Profil Singkat @encesurahman

Pembaca yang budiman, ini postingan pertama saya di blognya UM. Pada postingan ini saya mau share profil singkat saya. Memang sangat singkat karena belum banyak perjalanan hidup yang istimewa yang bisa saya bagikan.

Saya Ence Surahman, menghabiskan masa kecilnya di salah satu kampung di pengunungan, tepatnya di Kp. Cikaramat Desa Mekarmulya Kec. Talegong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Lahir tanggal 05 Oktober 1989. Anak kedua dari 3 bersaudara ini memiliki golongan darah 0. Menyelesaikan Sekolah Dasar di SD Negeri Mekarmulya III. Kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 1 Talegong. Selanjutnya menamatkan sekolah di SMA Negeri 21 Garut. Jenjang sarjana S1 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Adapun jenjang S2 saya dari Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai lulusan tercepat seangkatan 2014. 

Pengalaman organisasinya diawali sebagai Ketua OSIS SMP (2003-2004), Tim Pendiri PMR SMP (2005), ketua OSIS SMA (2006-2007), Ketua Bidang Kaderisasi Kelompok Pecinta Alam (KAPA) SMA (2006-2007), anggota paskibra SMA (2006-2007), penyiar radio sekolah SMAN Satal (2006). Sewaktu menempuh studi jenjang sarjana, saya aktif di Himpunan Mahasiswa (Hima) Tekpend UPI diamanahi sebagai Kepala Bidang Agama (2009), kemudian di Tingkat UPI sebagai ketua Umum Program Tutorial PAI MKDU UPI tahun 2010-2011. Pada Jenjang magister di UNY, saya diamanahi sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa Pascasrajana (KMP) UNY 2015, lalu melebarkan sayapnya dengan menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ilmuwan dan TeknologIndonesia Klaster Mahasiswa (MITI KM)

Selain aktif berorganisasi juga semangat dalam bidang akademik dan penelitian. Tahun 2011 dinobatkan sebagai juara 1 mahasiswa berprestasi UPI. Kemudian tahun 2012 dinobatkan sebagai penerima award Indonesian Islamic Young Leader (IYIL) award dalam ajang Internasional Moslem Student Summit di ITB.  Rupanya kebiasaan juara sudah terasah sejak SD, di mana sejak SD hingga lulus SMA selalu juara 1 kecuali sewaktu di SD kelas 3 catur wulan 1 pernah juara 2.

Minat keilmuannya dalam bidang mobile learning, adaptive learning, online learning dan online assessment. Yang bersangkutan pernah mendapatkan projek hibah penelitian dari SEAMOLEC untuk  mengembangkan program Adaptive Mobile Learning pada mata pelajaran Biologi (A-MolBio). Motto hidup yang senantiasa mendorongnya untuk produktif adalah “Jangan biarkan waktu berlalu tanpa ilmu, amal dan karya, dan jangan biarkan syetan tertawa karena kelalaian kita”, menuntun kesadaran dirinya bahwa pemuda punya tanggung jawab besar dalam membangun bangsa tercinta ini. 

Setelah lulus S2, sempat mengajar di almamater S1 (UPI) selama 2 semester, dan menjadi konsultan kurikulum di BPSDM PUPR. Sejak juni 2017 sampai saat ini, saya tercatat sebagai dosen aktif di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM). Salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Di UM selain mengajar saya juga aktif menulis dan mengelola beberapa jurnal ilmiah. 

Pada 13 September 2020 memulai perjalanannya sebagai mahasiswa PhD di Department of International Intercollegiate Ph.D. Program with under supervised by Profesor dari Department of Education and Learning Technology, College of Education, National Tsing Hua University (NTHU) Taiwan. Salah satu perguruan terbaik kedua di Taiwan, dan ke 168 di dunia versi QS Ranking 2021. Biaya study dari beasiswa MOE Elite Scholarship selama 3 tahun. Alhamdulillah pada Senin, 17 Juli 2023 telah melaksanakan ujian disertasi dan dinyatakan lulus sebagai Doctor of Philosophy (PhD) dengan masa studi 2 tahun 10 bulan 4 hari, alhamdulillah, masyaAllah tabarokallah.

6 Replies to “Profil Singkat @encesurahman”

  1. Sangat menginspirasi. Langitkan karyamu namun tetap bumikanlah hatimu. Ganbatte

    1. Terima kasih, selamat Anda adalah komentator pertama blog saya, berhak mensspatkan doa semoga usianya berkah amin yra

Comments are closed.