熱水器 的水好像不熱
B: 今天我會去看看. 你什嚒時候有空?晚上可以嗎?
A:不好意思, 今天晚上我有事
B: 没關係, 明天下午呢?
A: 好,我在家等你
B: 那我明天下午两點到. 還有問題嗎?
A: 我想買電視, 請問可以幫我装有線電視嗎?
B: 可以, 不過妳得自己付錢
A: 好的,谢谢你

Dan ini adalah vocabulary 2 lesson 11.
wei 喂, Fangzu 房租, yijing 已經, Xiguan 習慣, Wenti 問題, Reshuiqi 热水, Haoxiang 好像, Hui 會, Deng 等, Na 那, Zhuang 装, Buguo 不過, Fu 付, Shoudao 收到, Buhao yisi 不好意思, Mei guanxi 没關係, Youxian dianshi 有線電視.

Setelah kuis kami berlanjut dengan belajar vocab disertai dengan contoh penggunaannya. Seperti biasa kami diminta untuk mencari partner. Namun sayang hari ini teman-teman lain lebih semangat untuk mengambil point. Hari ini kami belajar tentang penggunaan Xiguan 習慣 , Hui 會. Kami juga mendapatkan dua PR untuk dikumpulkan pada Kamis pekan depan. Adapun agenda pertemuan selanjutnya adalah review materi dan bahan persiapan untuk midterm. Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran.

Pertemuan 15 (5 April 2022)

Hari ini tidak ada kelas karena ada spring break.

Pertemuan 16 (7 April 2022)

Sesuai rencana sebelumnya hari ini kami ada pembahasan preview soal untuk UTS. Dosen memberikan empat lembar soal dan kita diminta simulasi untuk mengerjakan soalnya lalu dibahas bersama jawabannya. Soalnya bisa dilihat pada tautan ini. Ada beberapa bagian soal yang harus kami isi. Karena saya tidak dapat mengerjakan semuanya di kelas. Saya pelajari diasrama beberapa hari kemudian sekaligus untuk mempersiapkan diri pada UTS yang sesungguhnya. Saya berharap soalnya sama persis dengan yang diujicobakan.

Pertemuan 17 (12 April 2022) Mid-term

Hari ini adalah hari dimana saya merasa berpasrah diri dengan kemampuan mandarin saya khususnya kemampuan mengingat karakter yang telah terlupa. Pekan ini juga merupakan pekan yang saya tunggu, karena saya tidak punya bayangan bagaimana tipe soal UTS dari dosen ini. Saya tidak punya kenalan yang bisa ditanya. Alhasil waktu ujian saya kesulitan untuk tipe soal menulis karakter dari kata yang disebutkan dosen. Tapi kabar baiknya dengan persiapan yang telah dilakukan, saya bisa memahami sekitar 95% karakter dari seluruh soal. Namun sepertinya dalam menjawabnya masih belum dapat dipastikan mengingat banyak soal grammar yang lebih sulit dari pada hanya test soal rumpang.

Soal yang keluar hari ini saya pikir jauh lebih sulit dari preview soal yang dibahas pada pertemuan sebelumnya. dari jumlah soal dan variasi bentuk soal juga lebih sulit. Tapi apa pun itu saya bersyukur masih bisa mengerti semua soalnya dan dapat keluar tidak sebagai peserta paling akhir. Walaupun hasilnya mungkin tidak seperti yang saya harapkan. Jadi tipsnya untuk kelas dosen ini adalah harus menghafal semua kata yang pernah dipelajari dari Lesson 8-11. Beliau akan memilih kata secara acak, sangat tidak terduga. Jika tidak hafal hanzinya maka setidaknya kita dapat menulis pinyinnya. Tipe soal yang diberikan ada 5 bagian. Pertama soal listeting. Dosen membacakan dialog singkat dua orang kemudian kita diminta memilih jawaban yang tepat. Kedua soal listening dan writing, dosen akan menyebutkan 10 karakter mandarin dan kita diminta untuk menuliskannya baik karakter maupun hanzinya. Setelah itu ke 10 karakter tersebut dimasukan dalam 3 soal yang berisi 11 kata rumpang. Artinya kita harus mengerti alur cerita dari soalnya. Ketiga soal dialog textual ada 10 soal yang berisi kalimat A dan B, Dan kita diminta mengisi kunci jawaban A, B, C. Keempat model soal dialog kalimat panjang antara dua orang. Artinya kita harus menjawab soal atau membuat pertanyaan atau jawaban yang diberikan. Jumlahnya sebanyak 5 soal. Lalu yang terakhir adalah soal grammar tentang penggunaan ….的 +N. Jumlahnya ada kurang lebih tiga soal. Saya tidak mengingat berupa jumlah total soalnya tapi sepertinya kurang lebih ada 43 atau 45 soal. Masing-masing bagian soal memiliki bobot yang berbeda ada yang 20%, ada yang lebih dan ada yang kurang.

