Kuliah Mandarin Basic Conversation II (Spring 2021)

Pekan 1 (Pertemuan 1)

Mata kuliah ini harus saya ambil karena syarat dari beasiswa Elite yang saya terima. Setidaknya saya harus menyelesaikan minimal 4 credits dari beberapa pilihan jenis mata kuliah mandarin. Semester lalu saya sudah mengambil 2 credits untuk mandarin basic conversation 1. Semester ini saya ambil lanjutannya. Saya ambil kelas ini dengan dosen yang sama di semester 1. Mengapa saya pilih kelas beliau? karena secara umum orangnya relatif lebih fleksibel. Di awal pertemuan beliau membolehkan mahasiswa yang merasa sudah mahir untuk tidak mengambil kelasnya. Tinggal ikut saja mid term dan final exam. Tentu ini bukan untuk saya yang pemula. Dengan begitu saya harus hadir setiap pekan, karena ada indikator penilaian kehadiran sebesar 10%.

Walaupun mata kuliah ini merupakan syarat dari beasiswa yang saya terima, saya berusaha untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Karena sejujurnya saya juga tertarik untuk belajar bahasa mandarin, tujuannya sederhana saja, agar dapat memahai ketika orang berbicara walaupun itu butuh waktu dan lebih banyak praktek.

Pada pertemuan 1, hampir semua mahasiswa hadir, total ada 20 mahasiswa yang berasal dari 2 negara yakni Indonesia dan Vietnam. Kedua negara ini termasuk mahasiswa asing paling banyak di Taiwan, selain India, Pakistan, dan beberapa negara kecil di kepulauan Karibian. Dosen menjelaskan indikator penilaian, dan target akhir dari mata kuliah. Secara umum ada 4 aspek yang dinilai yakni 1) Kehadiran (10%), 2) Partisipasi aktif di kelas 30%, 3) Mid term (30%), dan 4) Final Exam (30%).

Bentuk mid termnya adalah menjelaskan suatu benda meliputi informasi tentang penampakannya, baunya, rasanya, harganya, dan perbandingan benda tersebut di Taiwan dan di negara asal. Prosesnya kita menjelaskan selama 2 menit secara lisan tanpa membawa catatan. Contohnya kita akan menjelaskan tentang Buah Apel, maka kita jelaskan jenis-jenis warna buah apel, rasanya, baunya, harganya, dan perbandingannya, baik perbandingan warna, ukuran, rasa, harga, dan cara mendapatkannya di Taiwan dan di Indonesia.

Adapun tugas final examnya adalah kita harus menjelaskan tentang arah dari keadaan sekitar. Lebih tepatnya kita menjelaskan tentang rumah kita di Indonesia. Berapa ukuran luasnya, berapa lantai, berapa ruangan, ruang apa saja, ada apa saja di masing-masing ruangan, kemudian ruangan mana yang paling favorite, jumlah penghuninya, siapa saja. Jelaskan juga keadaan disekitar rumah, berapa menit dari terminal bus, berapa menit dari stasiun kereta, dari bandara, tempat isi bensin, hotel, mall, dan pasar, dan dari arena olahraga. Jelaskan juga gambaran cuacanya secara umum.

Setelah menjelaskan tentang atura perkuliahan, berikutnya kami diminta berkenalan nama, asal, kesukaan, dan tanggal lahir. Setelah itu dosen memberikan pengulangan kata-kata dasar penting yang harus dikuasai seperti penyebutan nama pihak, saya, kami, dia, mereka, kalian, dan kata-kata dasar lainnya. Semoga kuliah mandarin semester ini berjalan lancar, dan saya bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga.

Pekan 3 (Pertemuan 2)

Kelas hari ini dihadiri oleh sekitar 11 mahasiswa, seharusnya ada 20 tapi karena yang tidak hadir merasa sudah bisa bicara dengan lancar untuk kriteria kelas ini, sehingga mereka hanya akan masuk kelas ketika Midterm dan final exam. Sebuah aturan yang cukup fleksibel. Diantara 11 mahasiswa sepertinya saya yang paling awam, karena 10 mahasiswa lainnya masih memiliki gen keturunan. Namun begitu saya harus semangat untuk mengikuti progres kelas.

