Reviu Materi Prof. Chee-Kit Looi di ICEI CoE NTHU 2021

Sesi pembicara kunci Prof. Chee-Kit Looi dari NIE NTU Singapore

Salah satu pembicara ICEI CoE NTHU tahun 2021 adalah orang yang saya kagumi karya-karyanya, Prof. Dr. Chee-Kit Looi, Beliau adalah Head of Learning Sciences Lab of the National Institute of Education (NIE), Nanyang Technological University (NTU), the first research centre devoted to the study of the sciences of learning in the Asia-Pacific region. Saya pertama mengenal beliau ketika membaca papernya, lalu saya cari namanya di Google Scholar dan saya berhasil masuk ke laman website tentang profilnya. Ternyata bidang riset beliau ada beberapa yang bisa saya pelajari. Sayangnya saya baru tahu nama beliau setelah saya masuk di NTHU. Walaupun saya kira masuk di bawah bimbingan beliau akan sangat menantang karena riset beliau luar biasa. Beliau menjadi editor di beberapa jurnal top bidang educational technologi. Background pendidikan beliau dari computer science dan Ai, membuatnya menjadi peneliti yang sangat disegani pada topik-topik risetnya.

Pada sesi ini beliau menyajikan makalah berjudul Learning Sciences and Science of Learning: Interdisiplinary Perspective towards More Holistic and Sustainable Education. Dari semua materi yang yang beliau sampaikan, saya belajar satu hal yang penting dan prinsip, yakni sikap rendah hati dan hati-hati. Beliau saya hitung tiga kali mengatakan, saya bukan pakar dalam bidang learning science, padahal beliau kepala lab learning science dan itu lab pertama di Asia Pasific. Beliau tidak berani mengatakan, menurut saya, menurut saya, beliau lebih banyak menggabungkan pemikirannya dengan pemikiran para pakar lainnya.

Outline materi yang beliau sampaikan

Dari outlinenya dapat kita lihat, beliau menyiapkan banyak sekali sub topik pembicaraan selama 1 jam pada sesinya. Saya tidak dapat menjelaskan secara rinci apa yang beliau sampaikan, saya juga belum memiliki slide materi dari panitia, namun saya memiliki SS dari seluruh materinya untuk bahan bacaan ketika ingin mengulang materinya. Intinya beliau membagikan beberapa pengalaman risetnya dalam bidang learning science and science of learning.

Workshop series untuk pendidik
40 cara baru mengajar dan belajar
Best practice program belajar science menggunakan mobile learning
Science of learning in education centre
Sesi foto bersama di akhir acara

Demikian semoga bermanfaat

Hsinchu, 28 November 2021
Sore hari yang mendung (15.35-16.00) sebelum bermain basket