Pengalaman Vaksin Covid-19 di Taiwan

Setelah menunggu lama akhirnya mendapatkan kesempatan untuk divaksin. Saya mendaftar vaksin secara online melalui https://1922.gov.tw/vas/index.jsp pada tanggal 17 Juli 2021, baru memperoleh notifikasi untuk membooking jadwal dan memilih lokasi vaksin tanggal 30 Agustus 2021. Alhamdulillah saya dapat kesempatan jadwal kosong pada hari Rabu, 08 September 2021 jam 15.00-16.00 di Baoshan Health Center. Saya kira di rumah sakit besar ternyata lokasinya seperti puskesmas kalau di Indo. Karena lokasinya agak terpencil dan saya tidak tahu jalur angkutan umum ke lokasinya, akhirnya saya putuskan jalan kaki. Sepintas dilihat di Google Maps lokasinya tidak terlalu jauh. Ternyata setelah didatangi lumayan juga menghabiskan sekitar 54 menit dengan total jarak sekitar3 KM, Dengan demikian bolak balik 6 Km jalan kaki, lumayan nambah sehat. Dengan berbekal petunjuk dari Google Maps, akhirnya sampai ditempat tujuan.

Perjalanan dari dorm berangkat jam 14.12an, kemudian sampai di lokasi jam 15.06. Awalnya saya tidak mengira lokasi dilembah itu adalah tempatnya, karena berdasarkaninformasi di Maps masih sekitar 8 menitan jalan kaki. Tapi karena saya melihat ada antrian orang, lalu bertanya ke pekerja bengkel dengan kemampuan bahasa mandarin yang seadanya, alhamdulillah beliau mengiyakan, dan saya langsung ambil posisi di belekang orang yang mengantri. Untuk memastikan, saya bertanya lagi ke orang depan saya, dan ternyata benar, beliau rupanya paham jika saya orang asing terus berusaha berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Beliau menanyakan kartu NHI saya, dan tepat ketika saya dilokasi, masyaAllah hujan turun. Padahal waktu berangkat terik panas dan lupa tidak membawa payung.

Setelah mengantri, kita dicek suhu, kemudian dicocokan data kartu NHI kita dengan data yang tersedia disana, lalu saya diberikan form pertanyana yang berisi informasi kesehatan. Setelah diberi form, kita mengantri untuk pemeriksaan tekanan darah, lalu diminta menunggu panggilan, setelah sekitar 5 menit nama kita dipanggil dan divalidasi oleh dokter bahwa kita memenuhi syarat untuk divaksin. Setelah itu dipanggil lagi ke tempat vaksin. Perawat yang menyuntuknya bilang kalau akan sakit sedikit, terus saya bilang, saya sudah tahu karena pernah disuntik, beliau ketawa sambil bilang agar kita banyak minum air setelah di vaksin. Setelah divaksin kartu NHI kita ditempeli stiker bahwa sudah divaksin. Di sela-sela vaksin perawatnya tahu saya orang Indo, terus beliau memanggil panitia yang sebelumnya membagi-bagikan air minum, terus beliau nanya saya “apa kabar?’ saya jawab I am good, harusnya saya jawab kabar baik ya hahaha. Tapi orangnya asyik, terus kita diminta menunggu selama 15 menit untuk tidak langsung meninggalkan tempat. Sebagamana yang saya baca dari beberapa sumber informasi lain bahwa setelah vaksin biasanya diminta tidak langsung pergi takutnya ada tindakan lebih lanjut yang diperlukan jika kondisi kita tiba-tiba misalnya demam tinggi atau bahkan pisang di tempat.

Setelah kurang lebih 15 menit, saya pergi dari lokasi dan kembali mencari jalan pulang yang tidak sama peris dengan jalan waktu pergi karena saya lihat jika pakai jalan yang sama maka akan melewati tanjakan panjangan nan curam. Akhirnya Google Maps menyarankan jalan yang lain, dan alhamdulillah itu lebih dekat dan lebih nyaman jalannya. Adapun untuk jadwal vaksin tahap 2 saya masih menunggu kiriman notifikasi via sms untuk booking jadwal kembali di sistemnya. Demikian sharing pengalamannya, semoga bermanfaat.

