31 Hari Menulis Disertasi

Tulisan ini akan bercerita tentang bagaimana agenda harian saya dalam masa-masa genting penyelesaian disertasi. Tulisan ini dibuat pada bulan Mei 2023 karena pada bulan ini saya punya target semua data dan draft disertasi saya selesai ditulis dan bisa dikirim ke professor untuk dibaca sebelum diajukan untuk oral defense. Sebenarnya draft disertasi saya sudah saya kerjakan pada November-Desember 2022. Selain yang saya tulis pada artikel pertama yang saya mulai penulisannya Sejak Maret 2021 (semester pertama kuliah). Namun pada Mei 2023 ini saya akan benar-benar fokus pada finishing sesuai dengan saran-saran dari penguji dan penambahan data studi 3 yang saya lakukan.

Senin, 1 Mei 2023. Agenda hari ini dimulai bangun pagi, kebetulan hari ini saya puasa syawal hari ke 3. Tadi malam baru tutup laptop jam 01.44 dini hari sekalian sahur untuk puasa. Ada kerjaan penting yang harus diselesaikan. Agenda hari ini dimulai dengan menyelesaikan tabulasi data similarity WKS studi 3 pada 3 kelas yang diteliti. Lumayan membutuhkan banyak waktu. Selanjutnya membaca sekitar 10 artikel SSCI tentang WKS yang sudah saya download tadi malam. Kemudian membuat draft kuesioner WKS di Google Form. Kuesioner ini untuk kebutuhan studi 3. Selain itu hari ini juga mulai aktif menyebarkan lagi angket untuk penambahan data studi 2. Alhamdulillah hari ini ada sekitar 17 data baru yang masuk. Total sudah mencapai 607 data. Kerjaan lainnya seperti biasa mengelola JINOTEP, mereview naskah, khususnya hari ini melengkapi data tentang artikel di Scopus yang mengutip artikel yang terbit di JINOTEP. Hasilnya bisa dicek disini. Pada malam harinya adalah menyiapkan post test dan link kuesioner WKS di Sipejar untuk studi 3 kemudian mengkomunikasikan dengan dosen yang diminta tolong kelasnya. Berhubung pekan ini sudah masuk pekan ke-15 maka linknya segera saya unggah di Sipejar agar mahasiwa bisa mulai mengisi angketnya. Hari ini baru naik kasur pada pukul 00.55 tengah malam.

Selasa, 2 Mei 2023. Berhubung sedang di Taiwan, pagi ini tidak ikut upacara Hardiknas melainkan ketemu teman dari Singapore di Kampus Nanda sekalian memberikan oleh-oleh ke professor dan teman di lab. Jam 9 mengambil ARC baru dengan No passport yang baru ke kantor Imigrasi yang kebetulan dekat dari Nanda. Lalu jam 10.30 mau beli buah tapi tutup akhirnya ganti agenda ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Jam 12 kembali ke dorm. Lalu mulai kerja pada siang hari karena dapat pesan dari prof jam 13.16 bahwa naskah ke-4 baru saja di submit. Saya harus melengkapi akun di manuscript central journalnya. Sorenya lanjut mereview naskah di Edcomtech dan melayout naskah lain untuk ke SAJE. Lalu pada malam harinya merekap dan memvisualisasi data video analitics penelitian kolaborasi dengan kolega. Jam 00.20 baru tutup laptop dan bersiap istirahat.

Rabu, 3 Mei 2023. Agenda hari ini agak kurang sesuai target disebabkan ada agenda lain yang tidak terkait dengan penulisan disertasi saya. Agenda hari ini dimulai dengan membantu pengelolaan naskah di JPP berhubung untuk edisi April sudah terlambat sedangkan progress naskah dari para reviewer yang tidak lancar. Saya menyarankan tim pengelola diberi tugas tambahan sebagai reviewer agar bisa lebih cepat prosesnya. Akhirnya saya bantu penambahan peran para tim inti pengelolanya. Agenda sore hari dilanjutkan dengan mengecek artikel JINOTEP dan memberi jawaban terhadap submission yang belum lengkap. Kemudian sore jelang petang ada undangan foto bersama dengan teman yang sudah ujian dan mau pulang. Rupanya agenda foto-foto berjalan cukup lama, dilanjutkan dengan agenda makan malam bersama sehingga baru kembali ke dorm pukul 22.00. Tulisan ini dibuat pukul 23.01 dan 02.25. Setelah ini mau membuka file disertasi studi 1 untuk membaca ulang protokol penambahan datanya. Alhamdulillah diberi kekuatan untuk membuka sekilas protokol-nya kemudian melanjutkan untuk melakukan pencarian data dari database Scopus dan WOS, kemudian proses screening duplikasi data, lalu pemisahan artikel yang hanya terindeks SSCI, lalu mengecek satu persatu aksesibilitas naskahnya. Sejauh ini masih tersisa 115 artikel, namun belum dicek satu persatu abstrak-nya apakah membahas persoalan yang saya kaji atau tidak. Agenda itu akan dikerjakan besok. Agenda malam ini diakhiri pukul 02.30 sekalian sahur untuk puasa syawal hari ke 4. bismillah. Kamis,

