Persiapan leaving school dan pulang (back for good) ke Indonesia

Selasa, 1 Agustus 2023. Hari ini masuk tanggal 1 Agustus dan bulan terakhir saya tinggal di Taiwan, karena dua hari lalu saya sudah memesan tiket pulang tanggal 23-24 Agustus nanti. Agenda hari ini cukup padat, dimulai dari mengambil form penguji pada saat ujian dan form persetujuan pembimbing untuk saya ikut ujian. Kemudian saya ke bagian registrasi kampus untuk membantu mencetak transkrip dan surat keterangan aktif kuliah teman saya, kemudian di scan di perpustakaan sekaligus saya bertanya apakah versi cetak disertasi yang harus kami kumpulkan itu harus dalam versi berwarna atau tidak, ternyata jawabannya sama dengan jawaban dari staff di departemen bahwa tidak harus warna, karena kita sudah mengunggah versi warna kita dalam format file ke sistem online perpustakaannya. Selepas dzuhur dan makan siang, salah satu teman mengajak ke Nova untuk membeli sesuatu, dan ternyata malah saya yang tergoda untuk membeli beberapa barang untuk di bawa ke Indonesia termasuk membeli flashdisk untuk menggantikan flashdisk yang hilang beberapa hari lalu. Selanjutnya jalan-jalan sore di area downtown dan membeli sesuatu untuk istri, lalu makan makanan khas korea yang rasanya lumayan enak. Kemudian ke kampus dan asrama untuk shalat magrib, selepas magrib lanjut ke Hsinchu Park untuk jogging, baru kembali lagi ke asrama menjelang jam 10an, kemudian mandi, makan, mencuci dan menjemur pakaian, lalu mengecek artikel di JINOTEP, mengecek Siakad, alhamdulillah sudah diberi mata kuliah, ada 1 mata kuliah pada 4 kelas untuk mata kuliah di tingkat departemen, sepertinya akan bertambah dari mata kuliah tingkat universitas, mereview artikel di JKTP, kemudian menulis di blog dan beristirahat, malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.18.

Rabu, 2 Agustus 2023. Agenda hari ini ada beberapa yang saya kerjakan, mulai dari agenda rutin pagi, kemudian menyesuaikan cover dan spine back printed thesis sesuai ketentuan yang disediakan, lalu mengonfirmasi ke staff dept dan menurutnya sudah benar. Kemudian memindahkan file ke flashdisk agar siap tinggal proses cetak. Selepas shalat dan makan siang lanjut agenda penyesuaian informasi APC di jurnal JINOTEP. Selepas asar mereview sekitar 4 artikel dan memberikan keputusan kepada dua penulis. Lalu makan malam, dan dilanjutkan dengan merapikan artikel yang ditulis bersama kolega di UM. Selanjutnya menulis dan memperbaharui beberapa informasi di blog, memperbaharui CV dan menutup laptop pada pukul 00.44.

Kamis, 3 Agustus 2023. Agenda hari ini lumayan banyak dan melebihi target yang direncanakan. Agenda dimulai dengan mencetak dan menjilid disertasi untuk jurusan, departemen, registrasi dan lab, karena sedang antri banyak, waktu menunggunya lumayan dari jam 9 ke jam 2. Sambil menunggu selesai, saya mengerjakan review 9 artikel di JPP yang ditugaskan hari ini. Kemudian mengambil hasil cetak, lalu ke departemen, ke perpustakaan, menyempatkan beli jaket NTHU, lalu kembali ke asrama, mengecek jurnal dan memperbaharui beberapa informasi di blog, membuat janji dengan professor untuk bertemu dan meminta tandatangan besok siang. Lalu pada malam hari saya mengerjakan draft paper dari study 2 dan 3 sampai merasa lebih rapi dan siap untuk dikirimkan ke professor sebagai progress pekan ini. Malam ini saya kirimkan langsung pada dini hari pukul 01.40, kemudian laptop saya tutup pada pukul 01.42 setelah tulisan ini dibuat.

