Kuliah Mandarin Basic 1 Fall 2021

  1. Tuesday, 14 Sept 2021 (W1)
    Postingan kali ini akan berisi tentang pengalaman saya mengikuti perkuliahan Mandarin Basic 1 pada fall semester 2021. Pengampu mat kuliah ini adalah Teacher Tai Su Zen, dosen yang sama dengan waktu saya kuliah Mandarin Basic Conversation 1 dan 2. Di kelas ini banyak diikuti oleh teman-teman mahasiswa dari India. Konon dosen ini paling baik dan tidak terlalu banyak menekan mahasiswa dengan tugas-tugasnya. Tapi saya tidak tahu pasti, kita lihat saja nanti bagaimana praktiknya.

Perkuliahan pertama dosen menjelaskan tentang aturan perkuliahan, aspek yang diukur dalam perkuliahan dan bobot penilaian pada masing-masing aspek. Selain itu beliau menjelaskan karakteristik dasar tentang bahasa mandarin. Intinya setiap kata dalam bahasa Mandarin berasal dari makna benda sehingga terkesan sangat filosofis. Namun dengan begitu sulit untuk kita membuat formula. Artinya mau tidak mau kita harus menghafal sebanyak mungkin kata yang diperlukan. Selain itu untuk pengucapan katapun sama. Ada aturan khusus yang tidak bisa menggunakan formulasi sebagaimana dalam bahasa yang menggunakan huruf latin.

2. Thursday, 16 September 2021 (W1)

Hari ini kuliah pekan pertama pertemuan kedua, kegiatan masih dilakukan secara online. Hari ini teacher Tai menjelaskan beberapa kata baru, lebih tepatnya mengajarkan kami tentang tone dalam bahasa mandarin, secara umum ada 4 tone yang utama yang biasa ditemukan. Selain tone, teacher Tai juga mengajarkan konsonan dalam bentuk finyin yang digunakan untuk memudahkan pemula belajar mandarin. Pada akhir perkuliahan Teacher Tai mengenalkan salah satu lagi mandarin yang sangat terkenal. Namun saya lupa lagi judulnya waktu menulis ini.

3. Thursday, 23 September 2021

Hari ini memasuki perkuliahan pekan kedua pertemuan ke 3, seharusnya pertemuan keempat, namun hari Selasa kemarin kami tidak ada kelas karena libur moon festival. Hari ini kami mulai bertemu secara tatap muka dikelas. Jumlah siswa yang mengikuti mata kuliah ini cukup banyak, di siakad tercatat sebanyak 27 orang. Dan hari ini hampir seluruhnya hadir dengan menerapkan protokol kesehatan. Hari ini teacher Tai memperkenalkan beberapa kata baru yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti ni hao, ni hao ma, kemudian hui, bu hui, shi bu shi, xi huan, bu xihuan, wo, ni, women, ta, tamen, penggunaan kata kepemilikan (de), beberapa negara seperti Taiwan, China, Jepang, Korea, India, Amerika, dan Indonesia juga Vietname. Kata-kata tersebut disesuaikan dengan asal negara mahasiswa yang banyak kuliah di Taiwan. kami diminta saling bertanya asal dengan teman duduk.

4. Thursday, 30 September 2021

Hari ini memasuki pekan ke 3 pertemuan ke 4, seharusnya pertemuan ke 6, namun Selasa kemarin kami tidak ada kelas karena bersamaan dengan hari peringatan guru di Taiwan. Hari ini kami mengulang materi minggu lalu dan menambahkan beberapa kata baru yang banyak digunakan. Seperti kata chang ge, cho yuan, jiu, yao, hen jiu, cha, kafe, qing wen, dui buqi xie xie, bu ke qi, mei yao, zhu zai, zhe me yang, tian qi, xhe zi, in wei, wei shen me, jia, fang qi, kuai, re, la, tang, ding, ting, shau, da, xiao, duo, yosan, hao che, hao he, hao ting, hao yong, dan lain-lain. Kami juga diberikan PR untuk dikerjakan dirumah berupa perintah menerjemahkan beberapa kalimat dari bahasa inggris ke bahasa mandarin. sampai pertemuan ketiga teacher Tai belum banyak masuk ke penggunaan buku utama yang disarankan, padahal saya dan teman saya dari Indo sudah membeli buku kemarin. Harganya lumayan ada peningkatan dari tahun sebelumnya, sekarang 730 setelah di diskon dari 900.