Pertemuan 18 (14 April 2022)

Hari ini kami ada kuis vocab 1 Lesson 11. Ada 22 karakter yang harus kami hafalkan hanzi dan pinyinnya. Ada 10 karakter yang keluar saya lupa karakter 希 pada kata xiwang. Berikut adalah beberapa karakter pada vocab 1 Ls 12:
Jihua 計畫, nian 年, Jiu 久, Shijian 時間, Xian 先, Nian 念, Daxue 大學, Xuyao 需要, Hua 花, Jiangxuejin 奖學金, Chengji 成績, Xuefei 學費, Gongsi 公司, Ti 替, Xiwang 希望, Yihou 以後, Dao 到, Shangban 上班, Nianshu 念書, Lei 累, Yuyan zhongxin 語言中心, Jiayou 加油

Agenda kuliah hari ini seperti biasa dimulai dengan kuis kemudian membahas vocab satu persatu beserta contoh penggunaan dalam sehari-hari. Selain itu ada pengenalan grammar she….De. Kabar baiknya hari ini kami mengumpulkan uang paling banyak. Kebetulan saya satu kelompok dengan orang Vietnam yang sangat rajin angkat tangan. Kami berhasil mengumpulkan 1.500; saya berkontribusi sebanyak 500. Koin terbanyak sejauh ini mungkin kebetulan banyak yang tidak hadir. Dari 16 mahasiswa hanya ada 10 yang hadir. Info lainnya kuis pada 2 pekan lalu saya dapat skor 45/50. Angka yang lumayan. Semoga kuis berikutnya konsisten di atas ambang batas 90/A+. Untuk mendongkrak nilai mid-term yang entah bagaimana hasilnya. Katanya akan diumumkan minggu depan.

Pertemuan 19 (19 April 2022)

Kuliah hari ini sedikit bersedih karena nilai UTS saya tidak sesuai harapan, namun masih sesuai prediksi dan target minimal. Skor yang cukup sulit untuk mendongkrak agar dapat nilai A+ pada mata kuliah ini. Skor yang nyaris menjadi yang paling bawah, untung masih ada satu teman kelas yang jarang masuk yang skornya jauh lebih rendah di bawah saya. Saya tetap puas dengan hasil mid-term saya walaupun tidak membahagiakan, setidaknya saya telah berusaha maksimal dan saya telah melakukannya dengan jujur. Pelajaran berharga untuk lebih banyak belajar dan berlatih. Saya akui kualitas soalnya memang tidak kaleng-kaleng. Jauh lebih sulit dari contoh soal yang diberikan.

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis dialog lesson 12. Alhamdulillah saya dapat mengisi semua karakter dengan yakin, walaupun biasanya selalu ada catatan dari dosen yang menjadi pengurang nilainya. Semoga nilainya masih dapat skor di atas 90%. Kuis pertemuan lalu dapat 18.5/20. Masih masuk ambang batas aman. Kabar baiknya hari ini saya kembali dapat poin 500 karena bisa menjawab sebanyak 5 kali dari soal dialog 1 pada lesson 12. Poin akhirnya kalah 100 dari 1 kelompok lain, namun masih dapat cemilan. Pertemuan selanjutnya akan ada kuis dialog 2 dan vocab 2 pada lesson 12. Waktu 2 hari untuk belajar. Semoga dapat dipersiapkan maksimal tanpa menghambat pekerjaan yang lain. Hari ini juga kami dapat arahan tentang final persentation, dimana kami harus secara berkelompok untuk mempersentasikan satu kota di depan kelas.

Dialog 1 lesson 12

中:安同:你計畫在臺彎學多久的中文?
同:五年
中:溈什嚒要這嚒久的時間?
同:我先在語言中心念一年,再念四年大學, 所以需要五年
中:這得花不少錢
同:對,不過我有奖學金,要是成績不好,就没奖學金了,你呢?
中: 我學費是公司我付的
同:你打算學多久呢?
中:打忋两年,是公司決定的
同:希望我以後也可以到這嚒好的公司上班
中: 我又要上班,有要念書,镇的很累
同:我們一起加油吧

Pertemuan 20 (21 April 2022)

Kabar baik hari ini adalah hasil kuis saya pertemuan Selasa dapat skor sempurna 30/30. Ini kali pertama saya mendapatkannya. Semoga menjadi motivasi untuk kuis berikutnya. Hari ini kami ada kuis dialog 2 dan vocab 2 pada lesson 12. Berikut ini beberapa vocabnya.

Gongzuo 工作 towork, Qunian 去年 last year, Zuo 做 todo, Shengyi生意 business, Yihou 以後 afterwards, Hao 好 easy to, Zhao 找 to look for,Zheyang 這樣 this kind of, Guojia 國家 country, Shi 試 to try, Nan 難 hard to, Name 那嚒 then, Zai 再 again, Shishikan 試試看 to try and see what happens

Sepertinya kuis hari ini tidak mungkin sempurna karena ada beberapa penulisan pinyin yang saya lupa lagi. Agenda kuliah seperti biasanya, dan ada PR membuat video dan mengerjakan soal untuk dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. Tulisan ini dibuat tepat setelah beberapa menit mengirimkan hasil revisi terbaru dari naskah JCAL ke Prof. Wang. Semoga beliau segera membaca dan memberikan jawaban dan semoga bisa langsung maju ke tahap proofreading agar segera dikirimkan ke jurnalnya.