Hari ini dosen menjelaskan formula untuk menyebutkan perbandingan atau komparasi. Misalnya cuaca di Taiwan lebih dingin dibandingkan dengan cuaca di Indonesia. Atau perbandingan tentang jumlah penduduk, jumlah kendaraan. Secara umum yang diperbandingkan bisa berupa benda maupun sifat. Untuk kata sifat maka kita dapat menggunakan formula A Vo.Vde bi B adj, seperti artis A lebih cantik dari artis B, maka penulisannya A bi B hai you paoliang. Adapun untuk formula kata benda maka penulisannya A bi B adj (due le).

Adapun cara memuat kalimat tanya komparasi kata sifat maka formulanya menjadi ni + Vo.Vde zen me yang? contohnya: ni chang ge chang de zen me yang?. Adapun untuk pertanyaan perbandingan kata benda maka formulanya menjadi A gen B biqilai zen me yang? Secara umum butuh banyak latihan untuk menguasai materi ini. Secara umum sangat menantang.

Pekan 4 (Pertemuan 3)

Perkuliahan hari ini lebih banyak dilakukan dengan peer practice dalam berbicara bahasa mandarin. Topiknya seputar komparasi nama, harga, rasa, dan ketersediaan buah-buahan di Tiawan, dan negara asal mahasiswa. Kebetulan hari ini parthner belajar saya adalah mahasiswa asal Vietnam. Kami saling berdiskusi tentang buah-buahan di Indonesia, Taiwan dan Vietnam. Menurutnya di Vietnam banyak buah semangka, melon, dan harganya lebih murah dibandingkan di Taiwan.

Pekan 5 (Pertemuan 4) 22/03/2021

Kuliah hari ini lebih banyak mengulang materi tentang waktu seperti penyebutan hari, minggu, bulan, tahun, dan cara penyebutan dalam kalimat lengkap seperti, hari ini Senin, 22 Maret 2021. Dalam Bahasa Mandarin penyebutannya dimulai dari yang paling besar dulu. Sehingga penyebutannya menjadi Jintian liang ling liang si yi nian, San yue, liang si liang. Selain itu kami belajar tentang penyebutan warna dasar dalam bahasa Mandarin. Warna dalam bahasa Mandarin adalah yan se, merah= hong se, kuning=huang se, hijau= hu se, hitam= hei se, putih= bai se, orange= ju se, biru= lan se, ungu= zi se, abu= hui se, cokelat= zong se, warna kopi= cofee se, biru tua= shen lan se, merah tua= shen hong se, biru muda= qian lan se, merah muda= qaian hong se.

Selain itu kami belajar tentang bagaimana menceritakan sebuah objek, seperti buah. Misalnya: pada awalnya buah mangga berwarna hijau, setelah dibiarkan beberapa waktu menjadi kuning= kai she de she how mang guo shi hu se, fang jio le she hong se. Contoh lain, daging buah apel berwarna putih= guo ro de ping guo shi bai se. Hari ini juga kami diberi tahu rencana pelaksanaan mid term yang akan dijadwalakn dalam dua pertemuan, tanggal 19 dan 26 April. Kami bisa memilih diantara dua tanggal tersebut. Agendanya adalah menjelaskan objek dalam gambar, seperti warna, jumlah, rasa, dan lain-lain.

Pekan 6 (Pertemuan 5) 29/03/2021

Kuliah mandarin hari ini dihiasi suasana hati yang kurang menggembirakan, karena ternyata ada kebijakan baru yang baru saya tahu minggu lalu, bahwa untuk mahasiswa asing angkatan Fall 2020 wajib menyelesaikan minimal 8 sks mandarin sebagai syarat lulus. Sayangnya 4 kredit basic conversation yang saya ambil tidak termasuk yang bisa dipilih. Artinya semester 3-6 saya harus mengambil minimal 2 kelas mandarin basic I dan II. Tentu ilmunya tidak akan rugi, namun saya pikir waktu saya menjadi lebih banyak yang harus saya habiskan untuk menyelesaikan kuliah mandarin. Sebenarnya 8 sks tersebut bisa kita ganti dengan sertifikat TOFCL, namun saya ga yakin hasilnya akan bagus karena basic kemampuan grammarnya yang masih rendah. Tapi apapun itu, saya pasti bisa melewatinya minimal dengan mengikuti kuliah 8 SKS.