5. Tuesday, 05 October 2021

Hari ini memasuki pekan ke empat pertemuan kelima. Kuliah hari ini dimulai dengan mengecek hasil jawaban pekerjaan rumah minggu kemarin. Setiap soal dicek bersama dan dilatih cara pengucapannya. Setelah itu beliau memberikan satu materi tambahan tentang aktivitas kesukaan sehari-hari seperti chang ge, rencang, olahraga, dansa, membaca, menonton, memasak, chating, dan lain-lain. Kemudian kami diminta mencari partner untuk mempraktikkan komunikasi tentang aktivitas tersebut. Setelah itu beliau memberikan kertas tambahan untuk berkenalan. Lalu pada bagian akhir kami diberi materi tentang angka 1-10. Kemudian kami melakukan game tebak angka dalam bahasa mandarin.

6. Thursday, 07 October 2021

Hari ini masih dipekan ke empat pertemuan ke 6. Materi hari ini dimulai dengan teacher membaca satu kalimat dalam bahasa Mandarin kemudian kita diminta menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Setelah itu diberikan materi baru tentang angka yang lebih besar dari 11 sampai ribuan. Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penyebutan angka. Untuk Angka 10 maka cukup disebut shi, sedangkan untuk angka 110, maka harus harus disebut yi bai yi shi, begitupu jika 1010, maka penyebutannya menjadi yi qian ling yi shi. Sedangkan untuk 20 penyebutanya er shi, sedangkan untuk 200 disebut liang bai. Dalam bahasa mandarin 100 adalah angkat standar terkecil, maka setelah ratusan maka er berubah menjadi liang. Misalnya 3220, maka menjadi san qian liang bai er shi. Selain materi tentang angka, kami juga hari ini diberikan tugas untuk mengumpulkan minimal 9 nama teman dengan nomor telfonnya. Kami harus mengajukan tiga pertanyaan meliputi asal negara, nama, dan nomor telfon. Pertanyaan pertama, qin wen, ni de naguo ren?, kedua qin wen, ni jiao shenme mingzi?, ketiga qin wen, ni de dian hua jiao?. Pada sesi akhir kami diminta simulasi menyebutkan harga barang-barang menggunakan bahasa mandarin. Materi hari ini bagi saya seperti mengulang materi pada basic conversation 1 dan 2, karena ada yang diulang, tapi bagus juga agar saya bisa lebih paham.

7. Tuesday, 12 October 2021

Kuliah hari ini masih melanjutkan materi tentang angka-angka dalam jumlah yang besar. Kami diminta berpasangan untuk melakukan simulasi tanya jawab menggunakan bahasa mandarin. Dimulai dari bertanya nama, asal negara, gambar apa, harga berapa, murah atau tidak, bagaimana dengan harga di negara asal, suka atau tidak, apa yang disukai, mengapa dan lain-lain. Hari ini saya berparthner dengan Huang dari Vietnam. Selain belajar angka, teacher juga mengajarkan tentang satuan ukuran penyebutan dalam bahasa mandarin. Meliputi penggunaan kata Ge, Qun, Zhi, Zhi, Zhang, Tiai, Bei, wan, Liang, ben dan lain-lain. Masing-masing ada peruntukannya. Pertemuan berikutnya kami mulai membahas buku paket pada chapter satu tentang vocabolary.

8. Thursday, 14 October 2021

Kuliah hari ini dimulai dengan pengulangan materi tentang cara penyebutan ukuran benda, misalnya satu laptop, dua buku, 3 baju, 4 rumah, dan lain-lain. setelah itu beliau mulai memperkenalkan materi karakter yang diambil dari buku. Hari ini kami belajar beberapa karakter seperti wo, ni, ta, men, bu, shi, lai, ma, xiao, jie, jie, xian, sheng, tai, wan, xing, hao dan jiao. Kami diberi bahan ajar dan kotak kosong untuk berlatih menulis karakternya. Cukup menyenangkan, dan di akhir sesi kuliah kami diberi kertas kecil untuk menuliskan minimal 16 kata yang baru saja kami pelajari, yang duluan selesai dapat pulang duluan. Alhamdulillah saya dapat selesai pertama. Dan menurut Teacher tulisan karakter saya hen hao.

9. Tuesday, 19 October 2021

Kuliah hari ini dimulai dengan penyebutan jumlah benda, dirangkai dalam satu kalimat, misalnya saya mau dua gelas kopi, namun saya minta tiga kelas kosong. Contoh lain, saya punya dua potong pizza, salah satunya untuk kamu. Setelah itu kami berlatih beberapa karakter baru sebanyak 15 karakter. Setelah itu kami diminta menulis dalam dua kotak yang seperti minggu lalu. Setelah itu kami diminta mencari sambungan kata yang memiliki arti. Di tengah pembahasan saya bertanya tentang perbedaan tulisan karakter China dalam format horisontal dan vertikal. Lao shi menjawab bahwa untuk zaman dulu lebih banyak menggunakan tulisan vertikal, namun saat ini lebih dari 90% menggunakan tulisan horisontal sebagaimana tulisan gaya orang barat. Di bagian akhir perkuliahan kami diberikan materi baru tentang penyebutan waktu, misalnya penyebutan jam 6.30 = liu dian sanshi fen atau liu dian sansen ban. Penyebutan PM=xiau wu, atau AM=Shang wu. Dan penyebutan kata waktu lainnya.