Jum’at, 4 Agustus 2023. Agenda hari ini lumayan banyak, dimulai pergi ke kampus Nanda untuk minta tandatangan professor dan menyerahkan versi cetak dari disertasinya, kemudian kembali ke main kampus, makan siang, beli buah dan ke kantor jurusan untuk menyerahkan formnya. Kami kami bersama-sama menyerahkan disertasi dan formnya ke bagian registrasi sambil ngobrol tentang rencana pasca kepulangan ke Indonesia. Saya juga sempat bertanya tentang berapa jumlah mahasiswa IPHD yang sudah lulus, beliau bilang baru sekitar 13an, dan paling banyak tahun ini. Sesuai dengan jumlah printed disertasi yang saya lihat di lemari kantor IPHD. Staff IPHD juga bercerita kalau direktur IPHD terkesima dengan performance akademik saya karena beliau tahunya baru ujian kualifikasi beberapa bulan lalu dan sekarang sudah maju ujian, tapi direktur memuji kerja keras saya sehingga saya layak untuk bisa lulus dalam waktu 3 tahun. Setelah dari departemen, kembali ke asrama untuk istirahat. Selanjutnya mereview 1 artikel di JKTP, 2 artikel di JINOTEP, dan mendiskusikan penulisan artikel dengan salah satu eks mahasiswa. Malam ini menyempatkan menelefon orang tua dan anak istri, kemudian malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.00.

Sabtu, 5 Agustus 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak, agenda dimulai dengan mencari untuk makan siang dan makan malam, kemudian menghubungi keluarga, lalu menyempatkan diri untuk berolahraga, mandi mencuci, dan menjemur pakaian, kemudian mengecek artikel di JINOTEP, lalu mengisi kuesioner dalam proses leaving school, ada banyak pertanyaan yang harus dijawab, membutuhkan waktu kurang lebih selama 30 menitan untuk mengisinya. Secara umum tahapannya sudah hampir selesai, tinggal konfirmasi masalah diploma. Selanjutnya menulis artikel di blog, dan malam ini memutuskan untuk istirahat lebih cepat, laptop saya tutup pada pukul 22.27 karena besok pagi ada rencana untuk mengunjungi Neiwan di Hsinchu County berhubung di asrama akan ada pemadaman listrik.

Ahad, 6 Agustus 2023. Agenda hari ini tidak banyak yang berkaitan dengan persiapan leaving school, karena hari ini kami ada agenda jalan-jalan ke Hsinchu County. Kami berangkat dari kampus jam 8 kemudian sampai di Neiwan jam 9.30 lalu menyebrangi jembatan gantung, kemudian balik ke area jananan lokal, dan toko souvenir, kemudian kami menyempatkan makan siang vegetarian. Setelah itu kita jalan ke air terjun dan akhirnya pertama kali merasakan sejuknya sungai di pegunungan Hsinchu County. Kami menyempatkan waktu untuk shalat dzuhur dan asar di atas batu di pinggir sungai, kemudian kami kembali. Setelah menunggu bus selama hampir 1 jam yang tidak kunjung datang, alhamdulillah ada orang lokal yang baik hati mau memberikan tumpangan kepada kami. Akhirnya kami diantar ke terminal bus di Zhu Dong karena kebetulan yang bersangkutan mau ke sana juga. Setelah itu kami naik bis ke arah NTHU. Lalu menyempatkan waktu untuk makan malam, kemudian kembali ke asrama, mandi mencuci jemur pakaian, shalat, mengecek artikel di JINOTEP, lalu menyetujui untuk mereview artikel di JITP, lalu menulis blog dan malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.48.

Senin, 7 Agustus 2023. Alhamdulillah hari ini ada beberapa kegiatan penting yang saya lakukan, antara lain mereview artikel JINOTEP, kemudian menyetujui untuk mereview artikel IJIET Q3 dan JITP Sinta 3. Lalu saya membantu mencetak surat keterangan aktif dan transkrip nilai dua teman saya yang sedang di Indonesia, lalu ke kantor OGA untuk prosedur graduation, kemudian kami bantu scan di salah satu lab teman di teknik industri. Lalu menyempatkan ke bookstore untuk mengecek keyboard iPad ternyata sedang tidak ready, dan kami disarankan untuk ke toko terdekat yang tersedia barangnya, kemudian kami kesana dan alhamdulillah masih dapat dengan harga diskon khusus mahasiswa. Selanjutnya saya kembali ke asrama, kemudian makan dan olahraga volley sampai jam 10 lebih. Kemudian balik ke asrama, mandi, mencuci menjemur, lalu mereview artikel yang dikerjakan dengan kolega di Malang, lalu memberikan keputusan ke penulis di JINOTEP. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.38.

Selasa, 8 Agustus 2023. Agenda hari ini dimulai dari mereview artikel JITP UNY, kemudian menelefon istri, lalu mendownload surat tambahan dari departemen, mengecek plagiasi artikel yang dikerjakan bersama kolega di Malang, merapikan bukti bimbingan mata kuliah dengan pembimbing di semester 1-4, kemudian mendownload dan mengecek terjemahan online dokumen yang dikirimkan departemen, lalu mengirim pesan ke Ditjen Dikti perihal konteks bidang studi, berdiskusi dengan prof via Line, lalu olahraga voli sampai jam 10 malam. Setelah mandi shalat, makan, kemudian mengecek dan membalas email di Jinotep, Edcomtech, JKTP dan JPP. Selanjutnya menulis blog dan malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.30.