Hari ini dosen memberikan gambar orang sedang berada di ruang karoke, kemudian kami diminta untuk bercerita berkaitan dengan gambar yang kami lihat. Secara umum ada 4 orang pada gambar, salah satunya sedang menyanyi sedangkan yang 3 lainnya sedang duduk. Di samping itu ada beberapa makanan di meja dan minuman. Lalu dosen membuat 10 pertanyaan di papan tulis yang berkaitan dengan aktivitas pada gambar. Kemudian kami ditanya dan diminta menjawab.

Setelah itu, kami diminta maju ke depan kelas untuk bercerita dari gambar yang kami lihat. Tentu saya adalah yang paling tidak banyak dalam bercerita, pertama karena saya tidak pernah punya pengalaman ke Karoker, kedua karena grammar saya yang terbatas. Namun, dengan begitu saya mengerti beberapa kata baru yang bisa digunakan berkaitan dengan informasi yang tertuang dalam gambar. Pada akhir sesi kami diminta memilih jadwal mid term, dan saya memilih tanggal 26 April, karena yang lain kebanyakan mengambil tanggal 19 April. Minggu depan kami libur, sehingga minggu berikutnya adalah pertemuan terakhir sebelum kami mid term. Semoga semuanya berjalan lancar.

Pekan ke 8 (Pertemuan 5), 12/04/2021

Hari ini dosen menjelaskan bahan ujian tengah semester yang akan dilaksanakan pada pertemuan ke 9 dan 10. Saya memilih jadwal pertemuan ke 10 agar persiapan lebih matang. Secara umum bentuk tesnya adalah menjelaskan suatu benda baik berupa buah-bauahan, kue, barang atau apapun yang dapat diperbandingkan baik rasa, bau, warna, harga, dan kegemaran orang. Sebagai contoh kita diminta menjelaskan buah pisang, buah mangga, dilihat dari bentuknya, warnanya, rasanya, kemudian dibandingkan dengan buah di negara kita dari sisi harga, kelangkaan, dan tingkat popularitasnya.

Setelah itu kami belajar beberapa kosa kata baru dengan cara bekerja kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dari dua gambar yang diperlihatkan. Dari sesi ini kami belajar beberapa kata yang terkait dengan gambaran aktivitas di toko baju dan toko barang elektronik. Bagaimana situasi umum, pelanggan dan pelayan, juga tentang hal-hal yang muncul di dalamnya.

Pekan ke 10 (Pertemuan 6), 26/04/2021

Hari ini adalah jadwal UTS saya, saya memilih tanggal ini bukan minggu lalu karena merasa perlu persiapan lebih. Secara umum UTSnya berjalan lancar. Saya bisa menjelaskan apa yang saya persiapkan yakni tentang buah Apel. Sayangnya pada bagian akhir saya ada sedikit kealahan menyebut istilah, tapi dosennya langsung meluruskan. Saya senang karena beliau selalu mengapresiasi setiap usaha kita. Hari ini juga saya ijin bahwa dua minggu ke depan saya akan datang terlambat disebabkan mepetnya jadwal kuliah, dan saya harus buka puasa dulu. Alhamdulillah beliau paham dan mengijinkan.

Pekan ke 11 (Pertemuan 7), 03/05/2021

Hari ini masuk perkuliahan ke 7, setelah minggu lalu mid term. Hari ini kami belajar beberapa kosa kata yang menunjukkan tentang arah seperti di atas, di bawah, di depan, di belakang, di dalam, di luar, di seberang, di kiri, di kanan, di sara, di dia, di kamu, di mereka. Selanjutnya kami belajar menunjukan informasi barang di gambar sebuah ruangan. Materi kali ini penting dipahami untuk bekal ujian akhir. Karena ujian akhir annti adalah menjelaskan dituasi dan kondisi dirumah sendiri. Misalnya posisi rumah mengarah ke mana, jarak ke sekolah, ke pasar, ke pusat kota, ke bandara, ke stasiun kereta. Isi rumahnya apa saja, dimana posisi kamar tidur, ruang tamu, toilet, lemari pakaian, tv, ruang kerja, dapur, tempat cuci, car port, dan lain-lain. Di akhir sesi dosen membuat sejenis games, dimana kami diminta keluar secara bergantian kemudian diminta masuk kelas untuk mencari barang yang disembunyikan. So far, materi dan strategi mengajar hari ini cukup menarik.