Beberapa dokumentasi kegiatan bisa dilihat disini

Hsinchu, 8 Sept 2021

Vaksin Ke-2 AZ Di Taiwan

Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang pengalaman saya vaksin AZ di Taiwan. Vaksin pertama saya tanggal 8 Sept 2021, maka saya baru berhak mendapatkan vaksin ke 2 setelah 2 bulan lebih. Saya baru dapat notifikasi SMS untuk mendaftar vaksin ke dua tanggal 10 Nov 2021. Dan setelah memilih jadwal untuk vaksin waktu tercepatnya adalah tanggal 17 Nov 2021. Karena pengalaman vaksin pertama yang terlalu jauh. Maka vaksin ke dua saya memilih tempat terdekat dari kampus, kebetulan ada teman yang sudah vaksin di lokasi tersebut. Alhamdulillah dapat sekitar 100 meter dari pintu gerbang kampus. Awalnya saya mau memilih tanggal 19 Nov namun karena sudah penuh, akhirnya saya pilih hari Rabu jam 8-9. Alhamdulillah hari ini bertepatan dengan sport days dan tidak ada kuliah.

Waktu tiba ditempat vaksin saya kira seperti waktu vaksin tahap satu yang ada antrian, namun hari ini berbeda, alhamdulillah hari ini sepi, ada beberapa kursi untuk antrian tempat duduk namun tidak terpakai karena waktu ke sana hanya ada 2 yang datang, kemudian setelah saya ada dua orang lain. Prosesnya lebih cepat dari waktu vaksin pertama. Saya datang terus menunjukkan kartu NHI dan sertifikat vaksin tahap 1. Setelah itu mengisi formulir yang sama dengan formulir tahap 1. Setelah di isi kemudian dipanggil masuk ke ruang dokter. Dan setelah itu dokter memperlihatkan botol vaksin yang akan disuntikkan ke saya, kemudian tidak lama disuntikkan. Setelah itu saya menunggu sekitar 10 menit, dan setelah itu saya pulang. Semua proses sudah selesai. Setelah itu saya foto dokumennya kemudian saya upload ke https://vaksinln.dto.kemkes.go.id/sign/in agar tersinkronisasi dengan aplikasi peduli lindungi. Waktu mengisi ajuan tahap dua ternyata harus mengunggah foto tahap satu juga. Sekarang tinggal menunggu verifikasi. Semoga segera hijau di aplikasi peduli lindunginya agar lebih leluasa ketika sudah pulang ke Indonesia nanti khususnya ketika mau mengunjungi area publik.

Vaksin Ke-3 Moderna Di Taiwan

Setelah dibuka kesempatan untuk mendapatkan vaksin ketiga atau booster di Taiwan dan ramainya pemberitaan tentang pentingnya vaksin booster di Indonesia, maka saya kembali mendaftar untuk mendapatkan vaksin sebagaimana pada periode sebelumnya. Kali ini saya mencoba mendaftar moderna dan alhamdulillah dapat jadwal hari Senin, 7 Maret 2022. Setelah vaksin tidak ada dampak yang signifikan, hanya sedikit pusing dan sakit pada bagian bekas suntiknya. Beberapa pekan setelah vaksin saya berusaha untuk memvalidasi dan melaporkan sertifikatnya melalui website vaksinln.dto.kemkes.go.id dan alhamdulillah diverifikasi sehingga saat ini sudah terdaftar dan terekam pada aplikasi pedulilindungi.id saya. Pengalaman dan proses pengajuannya dapat dibaca pada tulisan terbaru di blog ini. Semoga bermanfaat.

Hsinchu, 29 Maret 2022