10. Thursday, 21 October 2021

Kuliah hari ini mulai lebih banyak mikir karena dosen mengenalkan beberapa kata baru dalam bentuk karakter mandarin. Selain itu kami juga diberikan PR untuk mengerjakan beberapa bagian pada chapter 1 dan harus dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Untuk dapat memahami setiap bentuk karakter yang diajarkan kami sebaiknya mengerti filosofinya, jika kami hanya menggunakan kemampuan daya ingat, rasanya sulit ingat dan mudah lupa. karena karakternya tidak seperti pola huruf roman, maka mengingat bentuk dari filosofi adalah jalan terbaik, namun hal itu juga tidak mudah, butuh proses pengulangan dari dosen. Beberapa karakteri baru yang kami pelajaran hari ini antara lain de, dan, ne, he, cha, zuo, she, me, na, guo, ren, ka, fei, ri, ben, mei, dui, qi. Dari beberapa karakter tersebut kita dapat merangkai karakteri baru yang mengandung arti, misalnya karakter Ka dan Fei digabung menjadi Kafei yang artinya kopi. Karakter Ri dan Ben digabung menjadi Riben yang artinya Jepang. Karakter he dan cha digabung menjadi he cha yang artinya minum teh. Karakter Mei dan Guo digabung menjadi Meiguo yang artinya US. Dan gabungan karakter lainnya.

11. Tuesday, 26 October 2021

Kuliah hari ini semakin menantang, kami memulai dengan membahas jawaban dari PR yang diberikan minggu lalu. Kemudian setelah itu teacher memberikan soal tambahan yang dikumpulkan hari itu juga. Hari ini lebih banyak latihan membaca karakter. Bahkan beberapa kali kami ditanya dan diminta menuliskannya di depan. Setelah itu kami diberikan bahan kuliah baru untuk chapter 2. Berupa beberapa kata baru yang harus kami kuasai dan kami pahami cara penulisan, cara pengucapan dan artinya. Minggu depan kami diminta untuk menghapal dan menuliskan semua katanya pada kolom yang telah disediakan. Beberapa kata pada chapter dua lebih banyak berupa prasa yang terdiri dari dua gabungan seperti hen cha, Fang jia, dan sebagainya. Hari ini juga teacher menggunakan media audio untuk melatih kemampuan pendengaran kami untuk membedakan tone setiap kata yang kami pelajari sebagaimana pada soal dibuku kerja yang diberikan kepada kami.

12. Thursday, 28 October 2021

Hari ini tiba-tiba teacher memberikan kuis dan diberikan bobot penilaian, walaupun tidak besar tapi sepertinya diperhitungkan dalam penentuan nilai akhir. Rugi jika tidak hadir. Soal kuisnya seputar minggu lalu, yakni merangkai kalimat, mencari jawaban dari kalimat rumpang sama menjawab pertanyaan menggunakan karakter mandarin. Lumayan butuh upaya untungnya kami diperbolehkan membuka buku catatan untuk kata-kata yang masih sulit kami hafalkan. Setelah kuis kami masuk ke materi baru, untuk membahas kata-kata yang ada pada chapter dua. Ada banyak kata baru yang harus kami pahami baik tulisannya, pinyinnya, cara pengucapan, dan makna serta filosofi dibalik penulisannya. Seperti biasa kami diberikan PR untuk menulis semua karakter yang tersisa dari karakter pada chapter 2. Sepertinya minggu depan akan ada lagi kuis, jadi sebaiknya memang segera kuasai semua karakter pada setiap materi yang telah diajarkan teacher.

13. Tuesday, 2 November 2021

Kuliah hari ini seperti biasa dimulai dengan menebak beberapa kata yang ditunjukkan oleh teacher. Setelah itu kami dibuat menjadi 4 kelompok. Kemudian masing-masing perwakilan diminta ke depan untuk mengambil kertas bertuliskan karakter mandarin sesuai dengan yang disebutkan oleh teacher. Apabila anggota kelompok menjawab benar, maka bergantian anggota lainnya yang mengambil. Cukup menarik dan membuat tidak bosan. Setelah itu kami diberi satu lembar teks menggunakan bahasa Mandarin, kami diminta menandai kata-kata yang tidak kami pahami. Jumlah katanya lumayan banyak karena berisi penjelasan tentang keluarga dan kesukaan. Setelah kami diberi tahu kata-kata dalam kertas tersebut. Kami membaca berulang kali. Selain itu teacher juga menulis dua percakapan pada chapter dua, kemudian kami diminta untuk membaca secara berulang kali, awalnya semua membaca, kemudian bergantian laki-laki dan perempuan, lalu dibagi menjadi 3 kelompok. Minggu depan sepertinya kami akan mendapatkan kuis, dan kami rencana akan melakukan midterm pada akhir November setelah selesai chapter 3.

