Constructionism vs Constructivism

What is constructionism in education?
Konstruksionisme adalah teori belajar dengan melakukan, di mana pelajar bergantung pada pengetahuan tacit. Pelajari lebih lanjut di: Melibatkan Semua Siswa Melalui Pendidikan Guru Anak Usia Dini yang Berkualitas. 21. Sebuah pedagogi berdasarkan peserta didik yang merancang dan membuat beberapa materi dan representasi pembelajaran mereka sendiri (see more https://www.igi-global.com/dictionary/constructivism-theory-in-technology-based-learning)

What is constructionism approach?
Konstruksionisme adalah teori belajar konstruktivis dan teori instruksi. Ini menyatakan bahwa membangun pengetahuan terjadi paling baik melalui membangun hal-hal yang nyata dan dapat dibagikan (Ackerman et al., 2009: 56). “Konstruksionisme (dalam konteks pembelajaran) adalah gagasan bahwa orang belajar secara efektif melalui membuat sesuatu (see more http://edutechwiki.unige.ch/en/Constructionism)

Who created constructionism?
John Dewey (1933/1998) sering disebut-sebut sebagai pendiri filosofis pendekatan ini. Bruner (1990) dan Piaget (1972) dianggap sebagai ahli teori utama di antara para konstruktivis kognitif, sedangkan Vygotsky (1978) adalah ahli teori utama di antara para konstruktivis sosial (see more http://www.ucdoer.ie/index.php/Education_Theory/Constructivism_and_Social_Constructivism).

What is constructivism and constructionism?
Sementara konstruksionisme sosial berfokus pada artefak yang diciptakan melalui interaksi sosial suatu kelompok, konstruktivisme sosial berfokus pada pembelajaran individu yang terjadi karena interaksinya dalam kelompok (see more https://en.wikipedia.org/wiki/Social_constructivism).

What is constructionism Papert?
Berdasarkan konstruktivisme Piaget, konstruksionisme menekankan keagenan orang muda sebagai peserta aktif dalam konstruksi pembelajaran mereka sendiri. Papert mengembangkan salah satu bahasa pemrograman pendidikan pertama, yang dikenal sebagai LOGO, yang mengilhami bahasa pemrograman populer Scratch (see more https://connectedlib.github.io/modules/youth-development/section-1-3.html)

Who is the father of constructionism?
Seymour Papert: bapak konstruksionisme. Dia mengembangkan teori pendidikan yang dikenal sebagai konstruksionisme yang membentuk dasar dari begitu banyak sistem pembelajaran berbasis proyek dan langsung (see more https://blogs.uw.edu/adavid7/archives/1349).