Yang harus diperhatikan waktu penyetaraan ijazah luar negeri

Teman-teman yang budiman, kali ini saya mau bercerita tentang proses penyetaraan ijazah S3 saya yang saya peroleh dari NTHU Taiwan. Proses penyetaraan ijazah dilakukan secara online melalalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/. Saya mengalami pengalaman yang cukup panjang dari mulai proses submit sampai disetujui. Secara keseluruhan membutuhkan waktu 73 hari, pertama submit berkas pada tanggal 19 Agustus 2023 waktu saya masih di Taiwan, setelah mendapatkan legalisir dari kampus, notaris setempat, BOCA, dan kantor dagang Indonesia di Taiwan. Kemudian baru selesai dan mendapatkan SK penyetaraannya pada 31 Oktober 2023.

Selama proses tersebut saya mengalami dua kali penundaaan disebabkan karena kurang lengkap berkasnya, penundaan pertama pada tanggal 6 September 2023 disebabkan karena warna background foto yang tidak sesuai, mereka meminta warna merah, sedangkan saya mengunggah foto warna biru. Selain itu mereka minta saya untuk mengunggah file SP Setneg dan SK tugas belajar dari kampus dan dari Dikti. Setelah disubmit revisinya lalu ada penundaan yang kedua pada 25 September 2023, disebabkan karena file disertasi saya belum menggunakan lembar pengesahan yang di tandatangani oleh pembimbingan dan para penguji. Setelah direvisi, kemudian saya mendapatkan notifikasi revisi lagi pada tanggal 9 Oktober 2023 disebabkan karena penilainya tidak membaca file pendamping ijazah saya yang menjelaskan tentang bidang studi, lalu segera saya lengkapi dan kemudian pada tanggal 31 Oktober 2023, SK Penyetaraan ijazah saya keluar artinya usulan sudah selesai disetujui.

Beberapa hal yang bisa menjadi bahan pelajaran adalah pastikan semua berkas yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan yang mereka minta. Karena sedikit saja perbedaan yang tidak sesuai, bisa mengakibatkan penundaan proses penilaian dan membuat waktu pengusulan berkas penyetaraan ijazah menjadi lama. Untuk itu harap siapkan berkas dengan lengkap, dan unggah semua berkas yang diperlukan dengan benar, termasuk dokumen pendukung seperti SP Setneg, SK Tugas Belajar dari kampus dan dari Dikti, termasuk ijazah, transkrip, dan file disertasi yang sudah dilengkapi dengan pengesahan tandatangan dari pembimbing dan para penguji yang menguji disertasi kita. Semoga bermanfaat dan diberikan kelancaran. Setiap usulan jika mau diproses cepat maka harus sering-sering menelfon CP ULT Dikti melalui 021126. Biasanya mereka bisa mempercepat proses penilaian usulannya, jika tidak demikian, biasanya setiap tahap membutuhkan maksimal 14 hari kerja (8-11-2023).