About Me

Ence Surahman, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Assistant Professor at Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang, Indonesia.
Ph.D. on Educational Technology from National Tsing Hua University, Taiwan  
Office: Lecturer Room, Dept. Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang, East Java, Indonesia.
Phone: +6287821191948
Email: ence.surahman.fip@um.ac.id, ensu@gapp.nthu.edu.tw
Website: http://ence.blog.um.ac.id
Address: Wisma Parangargo Sejahtera Blok E No 19, Malang, Jawa Timur, Indonesia

Short Biography

Pembaca yang budiman, selamat datang di blog baru saya. Sebenarnya blog yang lama masih ada dan bisa diakses melalui https://encesurahman.blogspot.com/, tapi ini saya buat untuk memanfaatkan fasilitas dari tempat kerja. Pada postingan ini saya mau share profil singkat saya (mohon maaf jika terkesan narsis). Memang sangat singkat karena belum banyak perjalanan hidup yang istimewa yang dapat saya bagikan.

Saya Ence Surahman, menghabiskan masa kecilnya di salah satu kampung di daerah pengunungan, tepatnya di Kp. Cikaramat Desa Mekarmulya Kec. Talegong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Lahir tanggal 05 Oktober 1989. Anak kedua dari 3 bersaudara ini memiliki golongan darah 0. Menyelesaikan Sekolah Dasar di SD Negeri Mekarmulya III. Kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 1 Talegong. Selanjutnya menamatkan sekolah di SMA Negeri 21 Garut. Jenjang sarjana S1 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) lulus cumlaude dengan IPK 3.83. Adapun jenjang S2 saya dari Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) alhamdulillah sebagai lulusan tercepat seangkatan 2014 (01-09-2014 – 15-06-2016) dengan predikat cumlaude dengan IPK 3.94.  Hal yang sama terjadi di jenjang doktor/S3, saya berhasil menjadi lulusan tercepat dengan masa studi S3 selama 2 tahun 10 bulan 4 hari dengan GPA 4.29/ IPK 3.99. Alhamdulillah menjadi warga Kec. Talegong Garut pertama yang lulus S3 dari luar negeri, dan warga dengan jenjang pendidikan S3 kedua se kecamatan.

Pengalaman organisasinya diawali sebagai Ketua OSIS SMP (2003-2004), Tim Pendiri PMR SMP (2005), Ketua OSIS SMA (2006-2007), Ketua Bidang Kaderisasi Kelompok Adat Pecinta Alam (KAPA) SMA (2006-2007), anggota Paskibra SMA (2006-2007), penyiar radio sekolah SMAN Satal (2006). Waktu menempuh studi jenjang sarjana, saya aktif di Himpunan Mahasiswa (Hima) Tekpend UPI diamanahi sebagai Kepala Bidang Agama (2009), di Tingkat UPI sebagai ketua Umum Program Tutorial PAI MKDU UPI tahun 2010-2011. Pada Jenjang magister di UNY, pernah diamanahi sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY 2015, lalu melebarkan sayapnya dengan menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM)

Selain aktif berorganisasi juga semangat dalam bidang akademik dan penelitian. Tahun 2011 dinobatkan sebagai juara 1 mahasiswa berprestasi UPI. Kemudian tahun 2012 dinobatkan sebagai penerima penghargaan Indonesian Islamic Young Leader (IYIL) award dalam ajang Internasional Moslem Student Summit di ITB.  Rupanya kebiasaan juara sudah terasah sejak SD, di mana sejak SD hingga lulus SMA selalu juara 1 kecuali sewaktu di SD kelas 3 catur wulan 1 pernah juara 2.

Minat keilmuannya dalam bidang mobile learning, adaptive learning, online learning dan online assessment. Yang bersangkutan pernah mendapatkan projek hibah penelitian dari SEAMOLEC untuk  mengembangkan program Adaptive Mobile Learning pada mata pelajaran Biologi (A-MolBio). Motto hidup yang senantiasa mendorongnya untuk produktif adalah “Jangan biarkan waktu berlalu tanpa ilmu, amal dan karya, dan jangan biarkan syaitan tertawa karena kelalaian kita”, menuntun kesadaran dirinya bahwa pemuda punya tanggung jawab besar dalam membangun bangsa tercinta ini. 

Setelah lulus S2, sempat mengajar di almamater S1 (UPI) selama 2 semester, dan menjadi konsultan kurikulum di BPSDM PUPR. Sejak juni 2017 sampai saat ini, saya tercatat sebagai dosen aktif di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Di UM selain mengajar saya juga aktif menulis dan mengelola beberapa jurnal ilmiah. 

14 September 2020 saya memulai program doktor saya di National Tsing Hua University (NTHU) Taiwan, alhamdulillah berkah rahmat dan pertolongan Allah SWT, do’a dan dukungan dari keluarga dan kolega, serta kerja keras yang saya lakukan. Pada Senin, 17 Juli 2023 saya berhasil mempertahankan disertasi saya sekaligus menyelesaikan program doktor saya di Department of International Intercollegiate Ph.D. Program with under supervised by Profesor dari Department of Education and Learning Technology, College of Education, National Tsing Hua University (NTHU) Taiwan. Salah satu perguruan terbaik kedua di Taiwan, dan ke 177 di dunia versi QS Ranking 2023. Biaya study dari beasiswa MOE Elite Scholarship selama 3 tahun. Alhamdulillah saya dapat menyelesaikan PhD saya dalam waktu 2 tahun 10 bulan 4 hari. Hal ini tidak lepas dari do’a dan dukungan orang tua, keluarga, para guru dan kolega yang telah membantu dan mendo’akan saya selama ini. Semoga Allah membalas dengan balasan yang berlipat ganda, amin yarobbal’alamin.

Download CV terbaru Ence Surahman
Berita seputar kelulusan S3 saya bisa diakses di media masa online 1, 2.