Pertemuan 21 (26 April 2022)

Kuliah hari ini sebenarnya serasa dapat kejutan karena tidak menyangka hasil kuis Kamis lalu dapat skor 48,5/50 di atas ekspektasi saya yang merasa kurang percaya diri dengan cara saya menulis pinyinya. Tapi ternyata alhamdulillah aman. Hari ini kami kuis yang tidak kalah menantang yakni harus belajar 40 karakter dari semua vocab pada lesson 13.

Vocab 1 lesson 13: Shengri 生日, Kuaile 快樂, Huilai 回来, A 啊, Zenme 怎嚒, Wangle 忘了, Jide 記得, Dangran 當然, Yuyan 語言, Jiaohuan 交换, Name 那嚒, Rexin 熱心, Xibanya wen 西班牙文, Yiyang 一樣, Guo 過, Zuoyou 左右, Menkou 門口, Wo jiu shi 我就是, Haojiu bujian 好久不見, Bubi keqi 不必客氣, Tai keqi 太客氣

Vocab 2 lesson 13: Liwu 禮物, Jinnian 今年, Ding 訂, Le 了, Zhujiao 猪腳, Mianxian 麵線, Dan 蛋, Yidian 一點, Chuantong 傳統, Nianqing 年輕, Dangao 蛋糕, Dui 對, Zhu 祝, Nali, nali 哪里哪里, Da bufen 大部分, Wanshi ruyi 萬事如意, Xinxiang shicheng 心想事成.

Pembelajaran kali ini kami membahas semua vocab pada lesson 13 yang membahas tentang ulang tahun. Dan pada permulaan sesi belajar kami diminta untuk menebak tanggal lahir dosen, dan jawaban saya paling mendekati hanya beda dua hari. Kami dapat uang mainan 500 haha. Tapi ketika saya sarankan kami menebak tahun lahirnya beliau tidak berkenan haha. Kami dapat satu PR dan persiapan untuk kuis dialog 1 lesson 13.

Pertemuan 22 (28 April 2022)

Kuliah hari ini sedikit kurang puas karena nilai kuis saya di bawah ekspektasi, saya kira hanya salah satu saja sehingga nilainya bisa dapat 29 ternyata ada beberapa karakter lain yang dikomentari sehingga nilainya hanya 25.5/30. Masih dalam rentang nilai cukup aman untuk A atau A- sebelum dikombinasikan dengan komponen lain sebagaimana yang sudah saya rancang pada tautan ini. Kuliah hari ini dimulai dengan kuis dialog 1 ls 13. Kemudian dosen menghabiskan banyak waktu dengan membahas vocab yi A jiu B. Kami diberikan selembar kertas yang berisi beberapa kata kerja kemudian kami secara berkelompok diminta untuk membuat pasangan lalu kami diminta ke depan untuk memperagakan dan yang lain menebak jawabannya. Cukup menarik dan membuat kami banyak tertawa. Tapi ada yang kurang, saya kira hari ini akan ada kuis untuk menghafal dialog tapi sepertinya ditunda ke hari selasa depan. Hari ini ada PR 10 nomor dan seperti biasa untuk pekan depan sepertinya ada kuis dialog 2 tapi dosen tidak sempat menyebutkannya waktu di kelas. Kita lihat saja apakah beliau akan mengumumkan via grup line atau tidak. Berikut ini adalah dialog 1 lesson 13;

對話 1 lesson 13

怡君:喂,安同嗎?
安同:是我就是,怡君,好久不见, 聽說妳去花蓮?
怡君:我没去花蓮,我刚從臺東回来
安同:找我有什麼事?
怡君:明天是你的生日,對不對?
安同:啊,我怎麼忘了,最近太忙了,謝謝妳還記得
怡君:當然記得!語言交換的時候,你那麼熱心教我西班牙文
安同:不必客氣,妳也一樣
怡君:明天我想請你吃晚飯,給你過生日
安同:妳太客氣 了!我們在哪裡見面呢
怡君:明天我一下課,就去妳們學校找你
安同:大概機點?
怡君:五點左右
安同:好,我會在學校問口等妳

Info tambahan yang disampaikan hari ini adalah bahwa kegiatan final exam akan dilaksanakan pada hari Selasa 14 Juni, sedangkan pertemuan terakhir akan dilakukan final presentation masing-masing kelompok selama 10 menit membahas suatu kota.