Rabu, 9 Agustus 2023. Agenda hari ini lumayan banyak, ada beberapa hal yang menyangkut persiapan leaving school dan pengambilan ijazah. Agenda dimulai dengan agenda rutin awal hari, kemudian mereview dua artikel baru masuk ke JINOTEP, dan pada saat yang sama ada masalah dengan beberapa penulis yang berencana menarik naskahnya karena keberatan dengan kebijakan biaya publikasi di JINOTEP. Setelah itu menyetujui permintaan review naskah dari Jurnal Cogent Education Q2, ESCI. Kemudian mengecek artikel kedua dan ketiga saya dan sementara masih under review. Lalu menerima telfon dari teman yang membutuhkan saran untuk program s3nya. Kemudian saya menghubungi salah satu teman untuk bertanya perihal proses pengurusan penyetaraan ijazah khususnya waktu mendaftarkan bidang studinya. Selanjutnya menyempatkan untuk olahraga volley, sambil mendiskusikan masalah informasi yang tertulis di ijazah saya dengan professor, dan alhamdulillah professor berkenan untuk mendiskusikan isu ini dengan pak rektor pada rapat besok pagi. Saya diminta menuliskan masalahnya apa dan saran yang saya harapkan seperti apa. Saya juga berdiskusi dengan teman Taiwan untuk mencari tahu aturan tentang daftar nama kampus dan program studi yang terdaftar dan disetujui oleh MOE, alhamdulillah ketemu walaupun naskahnya dalam bahasa Mandarin. Malam ini saya menutup laptop pada pukul 23.56.

Kamis, 10 Agustus 2023. MasyaAllah tabarokallah, alhamdulillah agenda hari ini sangat produktif. Pagi-pagi professor meminta dikirimi semua file versi terakhir dari naskah artikel yang saya kerjakan dan belum sempat disubmit, beliau minta pagi hari karena sedang ada waktu luang dan belum ada kegiatan rapat dengan rektor. Alhamdulillah segera saya siapkan dan saya kirimkan. Kemudian pada pukul 11.41 alhamdulillah draft artikel ke-4 langsung beliau submit ke jurnal yang sudah kita sepakati sebelumnya. Kemudian saya melanjutkan untuk menyelesaikan finalisasi draft paper ke 5, dan saya kirimkan pada pukul 11.49, beliau langsung merespon akan segera dikirim ke proofreader dan setelah itu kita akan submit. Beliau menyarankan satu jurnal namun ternyata setelah dicek nampaknya kurang sesuai dan saya merekomendasikan jurnal lain yakni jurnal Assessment dari penerbit Sage. Selanjutnya saya merapikan dan mengerjakan artikel ke-6 setelah diupdate datasetnya pada 3 Agustus lalu, dan saya kirimkan pada pukul 14.53. Sementara belum ada respons. Selanjutnya saya kerjakan artikel ke-7 dari hasil penelitian disertasi saya pada study 3. Saya selesaikan dan segera saya kirimkan pada pukul 19.02. Saya minta professor untuk mengecek kelengkapan isi dan barangkali ada data dan informasi yang tidak perlu dimasukan. Selain itu hari ini juga mendiskusikan masalah informasi dalam ijazah saya agar lebih jelas bidang studinya waktu saya S3. Alhamdulillah professor membantu mendiskusikan dengan rektor, dan mengkomunikasikan dengan staff IPHD. Walaupun belum ada hasil yang pasti, namun semoga saja, segera ada kejelasan yang memudahkan waktu proses penyetaraannya. Selain itu hari ini juga saya mendiskusikan masalah kebijakan kenaikan biaya publikasi di JINOTEP dengan Kepala Pusat Publika dan WD3. Alhamdulillah sudah ketemu solusi yang sama-sama menguntungkan baik ke penulis maupun pengelola jurnal. Selepas magrib menyempatkan untuk menelefon orang tua hanya untuk bertanya kabar dan ternyata kabarnya sedang kurang baik. Selepas isya saya masih mendiskusikan masalah tadi siang dengan professor karena beliau bertanya dan menyampaikan apa yang telah beliau lakukan hari ini. Kemudian saya sempatkan waktu untuk menelfon istri dan anak-anak, lalu meneruskan penulisan paper ke-8 dari penelitian disertasi pada study ke-2, pada pukul 00.36 saya kirimkan hasilnya. Lalu saya lanjutkan menulis di blog dan malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.38.