14. Thursday, 4 November 2021

Hari ini model kuliahnya seperti pertemuan sebelumnya, 10 menit pertama dosen meminta kami menyebut kata-kata yang ditunjukkan dalam kertas yang sudah dipersiapkan. Kata-kata itu antara lain Kan Shu (membaca buku), Zhao Pian (photo), Zhao xiang (memotret), piao liang (cantik), hao kan (good looking), qing jin (come in), Qing zuo (please sit), na gue ren (orang mana), he cha (minum teh), he kafe (minum kopi), dan lain-lain. Agenda berikutnya adalah melakukan conversation pada percakapan di chapter 2 halaman 34 dan 37. Kemudian kami mengerjakan beberapa soal yang terdedia di bab 2. Kami juga belajar tentang mola you mei you, A bu A, penggunaan de, dan lain-lain. Pada sesi akhir kami melakukan wawancara dan mencatat jawaban dari teman kami, setelah itu kami diberikan PR untuk dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang. PR berisi soal-soal dari chapter 2.

15. Tuesday, 9 November 2021

Hari ini kami kuliah materi di luar yang terdapat pada buku, kami belajar berkomunikasi menggunakan bahasa mandarin untuk menyampaikan kesukaan atau hobi. Pertama kami berdiskusi dengan teman kelas, kedua ditanya satu-satu oleh dosen. Beberapa pertanyaan seperti Ni hui yo yong ma? atau ni xihuan yo yong ma? ni yo yong bu zenmeyang?. Setelah itu kami belajar tentang waktu, seperti sekarang, baru saja, kemudian, hari ini, besok, kemarin, minggu ini, minggu depan, minggu lalu, bulan ini, bulan lalu, bulan depan, tahun ini, tahun lalu, dan tahun depan. Materi ini sangat berguna untuk membantu komunikasi. Selain itu pada semua materi juga selalu muncul materi tentang waktu.

16. Thursday, 11 November 2021

Hari ini dosen kembali mengulang materi tentang waktu, seperti tahun (nian), bulan (yue), minggu (zinqi), hari (tian), jam (xiao shi), menit (fengzhong), dan keterangan waktu lainnya, seperti setiap tahun (mei nian), setiap bulan (mei yue), setiap minggu (mei xinqi), setiap hari (mei tian), setiap jam (mei xiao shi), setiap menit (mei fenzhong), setiap detik (mei miao). Setelah itu kami diberi satu lembar text bahasa mandarin yang berhubungan dengan aktivitas yang berhubungan dengan waktu. kemudian kami diminta untuk mewawancarai minimal 2 teman kelas dan menuliskan jawabannya.

17. Tuesday, 16 November 2021

Hari ini kami kembali melanjutkan materi sebelumnya, dosen memulai dengan menunjukkan kata-kata mandarin kemudian kami menyebut dan menjelaskan artinya. Selanjutnya dosen memberikan materi pada chapter 3 dnegan menyediakan beberapa kata baru yang harus kami latih cara penulisannya.

18. Thursday, 18 November 2021

Kuliah hari ini seperti pekan sebelumnya. Kami mendalami kata-kata baru pada chapter 3. Kemudian kami diminta untuk saling bertanya dengan teman terdekat. Selanjutnya dosen memberikan kami quiz yang harus dikerjakan.

19. Tuesday, 23 November 2021

Hari ini kami praktik mengulang materi karakter pada bab 3. Dosen seperti biasa menyediakan kertas berisi tulisan mandarin dan meminta kami untuk menyebutkannya beserta artinya. Setelah itu kami dibuat menjadi 6 kelompok untuk kembali menyebutkan dan membuat kalimat menggunakan kata-kata yang disediakan oleh dosen. Beberapa kata yang disediakan tentang jenis-jenis olah raga seperti da wang qiu (tenis), da bang qiu (baseball), da lang qiu (basket), da pei qiu (volley), da ti zu qiu (footbal), you young (swimming), zhuo mo (week end), kan dian ying (watching movie), yin yue (music), ting yin yue (listen music), dan lain-lain. Kabar terbaru mid-term akan diundur ke awal Desember setelah selesai semua materi pada chapter 4.

