Bangun Kerjasama Riset Berskala Global, Dosen TEP FIP UM Lakukan Kujungan Penelitian Ke Kampus TOP QS 200 UPM

Selangor, Malaysia, 24/9/2024. Bangun jejaring riset berskala global, salah satu dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) lakukan kunjungan penelitian ke Faculty of Educational Studies, University Putra Malaysia di Serdang Selangor. Dosen FIP tersebut yakni Ence Surahman, S.Pd., M.Pd, Ph.D yang berasal dari Departemen Teknologi Pendidikan. Dosen yang baru lulus doktor dari Taiwan setahun yang lalu itu berangkat pada Senin 23 September 2024 dan rencananya akan melaksanakan beberapa kegiatan meeting untuk penulisan artikel dan proposal hibah pada sumber dana internasiona, dijadwalkan akan kembali ke Malang pada 30 September 2024.

Kegiatan visiting researcher ini merupakan salah satu program dari Bidang 3 FIP UM dibawah koordinator Dr Arbin Janu Setyowati, M.Pd. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para dosen untuk merasakan iklim akademik dan riset dengan peneliti asing, selain itu juga ditujukan untuk pembiasaan mental mengglobal melalui bangunan jaringan riset internasional. UPM merupakan salah satu perguruan tinggi top di dunia (ranking 148 dunia) berdasarkan rilis dari QS World University Ranking. Posisinya ke-4 diantara perguruan tinggi di Malaysia setelah UM, UKM dan USM. Pada salah satu indikator kinerja departemen, fakutlas dan universitas terdapat indikator kerjasama kegiatan tingkat program studi dengan prodi yang berada di kampus Top QS 200.

Kegiatan research staff exchange ini juga merupakan salah satu bentuk kerjasama antara FIP UM dengan FES UPM, dimana pada tahun 2024, dekan FES UPM (Assoc. Prof. Dr. Wan Marzuki Wan Jaafar) didaulat sebagai salah satu Adjunct Professor di FIP UM. Dengan begitu kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa termasuk proyek riset akan terus berkembang untuk keuntungan dua belah pihak.

Agenda visiting researcher dilaksanakan dalam beberapa hari dengan 3 kali meeting, yakni meeting pembukaan untuk branstorming topik proyek penulisan artikel dan penulisan proposal grant internasional, kemudian meeting pembagiaan pekerjaan proyek, serta meeting untuk penutupan dalam rangka penyapakatan pembagian kerja dan rencana tindak lanjut dari setiap target yang disepakati untuk dikerjasamakan.

Meeting pertama dilaksanakan pada Selasa, 24 September 2024 jam 15.00-16.30 waktu setempat di ruang rapat eksekutif FES UPM. Pada sesi ini Dr. Ence Surahman memaparkan maksud dan tujuan dari kegiatan visiting researcher dan rencana pekerjaan selama melaksanaan kunjungan penelitian serta harapan dari aktivitas dan kegiatan yang dilakukan selama berada di UPM. Presentasi dilakukan selama kurang lebih 30 menit kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tukar pikiran. Pada sesi ini hadir Dr. Norliza Ghazali sebagai host dari Department of Foundations of Education. Selain itu hadir juga pada sesi akhir rapat Assoc. Prof. Dr. Wan Marzuki Wan Jaafar dan sempat berbincang serta berfoto bersama.

Meeting kedua rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, jam 15.00-17.00 waktu setempat dengan agenda pembagian topik pekerjaan serta rencana tindak lanjut pekerjaan. Sementara itu meeting penutupan akan dilaksanakan pada Jum’at, 27 September 2024 di pagi hari.

Agenda kunjungan penelitian ke kampus top dunia merupakan salah satu komitmen FIP UM untuk mendorong capaian mutu dan status UM sebagai world class university, hal ini untuk mendukung agenda SDGs khususnya pada SDGs No 4 tentang pendidikan berkualitas, serta SDGs No 16 tentang upaya membangun kemitraan global yang tangguh dan berkelanjutan (Kontributor: Nc).