Jum’at, 11 Agustus 2023. Agenda hari ini tidak sebanyak agenda hari kemarin. Kegiatan dimulai Jum’atan, mereview artikel IJERE, lalu menyetujui permintaan review dari IEEE Access, mengecek artikel di JINOTEP, memperbaharui materi untuk acara orientasi mahasiswa baru PPI Hsinchu, lalu menghubungi admin KDEI untuk mengurus sebuah dokumen, dan pada malam harinya baru membalas lalu saya cari websitenya di https://www.heeact.edu.tw/1214/ dan di https://tqid.heeact.edu.tw/index.aspx . Sayangnya beberapa department belum masuk dan beberapa yang sudah masuk pun valid akreditasinya sampai 2020. Sepertinya tidak update atau memang ada database lain sebagai penggantinya. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 22.25.

Sabtu, 12 Agustus 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak kegiatan dimulai dari agenda harian, kemudian berkomunikasi dengan professor, mengecek artikel Jinotep, mengecek deadline submission ICET 2023, lalu menelfon keluarga, memonitor pemasangan tralis rumah, kemudian berolahraga sampai pukul 22. Kemudian merendam pakaian, mandi, menulis blog, dan beristirahat. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.50.

Ahad, 13 Agustus 2023. Agenda hari ini ada beberapa kegiatan yang saya kerjakan, pertama adalah membuat draft surat pernyataan dari COE yang menerangkan semua departemen-nya terdaftar, disetujui, dan dimonitor oleh MOE Taiwan untuk bahan masukan ke Dekan COE biar ada gambaran bentuk surat yang saya butuhkan. Agenda kedua adalah belanja beberapa barang ke Costco, kebetulan ada teman yang mengajak dan sekalian hari ini rencananya mau masak rendang dengan bumbu rendang dari Malaysia. Selepas dari Costco masak dan makan bersama. Selanjutnya sharing pengalaman selama studi di NTHU bersama mahasiswa baru NTHU, lalu mengecek artikel di JINOTEP, membuatkan sertifikat review untuk editor JINOTEP dan akhirnya menulis blog. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 22.40.

Senin, 14 Agustus 2023. Agenda hari ini ada beberapa hal penting yang terkait dengan persiapan kelulusan, pagi-pagi professor baru merespon pesan saya tadi malam, beliau meminta ada penyesuaian draft permohonan surat pernyataan saya karena akan dilanjutkan ke bagian akademik kampus yang akan mengeluarkannya. Segera saya revisi dan kirim ulang, kemudian beliau segera meneruskan ke direktur akademik kampus, lalu beliau memberi kabar bahwa 2 artikel terbaru saya yakni artikel ke 5 dan 6 sudah beliau kirimkan ke proofreader akademik yang biasa kami gunakan jasanya, dan hasilnya dijadwalkan akan keluar pada tanggal 25 Agustus 2023. Selanjutnya saya juga berdiskusi dengan staff IPHD, namun sempat terpotong keburu sore. Hari ini juga bagian registrasi menjawab email saya beberapa hari lalu, ternyata kita tidak bisa meminta dua lembar ijazah, hanya bentuk lain dari sertifikat telah selesai kuliah yang saya juga belum tahu bentuknya seperti apa. Siang ini ada undangan makan bersama dari salah satu teman yang sudah ujian dan akan pulang segera. Agenda sore menyempatkan berkomunikasi dengan WD3 perihal penerbitan surat tugas pengelola jurnal di FIP dan sekaligus mendiskusikan perihal rencana mengundang professor saya untuk jadi pembicara di ICET 9. Rupanya ada miskomunikasi, ketika saya konfirmasikan surat dari panitia ICET, professor saya mengatakan beliau menerima suratnya, mungkin salah ketik alamat email atau emailnya masuk ke SPAM. Sore ini juga menanyakan perihal syarat dan prosedur pengaktifan kembali status kepegawaian di UM. Alhamdulillah segera direspon dan tidak perlu menyertakan hasil penyetaraan ijazah, sehingga saya dapat mempersiapkan semua berkasnya sesegera mungkin, bersamaan dengan hari pertama masuk kerja tanggal 28 Agustus nanti. Menjelang magrib menyempatkan olahraga volley sekitar 2 jam kemudian mandi shalat, mengecek similarity level artikel kolega, mengecek artikel di JINOTEP, menyetujui permintaan review di IEEE Access, menyiapkan berkas-berkas untuk pengaktifan kembali status kepegawaian. Menjelang tengah malam saya memutuskan untuk mereview artikel IEEE yang diminta sejak 3 hari lalu, lumayan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk membaca dan memahami isinya serta menuliskan komentar reviewnya. Setelah submit reviewnya, lalu menulis blog dan beristirahat. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.50.