Pertemuan 23 (3 Mei 2022)

Kabar baik dari kuliah hari ini adalah tidak ada kuis tapi pada saat yang sama jadinya tidak mempersiapkan diri sebagaimana biasanya. Hasil kuis Kamis lalu dapat skor 28/30. Ternyata masih ada dua kesalahan dalam penulisan karakternya sehingga mengurangi 2 poin dari poin maksimal. Pertemuan berikutnya akan kuis dialog 2. Hari ini kami belajar grammar tentang penggunaan V了 yang menunjukkan bahwa suatu aktivitas sudah dilakukan. Lawan dari V了 adalah 没 V. Artinya belum melakukan V. Misalnya 去了 somewhere, maka lawannya adalah 没去. Selain itu juga kami belajar tentang perbedaan antara penggunaan 不 dan 没 . 不 digunakan untuk menunjukkan action verb, state verb, dan Vs verb, sedangkan 没 digunakan untuk menunjukkan kata tidak pada action verb waktu lampau, process verb. Beberapa contoh kata untuk state verb misalnya : piaoliang, hao xiang, xihuan, hui, gen, keyi, tingshuo, zhidou. Sedangkan process verb antara lain jueding, wang (ji), gei dan lain-lain.

Agenda berikutnya adalah pertanyaan tentang penguasaan informasi yang terkandung dalam sebuah dialog khususnya pada dialog 1. Modelnya berbeda biasanya kami diminta angkat tangan yang bisa mengingat dialognya, sekarang kami harus menjawab sekitar 12 pertanyaan yang berhubungan dengan informasi pada isi dialog. Intinya lebih ke penguasaan informasi. Sepertinya polanya akan begitu terus sampai lesson 15.

對話 1 lesson 13

怡君:喂,安同嗎?
安同:是我就是,怡君,聽說妳去花蓮?
怡君:我没去花蓮,我刚從臺東回来
安同:找我有什麼事?
怡君:明天是你的生日,對不對?
安同:啊,我怎麼忘了,最近太忙了,謝謝妳還記得
怡君:當然記得!語言交換的時候,你那麼熱心教我西班牙文
安同:不必客氣,妳也一樣
怡君:明天我想請你吃晚飯,給你過生日
安同:妳太客氣 了!我們在哪裡見面呢
怡君:明天我一下課,就去妳們學校找你
安同:大概機點?
怡君:五點左右
安同:好,我會在學校問口等妳

Pertemuan berikutnya kami akan ada kuis dialog 2 lesson 13. Selain itu juga akan ada grammar dan sepertinya harus siap menjawab pertanyaan lagi seperti pertemuan hari ini.

Pertemuan 24 (5 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis dialog 2 lesson 13. Proses pengerjaan kuis berjalan lancar. Beberapa teman kelas sempat menyangka kalau hari ini tidak ada kuis karena dosen tidak mempertegas waktu pertemuan lalu. Tapi akhirnya ada kuis. Adapun dialognya adalah sebagai berikut.
Dialog 2 Lesson 13

安同:怡君,謝謝妳請我到這麼有名的餐廳吃飯
怡君:哪裡,哪裡!這是我给你的禮物
安同:谢谢!真開心,今年有臺彎朋友给我過生日
怡君:你想吃什麼?有沒有不吃的東西?
安同:我什麼都吃
怡君:我已經訂了猪腳麵線和蛋. 等一下你多吃一點
安同:臺彎人過生日是不是都吃這些東西
怡君:對啊!這是傳統,不過,現在大部分年輕人過生日不吃這些東西了
安同:那嚒,你們過生日吃什嚒呢?
怡君:跟你們一樣,吃蛋糕,今天我也訂了一個生日蛋糕
安同:妳對我真好
怡君:安同,祝你生日快樂,萬事如意心想事成
安同:谢谢!谢谢!

Setelah kuis kami belajar beberapa materi tentang grammar yakni tentang penggunaan kata 多 and 一點. Selain itu kami juga belajar tentang penggunaan 多 and shao. Yang berarti memperbanyak atau mengurangi. Misalnya ketika badan kita menjadi gendut maka kita dapat mengurangi makan dan atau memperbanyak olahraga. Ketika nilai kurang bagus, maka kita dapat mengurangi main, nonton youtube dan memperbanyak waktu belajar. Pada sesi akhir kami dapat PR dan arahan untuk persiapan kuis pertemuan selanjutnya yakni vocabulary 1 dan 2 pada lesson 14.