20. Thursday, 25 November 2021

Kuliah hari ini sepertinya paling seru dari biasanya. Di bagian awal dosen seperti biasa menunjukkan beberapa karakter dan meminta kami untuk menyebutkan katanya dan membuat kalimat. Selanjutnya kami dibuat menjadi 6 kelompok untuk menebak kata-kata yang berhubungan dengan simbol yang beliau tuliskan. Misalnya simbol perempuan, simbol kotak, simbol petik 4 di bawah. Kami berlomba-lomba untuk menyebutkan kata yang berhubungan. Proses ini cukup menarik karena tanpa sadar kami juga jadi merekognisi setiap kata baru yang kami baca. Selanjutnya kami diberikan soal latihan untuk chapter 2 dan chapter 3. Ini juga bagus untuk melatih kami merekognisi semua karakter. Alhamdulilah dapat memahami hampir 90 % karakter pada soal kuis. Pada bagian akhir kami mengerjakan soal audio pada chapter 3. Kemudian kami mengakhiri kuliah hari ini dengan mengenali beberapa kata baru pada chapter 4. Sepertinya 3 pertemuan berikutnya kami akan menghadapi mid term. Semoga semua berjalan lancar.

21. Tuesday, 30 November 2021

Kuliah hari ini seperti biasa dimulai dengan menyebutkan beberapa karakter yang diperlihatkan oleh dosen. Kemudian kami diberikan satu lembar berisi 19 pertanyaan yang diperintahkan kepada kami untuk digunakan sebagai bahan tanya jawab dengan teman kelas. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain, Qing wen, Ni Shang Sue me? Jiao sen me ming ji? Qing wen, Ni xi huan he cah hai shi he kafe?. Ni de jia ren dou xxi huan yun dong ma?, qing wen, ni hui sen me yun dong? dan lain-lain. Setelah itu kami diminta mengerjakan soal homework pada chapter 3. Beberapa teman belum mengerjakan. Kami diminta mengisi jawabannya di papan tulis. Setelah itu kami belajar beberapa kata baru pada chapter 4. Hari ini semua kata dijelaskan oleh dosen. Seperti kata shou ji, wei dai, bao zi, ka fe, da bai, xiao bai, chong bai, dan lain-lain.

22. Thursday, 02 December 2021

Kuliah hari ini sama seperti pekan sebelumnya, kami belajar merekognisi kata-kata dalam karakter mandarin khususnya dari chapter 4 namun sudah digabungkan. Seperti Dou Shou Qian, yi gong, laoban, mai mai, yi bei, re caffe, da cong xiao, bao ji, bang wo v, wei bo, yi bai kuai, hao de, mai dai, ne yong, yi zi, shou ji, tai jiu le, che zhong, bu neng, shang wang, na na, hen kui, pian yi, bai, qian, wan, wei shen me, yin wei. Setelah itu kami berpasangan untuk membuat struktur kalimat yang lebih komplek. Kemudian simulai tentang memesan pesanan.

23. Tuesday, 07 December 2021

Kuliah hari ini seperti biasa dosen meminta kami untuk menyebutkan kata-kata karakter mandarin, kemudian kami berkelompok membuat kalimat menggunakan kalimat mandarin. Setelah itu kami masih berkelompok untuk mempraktikkan kegiatan jual beli menggunakan bahasa Mandarin. Hari ini dosen memberi tahu kisi-kisi soal untuk UTS. Katanya ada 5 bagian soal yang akan keluar di UTS minggu depan. Pertama vocabullary, kedua reading short passage seperti tentang keluarga, kakak, adik, ayah, ibu, kesukaannya misalnya minum coffe, minum teh, dan seterusnya. Ketiga fill in the blank menggunakan measure word seperti jian, tai, ben, ge, kuai, wan, liang, bei, zhi, zhang. Pokoknya semua measure word harus dihapal bentuk karakterinya. Keempat rearrange kata menjadi kalimat yang benar. Kelima menjawab pertanyaan singkat, seperti mamah suka tea, bapak suka kopi, apakah semua dari mereka suka kopi?, kemudian ajakan untuk makan malam bersama, aktivitas di akhir pekan, olahraga yang disukai dan sejenisnya.. Intinya semua materi diambil dari chapter 1-4 yang sudah diajarkan.