Selasa, 15 Agustus 2023. MasyaAllah tabarokallah, hari ini agendanya sangat padat, panas, menantang dan memunculkan banyak kejutan. Agenda dimulai dengan mencari bantuan teman yang punya kartu easy card untuk saya pinjam dan saya gunakan sebelum saya pulang, karena student ID saya mulai hari ini sudah tidak dapat digunakan. Selanjutnya melalukan proses leaving schcool untuk mengambil ijazah dan transcript ke divisi registrasi, seketika muncul email berisi digital diploma versi bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin, kemudian foto copy, lalu legalisir di kampus, Selanjutnya mengambil dokumen ke kantor jurusan, lalu ke academic affairs. Setelah itu menuju ke Kantor Pengadilan Daerah Hsinchu, nah proses ini agak sedikit mengejutkan, karena saya kurang menguasai medan dan belum pernah kesana, akhirnya saya hanya mengandalkan Google Maps dan diarahkan ke jalan layang yang panjang lebih dari 3 KM, setelah dijalan layang tidak ada askes untuk ke bawah, akhirnya saya jalan terus, setelah lebih dari 1 jam, akhirnya ada orang baik, ibu-ibu yang mau jemput anaknya, memberikan tumpangan, dan mengantarkan saya ke stasiun terdekat. Berhubung jadwal keretanya masih agak lama, dan kebetulan di depan stasiun ada taksi yang mangkal, akhirnya saya tanya apakah taksinya bisa mengantar ke alamat yang saya tuju, alhamdulillah berkenan, lumayan jauh, membayar 400 NTD atau sekitar 200.000. Sesampainya di Kantor Notaris, pas mulai jadwal istirahat, akhirnya saya menunggu sekitar 1 jam, dan tepat jam 1 saya baru mulai memproses berkas saya ke notaris. Setelah diwawancara sebentar, diverifikasi wajah dan dokumennya, kemudian saya diminta membayar ke kasir. 3 dokumen yang saya legalisir diminta bayar 2.250, saya beri uang 2.500, kemudian staffnya memberi kembalian 450. Pas saya cek invoicenya, ternyata keliru, akhirnya saya konfirmasikan dan kembalikan uang yang 200nya. Staffnya sudah lumayan berumur, seperti pusing dengan kerjaan sampai salah memberikan kembalian. Setelah membayar, saya kembali ke ruang notaris umum di lantai 2, kemudian saya diminta menunggu beberapa menit untuk proses konfirmasi ke kampus, dan sekitar 10 menit saya dipanggil hasilnya sudah selesai dilegalisir notaris. Besok pagi akan saya bawa ke Taipei untuk mendapatkan legalisiran dari Kementrian Luar Negeri Taiwan. Setelah dari pengadilan saya keluar gedung, menunggu taksi, tiba-tiba ada taksi mangkal depan kantor notaris, saya langsung tanya kesediaan untuk mengantarkan ke kampus, dan alhamdulillah mau, kemudian saya balik shalat dulu. Kemudian saya lanjut ke kantor professor, karena beliau minta ketemu. Pas sampai kantornya beliau sedang rapat online, saya menunggu sekitar 50 menitan. Akhirnya kami berdiskusi, intinya beliau menanyakan apakah semua kebutuhan kelulusan saya sudah terpenuhi atau masih ada masalah, agar beliau dikasih tahu. Direktur bidang akademik sangat berterima kasih dengan masukan yang diberikan agar kedepannya mahasiswa asal Indonesia tidak mengalami hal yang sama. Jika masih ada masalah untuk dapat disampaikan melalui beliau dan kampus akan berusaha untuk mencarikan solusinya sebaik mungkin. Selain itu, beliau juga menyampaikan perihal publikasi dan pendanaan untuk membayar biaya proofreading dari naskah yang saya kerjakan, semoga dalam waktu dekat beliau mendapatkan sumber dana baru untuk mendanainya. Selepas diskusi lain-lain, saya kemabali ke asrama, makan, shalat, dan lanjut volley selama 2 jam, kemudian mencuci, mandi shalat, mengecek artikel di Jinotep, dan diakhiri dengan menulis di blog. Malam ini harus istirahat lebih awal, karena besok pagi mau pergi ke Taipei untuk mengurus legalisir dari BOCA, sehingga malam ini laptop ditutup pada pukul 22.20.