Pekan ke 12 (Pertemuan 8), 10/05/2021

Hari ini memasuki pekan ke 12 dan pertemuan ke 8. Namun, luar biasanya tadi dikelas dosen sudah mendiskusikan untuk jadwal final exam.

Hebatnya lagi, teman-teman di kelas sudah pada semangat untuk melaksanakan final exam sebelum libur tanggal 14 Juni (pekan ke 17). Itu artinya perkuliahan kami akan selesai pada pekan ke 16 (7 Juni). Belum lagi ada dua pertemuan sebelumnya yang tidak ada perkuliahan karena libur. Sehingga total pertemuan kuliah ini sebanyak 12 tatap muka di kelas. Karena untuk mid term dan final exam dosennya selalu membagi menjadi dua pertemuan.

Materi hari ini masih seputar tentang kelengkapan ruangan di rumah dan arah. Kami belajar menyebutkan nama ruangan yang ada di rumah. Kemudian aktivitas apa yang kami lakukan pada masing-masing ruangan. Selain itu kami dikenalkan dengan kosa kata baru berkaitan dengan nama-nama lokasi di sekitar rumah seperti sekolah, pasar, mall, kantor polisi, bandara, stasiun, taman dan lain-lain.  Setelah itu kami dijelaskan tentang kosa kata yang berkaitan dengan aktivitas di masing-masing lokasi. Serta jarak dari rumah ke semua lokasi tersebut.

Secara umum itu yang akan menjadi bahan waktu final exam di akhir semester nanti. Secara ringkas ada empat komponen yakni penjelasan tentang ruangan di rumah, fungsinya, tempat-tempat sekitar rumah, dan apa yang biasa kita lakukan di sana, serta berapa jauh dan berapa lama untuk menuju ke sana dari rumah. Semoga saya bisa mempersiapkan dengan baik.

Pekan ke 13 (Pertemuan 9), 17/05/2021

Hari ini pertama kalinya kami melaksanakan perkuliahan mandarin menggunakan model online. kami menggunakan platform Google meet. Alhamduillah semua berjalan lancar. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan pengecekan kehadiran para mahasiswa. Saya menjadi peserta pertama yang bergabung. Sehingga dosen menyadari kehadiran saya. Dengan begitu sepanjang pembelajaran saya paling banyak ditanya. Malah ada beberapa mahasiswa yang bergabung setelah pembelajaran dimulai. Dan selama proses belajar tidak pernah ditanya. Mungkin dosennya menganggap tidak hadir.

Menurut saya proses belajar online kali ini berjalan lancar. Semua mahasiswa berkesempatan untuk berdiskusi, tanya jawab, dan lebih tepatnya menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh dosen. Saya sendiri merasa lebih banyak belajar, karena ketika salah, bisa langsung diperbaiki oleh dosennya.

Materi hari ini masih sama dengan materi sebelumnya yakni tentang menjelaskan kondisi dan fungsi dari setiap ruangan dirumah kita. Selain itu kami juga diminta menjelaskan fasilitas umum disekitar rumah seperti taman, toko, restoran, gunung, pantai, dan lain-lain. kami juga diminta menjelaskan berapa jarak dari rumah ke masing-masing area tersebut. Semua materi yang diajarkan adalah yang akan diujikan tanggal 31 Mei dan 7 Juni 2021. Saya dapat jadwal tanggal 7 Juni. Semoga semua persiapan berjalan lancar. Dan saya bisa menjawab semua pertanyaan dari dosennya.