Pertemuan 25 (10 Mei 2022)

Hari ini kami kuliah online untuk dua minggu ke depan. Kami tetap ada kuis Vocabulary 1 lesson 14. Namun dengan cara yang berbeda. Dosen membuat soal enggunakan google form. Pertanyaannya menggunakan pola baru karena tidak menggunakan audio seperti biasanya. Tema pada lesson 14 yakni tentang cuaca di Taiwan. Sehingga kata-kata yang muncul berhubungan dengan cuaca. Ada 18 karakter yang harus kami hafalkan padam vocab 1 dan 17 karakter pada vocabulary 2 sehingga total ada 35. Biasanya yang akan keluar hanya sebanyak 15 karakter saja. Artinya tetap harus dihafal semuanya baik penulisan hanzi maupun pinyinnya. Berikut adalah vocabulary 1 terdiri dari kata: Tianqi 天氣 weather, Leng 冷 cold, Feng 風 wind, Huaxue 滑雪 to ski, Chuntian 春天 spring, Xiang 想 to miss, Xinnian 新年 new year, Kuai 快 soon, Fumu 父母 parents, Dongtian 冬天 winter, Mingnian 明年 next year, Qiutian 秋天 autumn, Hongye 紅葉 red maple leaves, Zhi 只 only, Yushan 玉山 yushan, Niuyue 紐約 new york, Xiayue 下雪 to snow, Shieryue di 十二月底 the end of december.

Adapun Vocabulary 2 ls 14 antara lain: Yu 雨 rain, San 傘 umbrella, Taifeng 颱風 typhoon, Yao 要 will
Xiatian 夏天 summer, Shi 濕 wet, Taoyan 討厭 annoying, Xinwen 新聞 news, Geng 更 even, Dajia 大家 everyone, Xiaoxin 小心 be careful, Kepa 可怕 scary, Ting 停 to stop, Xiayu 下雨 to rain, Zhe ci 這次 this time, Shang ci 上次 last time, Man zou 慢走 bye, take care.

Pertemuan berikutnya kami ada kuis dialog 1 lesson 14. Belum terbayang seperti apa model pertanyaannya. Semoga tidak lebih sulit dari biasanya.

Pertemuan 26 (12 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai masih dilakukan secara online menggunakan webex. Kuliah dimulai dengan kuis dialog 1 lesson 14. Berikut ini adalah teks dialognya.

如玉: 外面風那嚒大,我覺得今天比作天冷
明華:很高的山會下雪。玉山常下雪。美國呢?開始下雪了吧?
如玉:還没有。每年差不多十二月開始。下雪的時候,我常去山上滑雪
明華:我怕冷。我比較喜歡春天
如玉:春天不错,天氣很舒服
明華:我去年五月在纽约玩了两個星期。那個時候,天氣很好,風景也很漂亮。我玩得非常開心
如玉:我在臺彎住了半年多了,有一點想家
明華:新年快到了。想回去看父母嗎?
如玉: 我打算十二月底回去。想跟我去美國完嗎?
明華:冬天太冷了。不過,我想明年秋天去看红葉。對了,妳什嚒時候回来?
如玉:因溈我們只放十天的家,所以一月五號回来

Sebelum pertemuan kuliah dimulai, dosen meminta kami untuk mempelajari grammar 1-3 pada lesson 14. Hari ini kami membahas grammar ini. Soal kuis ada 10 soal dalam waktu 15 menit. Polanya sama menggunakan google form. Penguasaan kita tentang pemahaman tentang dialog sangat berpengaruh terhadap kemampuan menjawab soal. Pertemuan berikutnya kami ada kuis dialog 2 lesson 14. Dengan pola soal yang sama.

Pertemuan 27 (17 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis Dialog 2 lesson 14, soal kuis seperti pada kuis sebelumnya. Ada sekitar 10 pertanyaan yang diberikan dosen menggunakan google form. Soal harus dikerjakan dalam durasi 15 menit. Adapun bahan pertanyaannya diambil dari dialog 2 lesson 14. Berikut adalah dialog 2 lesson 14.

明華:如玉,雨下得這嚒大,妳怎嚒没带傘呢?
如玉:我作天带了,可是今天忘了带
明華:台風快要來了
如玉:我已經聽說了
明華:這裡每年夏天都有台風。台風來的時候。風和雨都很大,做什嚒都很不方便
如玉:是啊!哪裡都濕濕的。真討厭
明華:電視新聞說,這次的台風會比上次的更大,晴大家多少心
如玉:希望這次的没有上次的那嚒可怕
明華:如玉你看,雨停了
如玉:太好了!谢谢你的傘,再見
明華:不客氣,小心慢走

Setelah kuis kami lanjut membahas materi grammar A 比 B + 更 +Vs, kemudian A 没有 B + 那嚒 + Vs. Kami melakukan diskusi kelompok dan menebak pernyataan salah dari empat opsi masing-masing kelompok. Pertemuan berikutnya kami ada PR materi yang sama, lalu ada kuis dialog 1 lesson 15. Kabar terbaru minggu ini bahwa kuliah online akan diperpanjang sampai akhir semester.