Rabu, 16 Agustus 2023. Hari ini agendanya adalah ke BOCA MOFA di Taipei untuk melanjutkan legalisir dokumen setelah dari Notaris di Hsinchu kemarin. Dari asrama berangkat jam jam 7 lebih kemudian mampir ke sevel beli sarapan lalu menuju area bus arah Taipei alhamdulillah ada bus How Tai yang standby dan tepat jam 07.30 bisnya berangkat. Sesampainya di Taipei Bus Station sedang dalam kondisi hujan lebat, berhubung sedang ada rapat laporan kemajuan belajar, akhirnya saya berteduh dulu sambil mengikuti rapat hingga selesai. Jam 10an saya berangkat ke BOCA jalan kaki sekitar 18 menitan karena hujan lebat, sepatu basah, walaupun pakai payung. Sekitar 1 jam prosesnya di BOCA selesai. Dimulai dengan mengambil Antrian, mengisi form, foto copy, mengambil antrian lagi, lalu memasukkan berkasnya. Saya diberi kwintasi pembayaran 3 dokumen total 1.200, dan diberi invoice untuk digunakan waktu mengambil hasil legalisirnya pada hari Jumat dini hari. Selepas itu kembali ke TBS dalam keadaan hujan lebat, dan menunggu sekitar 20 menit untuk jadwal bus ke Hsinchu, sekitar jam 12.30 sampai di depan NTHU. Di perjalanan menyempatkan untuk mengirim berkas-berkas untuk pengaktifan kembali status kepegawaian di UM. Sesampainya di asrama, mandi, nyuci pakaian, sepatu, istirahat karena badan terasa cape. Setelah asar, menyempatkan waktu untuk mengecek artikel di JINOTEP, kemudian selepas magrib seperti biasa Voley, sekitar 2 jam, kemudian mandi, makan, telfon anak istri, menulis blog dan beristirahat. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.23.

Kamis, 17 Agustus 2023. MasyaAllah tabarokallah, hari ini bertepatan dengan HUT RI Ke-78. Saya baru ada waktu untuk mempublikasikan foto wisuda saya 10 Juni lalu. Beberapa alasan mengapa baru hari ini, pertama karena saya ingin mempostingnya dalam kondisi saya sudah mengambil ijazah, dan alhamdulillah dua hari lalu saya sudah memperoleh ijazahnya. Alasan kedua, hari ini adalah hari yang cukup luang karena saya tidak kemana-mana berhubung sedang menunggu hasil legalisiran dari BOCA besok pagi. Ketiga, hari ini bertepatan dengan HUT RI, sehingga menurut saya momentumnya tepat untuk mengatakan bahwa saya telah merdeka dari kewajiban kuliah di luar negeri bagi dosen muda UM sebagaimana kontrak di atas materai yang saya lakukan Mei 2018 lalu. Sungguh senang dan bersyukur tiba dihari ini, banyak ucapan selamat dari kolega dan kenalan di sosial media. Tentu niatnya semoga menjadi motivasi bagi yang berminat S3. Agenda lainnya hari ini adalah mencetak dokumen yang saya terima pagi ini dari dari email yang dikirimkan oleh Badan akreditasi Taiwan atas jawaban pertanyaan saya 3 hari lalu. Kemudian setelah dzuhur saya ke kantor professor untuk mengambil salah satu dokumen yang saya cari-cari pada Selasa lalu di kantor bagian akademik kampus. Rupanya dokumen tersebut dikirimkan ke professor saya. Agenda lainnya seperti biasa mengecek artikel di JINOTEP, menelefon keluarga, dan menulis cerita di blog. Malam ini laptop saya tutup lebih awal yakni pada pukul 22.00, karena besok pagi harus berangkat ke Taipei pagi sekali.