Yang menarik dari perkuliahan hari ini adalah adanya insiden mati lampu secara tiba-tiba. Padahal kami sedang asyik belajar. tiba-tiba lampu mati. Akhirnya pembelajaran disudahi, karena sinyal dan pencahayaan yang tidak mendukung. Sampai jumpa minggu yang akan datang.

Pekan ke 14 (Pertemuan 10), 24/05/2021

Kuliah hari ini dilakukan seperti minggu lalu, kami belajar secara online. perbedaannya hari ini teacher memberikan beberapa materi dalam bentuk slide presentasi. Sayangnya model ini jadi cenderung kurang komunikasi dua arah. Ketika teacher bertanya ke forum, bahkan tidak banyak yang merespon, mungkin karena bingung, pertanyaannya diarahkan ke siapa. Selain itu, di awal perkuliahan saya mengalami sedikit masalah dengan koneksi internet. Akhirnya baru bisa bergabung setelah terlewat sekitar 20 menitan.

Setelah saya mulai bergabung, saya coba lebih banyak open mic untuk bisa memberikan respon kepada teacher. Setelah itu, saya melihat teacher lebih bersemangat dalam memandu kelas. Karena sebelumnya teacher memutar audio yang tidak muncul suaranya ke mahasiswa. Dan mahasiswa tidak memberi tahu setelah cukup lama diputar. Akhirnya teacher sedikit kebingungan dengan masalah yang dihadapi dengan perangkatnya. Kemudian beliau kembali mendesain pembelajran dengan cara lama, yakni membacakan dan meminta kami untuk mengikuti.

Setelah waktu memasuki pukul 20, teacher mengakhiri materinya, dan kemudian menjelaskan teknis untuk persiapan final exam yang akan dimulai minggu depan (pekan ke 15). Waktunya maju cukup jauh. Apalagi setiap ujian baik mid term maupun final exam dilakukan selama dua minggu, sehingga total pertemuan kuliah kami maksimal hanya 14 pertemuan, dan dikurangi 3 pekan yang libuar. Sehingga total belajar hanya 11 pertemuan. Belum lagi belum jelas nanti pertemuan ke 18 akan diisi materi apa. Maka solusinya adalah tidak bergantung kepada pembelajaran di kelas. Kami khususnya saya harus lebih banyak belajar mandari baik di Youtube maupun di podcast. Dengan begitu kami lebih banyak melatih kemampuan berbicara kami. Semoga final examnya lancar. Dan saya bisa mendapatkan banyak pengalaman belajar yang bisa diingat jangka panjang, dan tentu nilai yang baik. walaupun sebenarnya tidak akan masuk itungan untuk penentuan IPK dan syarat kelulusan.

Pekan 16 (Pertemuan 11), 07 Juni 2021

Alhamdulillah akhirnya sampai dipenghubung semester untuk mata kuliah mandarin. Total pertemuan sebanyak 13. Karena ada beberapa hari libur bertepatan dengan jadwal kuliah. Seperti yang diceritakan sebelumnya. Hari ini jadwal final exam. Kami diminta ngomong selama minimal 2 menit yang berisi informasi tentang rumah kita di Indonesia. ada berapa ruangan, ruangan apa saja, dimana posisinya. Dan ruangan mana yang paling kita sukai. Selain itu kami diminta menjelaskan sekitar rumah ada apa saja. Berapa jaraknya dan berapa lama jika jalan kaki, menggunakan mobil atau bis. Secara umum semester ini mengalami beberapa penambahan kosa kata baru. Walupun begitu harus lebih banyak belajar lagi agar tidak lupa lagi. Dan yang lebih penting harus sering mengulang agar mudah menggunakannya.

Semester depan saya berencana mengambil mata kuliah mandarin basic 1. Semoga hasil pengunjian besok keluar. Dan saya bisa kembali dapat kelas dengan teacher Tai. Konon mata kuliah mandarin basic 1 memiliki tingkat tantangan yang lebih tinggi. Karena melibatkan praktik nulis dan baca karakter. Semoga semua diberikan kelancaran. Amin YRA.

Demikian cerita dari awal sampai akhir untuk pengalaman kuliah mandarin basic conversation 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan tentang kuliah mandarin selanjutnya.