Pertemuan 28 (19 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis vocab 1 pada lesson 15. Menurut saya ini vocab yang paling sulit diingat karena cara penulisannya sangat complicated. Secara umum dialog 1 ini bercertia tentang kondisi kesehatan yang sedang tidak baik-baik saja. Kuis hari ini hanya ada 7 soal. Namun kuis diberikan di akhir perkualiahan. Berikut ini adalah beberapa karakter pada vocab 1 lesson 15

Yisheng 醫生 doctor, Yizhi 一直 continuously, all the way, Liu 流 to flow, Bishui 鼻水 snot, nasal mucus
Tou 頭 head, Tong 痛 painfull, Weikuo 胃口 appetie, cha 差 poor, bad, Houlong 候龍 throat, Fayan 發炎 to be inflamed, Shengbing 生病 to fall ill, Fashao 發烧 to have a fever, Ganmao 感冒 to catch/have a cold, Yao 藥 medicine, Yaoju 藥局 pharmacy, drug store, Na 拿 to get, Ba 把 disposal marker, Shui 水 water, Xiuxi 休息 to take a rest, Shuijiao 睡覺 to sleep, Zao yidian 早一點 a bit earlier

Sebelum kuis kami mulai dengan review dialog 1 dan dialog 2 pada lesson 14. Kami membaca setiap kalimat secara bergantian kemudian kami diminta menjawab beberapa pertanyaan. Selain itu dosen juga menyediakan game untuk mengumpulkan uang digital ketika bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Setelah itu kami membahas karakter pada vocab 1 lesson 15 kemudian diakhiri dengan kuis. Pertemuan selanjutnya ada kuis dialog 1 lesson 15. Dan kami diminta mempelajari grammar 1-3.

Pertemuan 29 (24 Mei 2022)

Hari ini ada perubahan, kami tidak jadi kuis, melainkan melanjutkan membahas vocabulary 1 dan 2. Selain itu kami juga melakukan diskusi berkelompok. Bahan diskusi kelompok untuk latihan menjawab pertanyaan. Kami diminta memberikan jawaban singkat terhadap beberapa pertanyaan. Lalu dimintai pendapat mana yang paling bagus, mana yang tidak bagus, dan mana yang tidak penting. Pertanyaan seputar saran untuk yang sakit dan semisalnya.

Berikut ini adalah dialog 1 lesson 15 yang akan dikuiskan bersamaan dengan dialog 2 para pertemuan pekan depan.

醫生:白小姐,妳哪裡不舒服?
如玉:我一直流鼻水,頭很痛,胃口很差,什嚒東西不想吃
醫生:大概多久了?
如玉:已經四,五天了
醫生:我看看妳的候龍,候龍有一點發炎
如玉:請問我生的是什嚒病?
醫生:妳有一點發烧,是感冒, 不過没有什嚒關係
如玉:請問我得吃藥嗎?
醫生:藥,妳到藥局去拿藥
如玉:好的,請問我的病什嚒時候 會好?
醫生:回去把藥吃了,多喝水,多休息,早一點睡覺,很快就好
如玉:好的,謝謝您

Adapun untuk kuis pada pertemuan selanjutnya yakni vocabulary 2 pada lesson 15. Dengan demikian kami hanya tersisa satu kuis yakni dialog 1 dan 2 lesson 15.

Pertemuan 30 (26 Mei 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis vocab 1. Soalnya hanya 6 namun waktu 1 menit tidak cukup untuk mengerjakannya. Akhirnya kami diberi tambahan waktu menjadi 15 menit. Dan waltu demikian sepertinya banyak jawaban kami yang tidak sesuai harapan dosen.

Berikut ini adalah Vocabulary 2 lesson 15 yang terdiri dari 23 kata.

Lianse 臉色 pucat, Nankan 難看 not look good, Duzi 肚子 stomach, Tu 吐 to throw up, Ji 幾 few, Ci 次 occurrences, Pei 陪 to go to stay, Kanbing 看病 to see a doctor, Jiankang 健康 health, Baoxian 保險 insurance, Gen 跟 to, You 油 oily, greasly, Bing 冰 icy, Bie 别 dont use, Guanxin 關心 tobe concern about, Bao 包 messure word for bags, Shui 睡 to sleep, Xiaoshi 小時 hour, Zenme le 怎嚒了 whats wrong, Buyong le 不用了 not necessary, Jiankang zhongxin 健康中心 health center, Huijia 回家 go home dan Zuihao 最好 would be best.

Selain kuis kami juga belajar beberapa grammar yang lumayan butuh banyak pengulangan. Karena struktur kalimatnya tidak seperti dalam bahasa Inggris. Beberapa diantaranya membahas tentang S + 沒/不+ V + QW + Obj. tentang bagaimana kita menjawab pertanyaan yang sebenarnya tidak mau kita katakan yang sebenarnya atau memang faktanya demikian. Kemudian S + 把+ Obj. +lV 了 給sb…., V1了(O),就V2……:V1結束了,V2(很快)開始, penggunaan 一點, lalu V 一點(點) O ←→ V 很多O. Kemudian 這些情形,應該是V一點O?還是N 很少?, lalu tentang perbandingan 4.2.(A 比 B) Vs 一點 a little bit more…./less…, sb./sth. 有一點 Vs: 不可以是「好事 」!,. Selanjutnya tentang V得+ comment [比….].