Jum’at, 18 Agustus 2023. MasyaAllah agenda hari ini cukup melelahkan, banyak kegiatan yang saya lakukan, jam 6 sudah keluar dari asrama untuk menuju Taipei, ada beberapa hal yang saya lakukan di Taipei, pertama mengambil hasil legalisir dari BOCA, kemudian menuju Kantor KDEI, untuk melegalisir dokumen dari BOCA, alhamdulillah ada karyawan KDEI asal Hsinchu, teman main futsal, sehingga bisa dibantu dengan proses yang lebih cepat. Selanjutnya saya ke Lantai 6 untuk urusan surat keterangan akreditasi bidang studi. Disini ada sedikit darma karena dokumen yang saya legalisir masih dianggap kurang, harusnya dilegalisir semua. Saya disarankan untuk melengkapi berkasnya dulu, tapi karena waktunya sudah tidak memungkinkan, maka saya submit seadanya dan pasrah saja, apakah akan diterima atau tidak. Alhamdullillah staffnya mau mengusahakan untuk menyampaikan ke atasannya. Walaupun dengan perasaan harap-harap cemas, tapi setidaknya saya merasa lega karena berkas saya sudah masuk. Siang ini juga saya menyempatkan diri untuk mengajukan bidang studi melalui website PILN. Selanjutnya kembali ke Hsinchu, menyecan semua dokumen, kemudian menyempatkan untuk cetak transkrip dan melegalisir tambahan ijazah, lalu komunikasi dengan staff kepegawaian kampus berkaitan dengan proses pengaktifan kembali status kepegawaian, kebetulan dibilang masih ada yang kurang, dan segera saya lengkapi dan saya komunikasikan untuk penyelesaikanya, semoga segera beres. Malam ini badan terasa lelah sekali, selepas merendam cucian, kemudian membalas komentar di sosial media lalu merencanakan untuk istirahat lebih awal. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 22.00.

Sabtu, 19 Agustus 2023. Alhamdulillah hari ini ada beberapa kegiatan yang saya kerjakan, antara lain dimulai dari mencuci dan menjemur bantal, selimut dan pakaian, kemudian menghadiri undangan makan siang. Pas makan siang saya mengecek email dan saya baru menerima informasi bahwa usulan pengajuan bidang studi saya diterima oleh Kemdikbud. Alhamdulillah ternyata prosesnya lancar dan tidak serumit yang saya bayangkan. Sehingga walaupun misalnya surat dari KDEI tidak terbit maka tidak perlu khawatir, karena sudah cukup dengan surat yang kemarin saya ajukan. Selanjutnya saya menyempatkan membeli buah mangga dan membeli sarung sepatu ketika hujan untuk digunakan di Malang nanti. Selanjutnya saya langsung mengunggah semua dokumen penyetaraan ijazah saya melalui laman PILN. Semoga prosesnya lancar dan segera di setujui, sehingga SK penyetaraannya segera terbit. Sore ini, selepas shalat asar, menyempatkan untuk potong rambut sebelum kembali ke Indonesia. Malam ini laptop saya tutup lebih awal yakni pukul 22.00 selepas tulisan ini dibuat.

Ahad, 20 Agustus 2023. Hari ini ada beberapa kegiatan yang saya lakukan, dimulai dengan mereview beberapa artikel di JINOTEP dan memberikan keputusan kepada para penulis, kemudian mereview artikel di IEEE Access. Lalu berangkat ke downtown untuk makan siang dengan teman dari Malaysia sekaligus mencari beberapa barang untuk anak-anak. Setelah kembali ke asrama, lanjut aktivitas pribadi, kemudian malamnya bermain volley, lalu mencuci dan menjemur pakaian. Setelah itu saya menelefon anak istri, kemudian menulis di blog dan malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.00.

Senin, 21 Agustus 2023. Hari ini ada agenda yang cukup melelahkan, pagi-pagi sempat mengambil beberapa gambar di sekitar kampus untuk dokumentasi memegang ijazah seperti di perpustakaan dan di dekat general building kampus. Kemudian kami masuk ke toko souvenir NTHU, alhamdulillah ada beberapa barang yang kami beli. Lalu ke A mart, tadinya mau mencari kaos bertuliskan Taiwan tapi tidak menemukannya, akhirnya ganti membeli beberapa camilan halal untuk oleh-oleh. Setelah itu kembali ke area depan kampus untuk makan siang, kemudian membeli mochi halal, lalu ke toko lego yang bisa dibuat gantungan kunci. Lalu kembali ke asrama. Selepas asar kami jalan ke arah TSMC building untuk mengambil beberapa foto di area gerbang masuk kampus dari arah selatan, kemudian foto-foto depan TMSC building, lalu memenuhi keinginan teman untuk berjalan ke 18 mountains sekaligus makan buah di tower puncaknya. Kami kembali ke asrama menjelang maghrib, kemudian mandi shalat, makan dan berdiskusi untuk persiapan kedatangan teman dari Riau. Selepas itu saya menyempatkan menelefon ke Garut, karena tadi sore keluarga yang meninggal (istri paman), lalu mengecek JINOTEP, kemudian melayout artikel untuk ke ICET, dan mengirimkan hasilnya. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.40, setelah tulisan ini dibuat.