24. Thursday, 09 December 2021

Kuliah hari ini seperti biasanya dimulai dengan menunjukkan beberapa karakter mandarin dari chapter 4. Selanjutnya kami diminta berkelompok untuk merekognisi setiap karakter lalu membuat kalimat dari karakter tersebut. Selanjutnya kami menulis jawaban soal homework chapter 4 ke papan tulis kemudian memeriksa hasilnya. Agenda berikutnya kami diminta untuk mengisi beberapa soal untuk mengukur kemampuan kami berkaitan dengan materi yang telah kami pelajari. Sejenis quiz kemudian kami periksa hasilnya. Alhamdulillah dari semua soal yang diberikan kali ini jawabannya benar semua. Berikutnya dosen memberikan beberapa kata kunci yang kemungkinan akan keluar pada soal UTS nanti seperti kata hitung ukuran satuan seperti Ge, Jian, zhi, Liang, Tai, Kuai, Ben, Bai, wan, shang, dan lain-lain sesuai peruntukannya. Di sesi akhir kami diberikan materi baru pada chapter 5, hari ini dosen mengenalkan beberapa makna simbolik dari kata-kata yang akan kami pelajari. Semoga mid term pekan depan berjalan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik, amin.

25. Tuesday, 14 December 2021 Mid Term

Hari ini sesuai rencana kami melaksanakan mid term, memang sangat telat dari jadwal yang seharusnya, karena biasanya jadwal mid term dilakukan pada pekan ke 9 atau 10, namun karena kami harus menyelesaikan minimal 4 chapter, akhirnya dosen menunda materi kami dan baru dapat kami laksanakan hari ini. Secara umum soal mid term seperti yang telah dijelaskan dosen sebelumnya. Terdiri dari 5 bagian, antara lain mengisi kalimat yang rumpang, kemudian paragraf singkat, penggunaan kata ukuran, menyusun struktur kalimat dan menjawab soal esai. Total soal kurang lebih 25 soal. Masing-masing soal terdapat persentase bobotnya, yang paling tinggi bobot soal bagian akhir karena kami harus menjawab pertanyaan menggunakan jawaban bahasa mandarin. Secara umum saya dapat mengisi semua soal, walaupun ada beberapa soal yang kurang yakin dengan jawabannya. Tapi setidaknya saya bisa mengerti sekitar 90% karakter pada soal yang diberikan, semoga hasilnya memuaskan. Pertemuan berikutnya kami lanjutkan materi pada chapter 5.

26. Thursday, 16 December 2021

Kuliah hari ini berupa penjelasan setiap kata pada chapter 5, ada banyak kata baru yang harus kami hafalkan. Antara lain Zui, You, Ming, Niu, Ro, Mian, Zhi, Dao, Zuo, Tian, Pa, La, Chi, Xiao, Long, Bao, Zhe, Me, Hen, Hui, Jiao, Wo, Zhen, Hao, Bu, Zuo, Shao, Chou, Dou, Fu, Dian, Cai, Ke, Shi, Zi, Ji, Zuo, Fan, Yi, Tang, Ding, Can, Tai, Le, Yi, Suan, Tian, Ku, Ting, Suo, dao. Selain itu kami juga diberikan bahan untuk bacaan dari kata-kata pada chapter 5. Hari ini saya bertanya tentang hasil mid term mandarin, namun karena waktunya tidak memungkinkan, maka beliau akan menginformasikan hasilnya pada pertemuan berikutnya. Semoga hasilnya memuaskan.

27. Tuesday, 21 December 2021

Kuliah hari ini kami melanjutkan membahas materi pada chapter 5. Kami agak kejar tayang karena masih banyak materi yang belum diajarkan sedangkan perkuliahan tinggal 4 pekan lagi termasuk UAS tepatnya 7 pertemuan untuk pembelajaran. Hari ini dosen memberikan beberapa kata yang harus kami pelajari dari chapter 5 sebagaimana kata-kata yang dituliskan pada pertemuan sebelumnya. Selain itu kami diberikan satu lembar kertas bahan belajar yang berisi materi pada chapter 5 dan kami diminta untuk mengerjakannya dirumah. Hari ini diakhir sesi kami bertanya lagi mengenai hasil mid term, alhamdulillah walaupun tidak mencapai skor 100, saya dapat skor 93. Lumayan masih masuk grade A+ dan semoga nanti skor final examnya juga masih masuk grade A+ walaupun jujur saja, terkadang materi yang sudah dipelajari lebih cepat untuk lupa. Hari ini juga dosen memberikan tugas PR dari Bab 5 yang harus dikerjakan dirumah dan dibahas pada pertemuan berikutnya.

