Visiting Researcher Day 5 Dr. Ence in FES UPM: Closing Meeting and Visiting Future Classroom

Selangor, 27/9/2024. Rangkaian kegiatan visiting researcher Ence Surahman, Ph.D di Faculty of Educational Studies (FES) University Putra Malaysia (UPM) sudah memasuki hari ke-5 sejak keberangkatan. Pada hari kelima dilaksanakan agenda closing meeting untuk mendiskusikan progres pekerjaan penulisan draft proposal penelitian untuk sumber dana internasional dan penulisan draft artikel ilmiah. Kegiatan dilaksanakan pada Jum’at, 27 September 2024 jam 09.00-12.30 waktu setempat.

Agenda dimulai dengan rapat intensif Ence Surahman Ph.D dengan host visiting researcher Dr. Norlina Ghazali yang dilaksanakan di ruang rapat eksekutif FES UPM sebagaimana ruang meeting di pertemuan pertama Pada sesi ini dibahas substansi draft proposal yang telah disusun untuk disepakati kedua belah pihak. Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi progress penulisan paper tentang topik yang diangkat.

Agenda berikutnya adalah menghadiri kuliah dhua dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kebetulan dilaksanakan di FES UPM. Selepas acara, Dr. Ence berkesempatan untuk mengunjugi 2 lab komputer yang cukup modern dan satu experiental classroom yang dimiliki oleh FES UPM. Lab pertama yang dikunjungi yakni Putra Future Classroom yang dirancang untuk pelaksanaan kelas daring dengan dukungan teknologi yang cukup modern. Kemudian lab kedua Seewo Smart Classrom yang merupakan lab yang dibangun atas kerjasama antara UPM dengan Southern University of Science and Technology, International Centre for Higher Education Innovation under the auspices of UNESCO dan disponsori oleh Guangzhou Shirui Electronic Technology Co., Ltd. Sedangkan ruang experiental learning merupakan ruang belajar modern yang mengedepankan kenyamanan dan modernasi belajar.

Dari beberapa agenda yang dilakukan, Dr. Ence memperoleh beberapa insight baik terkait dengan proyek riset maupun berkaitan dengan wawasan pengelolaan sumber dan lingkungan belajar yang menarik untuk dirancang jika dikemudian hari UM akan mengembangkan beberapa ruang belajar dengan dukungan teknologi yang modern. Hal ini sejalan dengan target agenda SDGs No 4 tentang pendidikan berkualitas untuk pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dalam rangka menyambut Indonesia emas 2045 (Kontributor: Nc).

Beberapa dokumentasi kegiatan dapat dilihat melalui tautan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.