Selasa, 22 Agustus 2023. MasyaAllah tabarokallah pagi ini professor memberi tahu bahwa artikel kedua kami yang disubmit ke Jurnal TATE sudah diterima dan siap masuk ke tahap produksi. Sebuah kebahagiaan karena naskah ini bisa diterima dengan hanya 1 kali revisi, dan hanya membutuhkan waktu 5 bulan 19 hari dari mulai submit pada 3 Maret 2022. Paper ini berupa hasil tugas kuliah terakhir di semester 4 tahun lalu. Karena topiknya menarik, professor menyarankan untuk diseriusi dan disubmit ke jurnal, dan alhamdulillah beliau juga setuju dengan rekomendasi jurnal yang saya sarankan. Kebetulan TATE ini menerbitkan 18 issue setiap tahunnya. Sehingga masa tunggunya tidak terlalu lama. Pagi ini juga saya meluangkan waktu sekitar 1 jam lebih untuk mendownload dataset untuk rencana riset saya nanti ketika sudah kembali ke tanah air. Sebagian untuk jurnal nasional dan sebagian untuk ke jurnal internasional kebetulan topiknya sedang hangat diperbincangkan. Malam ini kami dapat jawaban juga dari paper ke-4 yang disubmit 8 Agustus lalu, kabarnya kurang membahagiakan, kami harus mencari jurnal lain. Malam ini menyempatkan untuk olahraga, setelah menyelesaikan review artikel dari Cogent Education. Kemudian setelah olahraga, menyempatkan untuk memvalidasi KRS-an mahasiswa. Lalu menyempatkan untuk mereview permintaan dari jurnal IJIET. Malam ini juga saya dapa kabar bahwa salah satu naskah yang ditulis dengan kolega di Malang sudah terima dan segera masuk ke tahap produksi. Menjelang tengah malam, professor memforward meial dari administrative editor TATE journal, ada sedikit typo yang harus dibenahi, kemudian saya segera merevisi dan mengirimkannya. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.22 setelah tulisan ini dibuat.

Selasa, 23 Agustus 2023. Hari ini badan terasa sangat cape karena banyak hal yang saya kerjakan dari bangun tidur. Saya mulai dengan agenda rutin pagi, kemudian mencuci pakaian dan sarung kasur, lalu mencoba packing cover besar dan menimbang bobotnya. Hasil timbangan awal 31.7, dan koper kecil 12.30. Akhirnya saya bongkar dan sebagian barang-barang saya singkirkan sehingga timbangan akhir di siang hari menjadi 31.7 dan 10.6 kg. Semoga aman waktu check in nanti malam. Jam 10 teman saya sudah sampai ke Hsinchu membawa pesanan jas kulit domba Garut, segera saya ambil dan saya antarkan ke ruang kerja professor. Kebetulan hari ini beliau sedang ada meeting di luar kantor, akhirnya tidak sempat ketemu. Siang melanjutkan beres-beres dan pindahan barang-barang, serta menyempatkan untuk melayout artikel dengan kolega yang akan disubmit ke IJMLO. Siang ini harus menyempatkan untuk istirahat agar nanti malam bisa lebih fresh. Selepas magrib menyempatkan untuk makan bareng teman, kemudian malam ini berangkat jam 22 dari kampus. Alhamdulillah proses checkout asrama berjalan lancar. Beberapa teman membantu mengeluarkan barang bawaan, dan akhirnya perjalanan ke bandara. Sempat khawatir dengan bagasi yang berlebih ternyata timbangan di asrama sama persis dengan timbangan di bandara, alhamdulillah masih dalam batas aman. Masuk pesawat jam 00.50.

Kamis, 24 Agustus 2023. Alhamdulillah flight dari Taiwan ke Singapore berjalan lancar, pagi ini sampai di Changi jam 05.44 kemudian shalat subuh dan sambil menunggu open border menyempatkan untuk merekap catatan keuangan bulan Agustus. Agak kaget dengan jumlah pengeluaran yang sangat besar, dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, apalagi beasiswa belum cair. Jadi terkesan lebih besar pasak daripada tiang. Semoga beasiswanya segera cair. Pagi ini juga menyempatkan mengecek JINOTEP, ada satu naskah baru masuk kemarin. Open border jam 07.20, pesawat dijadwalkan terbang jam 08.20 dan sampai di Surabaya jam 09.35. Sore ini agendanya foto bersama di studio dekat rumah. Malam ini memesan tiket untuk ke Jogjakarta. Kemudian istirahat lebih awal karena badan terasa lelah.