27. Thursday, 23 December 2021

Kuliah hari ini dimulai dengan pengecekan PR yang diberikan, kemudian kami diminta masing-masing ke depan untuk mengerjakan soal yang diperintahkan dosen. Sebelumnya kami diminta untuk berkomunikasi mengenai harga barang menggunakan soal dan petunjuk pada workbook. Saya sudah mengerjakan PR sebagian, walaupun masih ada beberapa yang belum keburu saya kerjakan karena minggu ini banyak sekali tugas dari mata kuliah yang lain. Setelah sesi pengerjaan PR. Dosen melanjutkan materi pada chapter 6. Chapter 6 ini materinya berkaitan dengan petunjuk arah untuk menunjukkan lokasi suati tempat. Ada beberapa kata baru yang harus kami hafalkan cara penulisan karakternya. Sebenarnya saya pernah belajar ini menggunakan oral waktu semester 2 namun sebagian sudah lupa lagi karena tidak belajar karakternya. Beberapa kata baru yang harus kami hafalkan meliputi. tu shu guan (perpustakaan), you young chi (kolam renang), xiao xue (sekolah), shan shang (pegunungan), na li (dimana), feng jing (pemandangan), yuan (jauh), piao liang (indah), mei (indah), zhao (to meet, see), peng you (teman), hai (laut), qian mian (depan), hou mian (belakang), zhe ge (ini), fu jin (dekat), shou ting (terdengarnya), dong xi (things), Shang dian (store), Chi fan (dapur), pang bian (setelah itu), jiao shi (kelas).

28. Tuesday, 28 December 2021

Kuliah hari ini seperti biasa kami diminta untuk mengulang ingatan kami terhadap karakter pada Ch 5. Kemudian kami lanjutkan pembahasan masing-masing karakter pada Ch 6 sebagaimana yang diPRkan dosen minggu lalu. Hari ini kami juga belajar tentang arah mata angin, dan arah posisi. Untuk Arah mata angin sebelah timur (dong), Utara (Bei), Tengah (Chong), selatan (nan), dan Barat (Xi). cara penulisan utara timur dalam bahasa Mandarin menjadikan garis horisontal sebagai sentral, utara timur maka penyebutannya Dong Bei, timur selasa (Dong nan), Barat Selatan (Xi Nan), barat utara (Xi Bei). Untuk memudahkan mengingat arah, maka bisa menggunakan kata tempat di Taiwan (Taipei=Taiwan Utara), Taichong (Taiwan Tengah), Tainan (Taiwan Selatan), Taidong (Taiwan timur). Dong Xi artinya segala sesuatu yang tidak bernyata.

29. Thursday, 30 December 2021

Kuliah mandarin hari ini dosen langsung ngebut menjelaskan karakter pada Chapter 7. Hal ini karena ketentuannya untuk basic 1 harus sampai pada CH7. Sedangkan waktu yang tersisa tinggal 3 pertemuan kuliah dan satu pertemuan akhir untuk UAS. Beberapa kata pada CH 7 antara lain: liang dian (two o’clock), chang ge (singing), Fenzhong (minutes), Zai Jian (See you), Jian mian (meet), Zhong wu (noon time), wucan (lunch), can (meals), Yinhang (bank), She me shi hao (when), haotian (after tomorrow), Xiaci (next time), mei wenti (no problem), dui le (by the way), you kong (free time), yisi (interesting), gang cai (now), bisai (competition), jieshu (to finish), zui jin (recently), mang (busy), bu mang (free), shufa (calligraphy), kaishi (to start), xie zi (to write character), keyi (may), mei (every), cong (from), dei (must), ke (class). Setelah kami mengulang untuk merekognisi, kemudian kami diberikan satu lembar kertas yang berisi rangkuman kata-kata pada CH 5- Ch7 untuk bahan kami menghadapi UAS.

30. Tuesday, 04 Januari 2022

Hari ini memasuki pertemuan pertama pada pekan ke 17 atau pertemuan ke 30 dari total 33 pertemuan yang akan dilewati sampai UAS pekan depan. Di awal pertemuan dosen memberikan soal berisi 30 soal kuis untuk bahan soal UAS. katanya dari 30 soal tersebut akan muncul sekitar 10 soal di UAS nanti. Kami diminta mengerjakan satu-satu ke papan tulis kemudian dicek jawabannya sama dosen dan dibahas bersama. Dosen juga menjelaskan bahwa pada soal UAS nanti akan ada lima bentuk soal antara lain rearrange kalimat dari kata-kata yang muncul pada soal agar jawabannya benar secara arti dan tata bahasa, kedua fill in the blank yakni mengisikan jawaban pada paragraf yang rumpang, ketiga jenis soal grammar word, kemudian create dialog yakni jenis yang berisi soal tanya jawab, kemudian pertanyaan tentang aktivitas harian, apa yang akan dilakukan oleh seorang subjek pada hari tertentu sesuai pertanyaan, kemudian jenis soal right or wrong, yakni soal yang meminta kita untuk menandai jika soal itu benar atau salah. Hari ini dosen memberikan dua jenis soal yakni rearrange dan soal yang dijadikan homework. Nanti hari kamis pekan ini akan diberikan soal tambahan untuk dipelajari, dan mungkin Selasa pertemuan yang akan datang kami akan diminta mengerjakan bentuk soal lainnya. Selain itu hari ini juga kami diminta mengingat kata-kata yang kami pelajari pada Chapter 7 seputar informasi nama tempat, bangunan, dan informasi waktu. Semakin mendekati pekan UAS rasanya semakin menantang apalagi banyak tugas dari mata kuliah lain yang harus segera diselesaikan pada dua pekan ini, semoga diberikan kekuatan dan kelancaran, amin.