Pertemuan berikutnya kami akan melakukan kuis dialog 1 pada lesson 15. Sepertinya akan menjadi kuis kedua terakhir di mata kuliah ini. Tinggal kuis dialog 2 pada lesson 15 yang akan dilakukan pada pertemuan setelahnya. Setelah itu kami akan persiapan untuk final presentation dan final exam. Hari ini kami ada PR sebanyak 8 soal yang harus dikerjakan via google doc.

Pertemuan 31 (31 Mei 2022)

Kuliah hari ini kembali ada kejutan, karena dosen tidak jadi menyediakan kuis alasannya karena beliau mau fokus pada materi grammar pada lesson 15. Hari ini kami belajar menggunakan perbedaan antara 有一點+Vs, V一點O dan 很多/很少. Masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya 有一點+Vs digunakan untuk menyatakan sesuai secara sopan, dan cenderung bernada negatif. Misalnya Agak sedikit pedas (you yi dian la), agak sedikit mahal (you yi dian guy), agak sedikit panas (you yi dian re). Sementara V一點O digunakan untuk menyatakan maksud memulai sedikit, sehinga fokusnya ke Vnya. Misalnya Saya mau tidur, namun saya lapar, sehingga saya masak. Maka wo xiang shuijiao, keshi wo xiang chi, soyi wo zho yi dian fan. Adapun untuk 很多/很少 biasanya digunakan untuk menyatakan makna kebalikan dari kalimat sebelumnya. Misalnya Saya tidak suka ngobrol, sehingga teman saya sangat sedikit (Wo bu xihuan shuo hua, soyi wo de pengyou hen shao). Pertemuan selanjutnya kami akan kuis terakhir yang digabungkan antara dialog 1 dan 2 ditambahkan dengan materi grammar hari ini. Setelah itu kami masih ada dua grammar lagi yang harus dipelajari dari lesson 15. Selain ada final presentation dan final exam.

Pertemuan 32 (2 Juni 2022)

Kuliah hari ini dimulai dengan kuis dialog 1 dan dialog dua pada lesson 15 disertai kuis salah satu grammar pada lesson 15 tentang penggunaan V一點O :
Berikut adalah dialog 2 lesson 15 yang lengkap.

如玉:你怎麼了臉色這麼難看
安同:作天晚上肚子很不舒服,吃了東西就吐,還吐了好幾次
如玉:你這麼不舒服,我陪你去看病,好不好?
安同:不用了,我在臺灣沒有健康保險
如玉:那麼,我陪你去學校的健康中心,哪裡的醫生很好。對學生也很客氣
安同:謝謝妳, 我想去藥局買藥就好了
如玉:你真的不去看病嗎?
安同:我想回家休息,請妳跟老師說我生病了不能上課
如玉:好你自己要多小心,油的,冰的東西最好都別吃
安同:謝謝妳的關心

如玉:我來看你了,現在覺得怎麼樣?好一點了嗎?
安同:謝謝妳,好多了, 我吃了一包藥已後,睡得比作天好
如玉:不錯。你睡了幾個小時的覺以後,現在臉色比早上好的多了

Alhamdulillah secara umum soal kuis dapat dikerjakan semua. Walaupun waktu yang dibutuhkan lebih lama dari yang direncanakan. Awalnya hanya diberi waktu 20 menit, namun karena belum pada selesai akhirnya diperpanjang menjadi 27 menit. Ada 16 soal dan ada sekitar 8 soal yang berhubungan dengan grammar sedangkan sisanya berhubungan dengan dialog 1 dan dua. Setelah kuis kami belajar grammar baru tentang penggunaan de untuk membandingkan. Misalnya Ta che fan che de hen kuai, ye hen duo. Wo jue de ta che fan che de bi wo hen kuai ye hen duo. Pertemuan selanjutnya kami ada dua PR sebanyak 16 soal yang akan diberikan via google classroom. Kemudian kuliah berikutnya adalah review materi termasuk review audio. Pada pada pertemuan hari Kamis tidak ada kelas secara formal, namun akan tetap dibuka kelas untuk masing-masing kelompok berlatih untuk final presentation.

Pertemuan 33 (7 Juni 2022)

Kuliah hari ini adalah review materi audio dan grammar yang telah dipelajari, ada beberapa soal yang diberikan untuk dikerjakan. Polanya masih seperti pada menjelang mid term. Dan saya menduga soal yang diberikan waktu final exam akan lebih sulit dari contoh soal yang diberikan. Bedanya sekarang modelnya online. Belum terbayang bagaimana cara penyajian soalnya. Apakah ditampilkan oleh dosen dan kita mengisi pada google form atau seperti apa. Semoga semua diberikan kemudahan untuk bisa menjawab benar.

