Cara mencari sumber hibah internasional melalui Pivot RP

Penelitian membutuhkan dana yang mendukung agar proses penelitian dapat bermutu dan menghasilkan luaran yang bermutu pula. Selain sumber dana mandiri, internal perguruan tinggi, dan dikti, kita juga dapat memanfaatkan sumber dana internasional untuk mendanai riset kita. Salah satu laman yang menyediakan informasi secara rinci daftar hibah internasional adalah Pivot RP yang dapat diakses melalui https://pivot.proquest.com/session/login. Secara teknis kita tinggal membuat akun kemudian menginputkan data personal kita seperti link website atau profil ORCID, maka secara otomatis pivot RP akan menggenerate data kita dan menyajikannya, seperti data publikasi. Kita juga dapat mengedit informasi dan data kita yang kurang sesuai.

Setelah kita mendaftarkan diri, maka kita dapat melihat profil kita dan dilengkapi dengan jumlah peluag grant yang dapat diakses. Jumlah peluang grant ini sangat bergantung pada riset interest kita. Semain menyempit maka semakin sedikit, namun semakin meluas, maka potensi yang ditawarkan semakin banyak. Setelah itu, kita dapat mempelajari satu persatu peluang risetnya dan mencoba melihat jadwal dan persyaratannya untuk mendaftarkan ide penelitian kita.

Dalam prosesnya, kita bisa mencari grant yang sesuai dengan ide riset yang kita rencanakan atau kita menyusun rencana penelitian sesuai dengan kebutuhan dan tawaran pemberi dana.

Demikian, semoga bermanfaat.