31. Thursday, 06 Januari 2022

Hari ini saya tidak masuk kelas karena ada undangan dari teman kelas yang juga merupakan direktur dari Hsinchu Government. Awalnya saya akan tetap masuk kelas, namun tidak enak karena yang mengundang juga orang penting. Akhirnya saya minta ijin ke dosen mandarin untuk absen dan beliau mengijinkannya.

32. Tuesday, 11 Januari 2022

Hari ini pertemuan kelas terakhir sebelum final exam hari kamis lusa. Suasana hari ini sedikit berbeda karena dosen membawakan kami banyak xiao chi atau cemilan, beliau menyebutnya ling chi, karena lebih ringan dari makanan ringan. Saya tidak terlalu paham maksudnya. Agenda selanjutnya adalah mengerjakan soal kuis untuk bahan final exam. Ada 30 pertanyaan, kemudian kami diminta mengidentifikasi mana yang benar dan mana yang salah. Indikatornya dari penempatan kata tanya seperti, ma, ne, A bu A, atau penggunaan kata ukuran benda, dan juga mengenai keterangan waktu, penyebutan uang, dan lain-lain. Lumayan complicated dan perlu banyak berlatih. Terlebih beberapa karakter yang muncul juga banyak yang masih asing. Setelah itu kami periksa bersama setiap soalnya. Lalu kami lanjutkan membahas kuis yang lain berupa pertanyaan dan jawaban agak panjang. Soalnya lumayan sulit dan harus dijawab menggunakan bahasa mandarin. Pada sesi akhir saya bertanya mengenai asal soal, rupanya dari mulai chapter 1 sampai chapter 7, berjumlah 50 soal. Masing-masing kuis diambil sebanyak 10 soal. Perlu belajar dan persiapan sangat matang untuk mengulang-ngulang untuk membaca karakter dalam bahasa mandarin khususnya pada chapter 5-7 yang saya rasa semakin kompleks dan harus banyak waktu untuk belajar. Selebihnya tinggal berusaha dan berdoa semoga bisa menjawab setiap soal dengan benar.

33. Thursday, 13 Januari 2022

Finally, kami sampai diujung jalan. Jalan panjang perkuliahan yang paling terasa sulit. Sulit karena belajar hal yang benar-benar baru. Selain itu metode yang kami gunakan cenderung konvensional, hanya dengan memperbanyak mengingat dan mengenali setiap karakter. Karakter yang banyak kesamaan namun berbeda artinya. Tapi apapun ceritanya hari ini kami sampai diakhir pertemuan. Final exam. saya tidak tahu bakal skor yang saya peroleh nanti. Tapi rasanya banyak jawaban yang saya tidak yakin 100%. Namun, dibalik semua ketegangan waktu mengerjakan soal, akhirnya kami bahagia. Karena telah melewati semua jalan panjang perjuangan 32 pertemuan. InsyaAllah banyak kata baru yang kami peroleh, banyak istilah-istilah sehari-hari yang kami pahami, dan semoga bisa lebih siap untuk menghadapi lanjutan dari perjalanan ini di semester depan. Saya masih harus mengambil satu mata kuliah mandarin basic 2 sebagai syarat wajib dari kampus sebelum lulus. Artinya apapun tantangannya kami harus hadapi. Semester depan belajar dengan dosen yang baru, semoga lebih efektif, semoga, karena hanya mengambil dua mata kuliah, mudah-mudah waktu untuk belajar bisa lebih banyak. Berbeda dengan semester ini karena harus membagi fokus dengan mata kuliah lain yang lebih utama.

Di penghujung tulisan ini, saya berterima kasih kepada diri sendiri karena telah mau bersusah payah, telah mau berjuang, telah mau mengarungi samudra dunia yang baru. Juga untuk dosen terima kasih atas dedikasi dan ilmunya. Teman-teman kelas semoga tetap semangat dan sukses studinya. Semoga ilmunya melekat erat, sulit mengingat namun panjang diingat. Tetap bahagia dan terus semangat. Alhamdulillah nilainya dapat A+. Harus lebih semangat belajar untuk semester depan Mandarin Basic 2.

Hsinchu, 13 Januari 2022, 23.57.