Pertemuan 34 (9 Juni 2022)

Malam ini sebenarnya kuliahnya opsional, dosen membuka kelas untuk yang mau bertanya saja. Tidak semua teman kelas masuk. Saya bertanya tentang script untuk presentasi dan tentang final exam. Rupanya script saya masih terlalu pendek. Harus menambah beberapa kata dan kalimat sehingga bisa mencukupi untuk 5-8 menit. Kami diminta untuk mengirimkan scriptnya. Lalu dosen akan mengecek dan mengoreksi. Malam ini dan besok kami harus menambahkannya.

Setelah pertemuan ini tinggal tersisa 1 pekan dua pertemuan, yakni final exam dan final presentation.

Pertemuan 35 (14 Juni 2022)

Akhirnya pertemuan yang saya nantikan dari pertama ambil kelas ini akhirnya datang juga. Hari ini kami melaksanakan final exam. Ada 5 bagian soal yang harus kami kerjakan. Bagian pertama adalah 10 soal listening dimana kami harus memilih tiga jawaban yang paling benar dari setiap pertanyaan sesuai dengan dialog yang dibacakan oleh guru. Setelah disubmit kita dapat langsung melihat skor hasilnya. Alhamdulillah pada bagian pertama saya dapat menjawab benar 8 dari 10 soal. Namun sedihnya pada soal bagian dua yakni grammar saya mengalami kendala waktu mengerjakan disebabkan karena masalah internet yang tidak stabil. Saya agak salah strategi karena menggunakan webbex dan mengerjakan soal menggunakan laptop sehingga menjadi berat. Alhasil dari 10 soal saya hanya bisa menjawab benar 3 soal dan ada 1 soal yang tidak sempat terjawab karena ke unchecklist waktu mau mengirim jawabannya. Ini soal yang paling sulit karena masalah grammar yang sangat rigid.

Untuk soal bagian tiga kami diberikan data tabel tentang kemampuan siswa pada beberapa aspek. Kami harus menjawab 5 soal menggunakan gammar yang diberikan. Saya belum tahu hasilnya tapi semoga bisa mendapat skor yang lebih baik. Untuk bagian ke empat ada 5 soal juga yang harus dijawab menggunakan beberapa grammar yang disediakan. Saya agak kurang yakin dengan jawaban soal ini. Karena ada beberapa yang rasanya sulit untuk diterapkan dalam kalimat sesuai pertanyaan yang disediakan. Adapun bagian akhir kami harus membalas surat undangan pesta ulang tahun. Ceritanya kita tidak bisa hadir karena dalam keadaan sakit dan harus membalas email itu minimal dalam 100 kata. Wah ini pengalaman berharga pertama kali menulis sebanyak itu dalam waktu singkat. Saya tidak memperhatikan grammar dan tata bahasa. Saya hanya menulis apa yang ada dalam pikiran. Semoga hasilnya maksimal setidaknya bisa untuk bekal lulus dari mata kuliah ini.

Pertemuan 36 (16 Juni 2022)

Alhamdulillah akhirnya cerita pertemuan ke 36 atau pertemuan paling akhir dari mata kuliah ini dapat saya tuliskan. Artinya perjalanan kuliah mandarin yang sangat menantang telah dilalui dengan berbagai suka, duka, senang dan bahagia. Tugasnya yang banyak, harus menghafal banyak karakter untuk persiapan kuis, kemudian harus ujian tengah semester dan akhir semester dengan tingkat kesulitan yang luar biasa. Ditambah dengan tugas presentasi akhir yang cukup menyita pikiran dan waktu. Salah satu korban dari mata kuliah ini adalah saya memutuskan untuk menunda pelaksaan qualification exam saya ke semester depan. Tapi insyaAllah ini adalah keputusan yang terbaik yang sudah dikomunikasikan dengan pembimbing. Di samping saya masih menunggu artikel diterima dan terbit serta menunggu data hasil survei dapat terkumpul.

Final presentation malam ini cukup menarik, setiap kelompok diacak mempresentasikan kotanya masing-masing. Kami kebagian urutan paling akhir. Antara senang dan sedih karena di edisi akhir kami harus berusaha untuk memastikan teman-teman mau menyimak dan bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Awalnya partner saya yang akan share screen namun karena tiba-tiba laptopnya bermasalah. Akhirnya saya yang harus share screen. Agar sedikit berubah dari rencana tapi secara umum kami dapat mempresentasikan apa yang kami persiapan semaksimal yang kami bisa lakukan. Pada akhirnya dibalik semua tugas yang kami dapatkan, saya merasa bersyukur pernah mengambil mata kuliah dengan dosen ini. Setidaknya saya mendapatkan banyak pengalaman dan pemahaman baru tentang bahasa mandarin walaupun masih dalam tahap dasar. Semoga materinya tidak cepat lupa. Saya tidak berharap dapat nilai yang tinggi mengingat kemampuan yang terbatas apalagi satu kelas dengan teman-teman yang sudah pernah belajar sebelumnya waktu di sekolah masing-masing. Target saya hanya satu, yakni lulus dan tidak harus mengulang. Semoga.

Hsinchu, 16 June 2022, 20.20
Di malam yang sejuk.