Kamis, 4 Mei 2023. Progress hari ini lumayan bagus dan sesuai dengan target. Agenda hari ini dimulai dengan seperti biasa mengecek progress artikel para penulis di JINOTEP, kemudian sekilas mengecek JPP. Setelah itu diminta EIC J-PEK untuk mengecek jumlah sitasi artikel J-PEK di Scopus, lalu saya bantu unduh dan kirimkan. Setelah itu mulai bekerja lagi untuk melanjutkan tabulasi data excel untuk proses screening dan mengecek satu persatu link artikel untuk melihat eligibility untuk diinklusikan dalam tambahan reviewer studi 1. Dari total 1600 data mengerucut hingga akhirnya menjadi 82 setelah melewati sekitar 10 tahap proses screening. Agenda selanjutnya adalah membuat tabulasi dan visualisasi data berdasarkan tahun terbit, research areas, jurnal dan diakhiri dengan membuat PRISMA flowchart menggunakan dataset terbaru. Bersamaan dengan itu mulai memasukkan perubahan visualisasi tabel dan grafik pada file docx-nya. Agenda terakhir adalah mengecek progress post test dan yang sudah mengisi kuesioner umpan balik untuk studi 3. Malam ini laptop ditutup lebih awal tepat setelah tulisan ini selesai dibuat pada pukul 00.30.

Jum’at, 5 Mei 2023. Alhamdulillah kemajuan hari ini cukup signifikan. Semua target walaupun berat dapat tercapai, mulai dari membaca seluruh artikel untuk mengidentifikasi 14 indikator ditambah 1 penjelasan subjeknya. Selain itu mengecek perubahan data dibanding data sebelumnya, mengganti tabel 4.1, 4.2, menambahkan data pada tabel 4.3, 4.4 dan 4.5 sekaligus memperbaharui deskripsinya serta memasukkan semua metadata baru ke mendeley. Selain itu agenda diluar agenda inti antara lain merekap skor post test pengkur tahap1, menggunggah ke Sipejar dan memberitahu mahasiswa, mengecek artikel di JINOTEP, mendaftar untuk memenuhi undangan sebagai reviewer di jurnal Decode, UM Kendari, mereview naskah yang ditugaskan, dan agenda rutin lainnya. Hari ini tutup laptop pada pukul 01.15 setelah tulisan ini dibuat. Agenda besok adalah finalisasi bagian pembahasan.

Sabtu, 6 Mei 2023. Alhamdulillah progress kerjaan hari ini cukup baik seperti progress hari kemarin. Targetnya masih fokus pada finalisasi studi 1 namun faktanya bisa melanjutkan ke beberapa progress di studi 3 seperti menerjemahkan bab 3 studi 3, menambahkan tautan yang dibutuhkan, gambar dan tabel yang digunakan untuk mendukung narasi serta merapikan daftar isi, daftar tabel, daftar gambar sesuai progress terbaru. Selain itu seperti biasa melakukan kegiatan lain seperti mengecek artikel di jurnal yang dikelola serta beberapa kegiatan lain. Alhamdulillah atas nikmat yang diberikan. Besok kembali melanjutkan melengkapi data hasil pada studi 3 sambil mulai memproses untuk bagian pembahasannya. Malam ini bisa menutup laptop pada pukul 00.58 setelah tulisan ini dibuat.

Ahad, 7 mei 2023. Hari ini hari minggu yang cukup banyak kegiatan lain sehingga progress menulisnya tidak se-produktif hari kemarin, namun alhamdulillah semua target hari ini dapat tercapai. Seperti merapikan tabel dan memasukan-nya di file disertai untuk tabel 4.41-4.49. Selain itu mulai mendeskripsikan data pada bagian hasil dan membuat narasi pada bagian pembahasan untuk studi 3. Selain itu juga ada kegiatan lain seperti memberikan keputusan naskah yang masuk ke JINOTEP, dan merevisi satu artikel di jurnal Decode yang ditugaskan hari kemarin. Malam ini laptop ditutup pada pukup 01.07 setelah tulisan ini dibuat.

Senin, 8 Mei 2023. Agenda hari ini agak kurang maksimal karena ada distraksi dari dua hal lain di luar kebutuhan penulisan disertasi.Pertama, harus merapikan laporan keuangan JINOTEP 2022-2023, kedua harus merapikan, dan menambah referensi untuk revisi artikel dengan kolega di UM yang sedang dalam proses revisi dari J4LD. Namun, alhamdulillah target hari ini masih dapat dituntaskan sesuai rencana. Hari ini dimulai dengan merekap update post test dan mengunggahnya di Sipejar serta mengirimkannya sebagai reminder ke mahasiswa. Selain itu membuat tabel kriteria kontribusi dan kriteria level similarity tugas writing untuk di bab 3 studi 3. Selain itu menambahkan tabel rekapan komparasi tingkat kontribusi dan level similarity ketiga group pada studi 3. Agenda paling akhir yakni merapikan draft revisi artikel J4LD dan mencari contoh-contoh cara penulisan disertasi khususnya pada bagian pembahasan. Setelah itu menulis blog dan menutup laptop pada pukul 01.11.

Selasa, 9 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini jauh melebihi dari rencana. Walaupun ada dua rencana yang tidak tercapai, namun ada beberapa target lain yang diperoleh. Agenda hari ini dimulai dengan wawancara dengan salah satu nara sumber yang sudah direncanakan dari hari kemarin, namun faktanya, hari ini dapat mewawancara 6 responden sekaligus sampai malam. Selain itu dapat menambahkan sekitar 10 tabel baru berkaitan dengan informasi dari hasil wawancara. Selain itu data wawancara hari ini juga berarti saya sudah menyebrang untuk mengerjakan tambahan data studi dua yang tadinya saya rencanakan pekan depan. Atas ijin Allah, hari ini dapat mewawancarai beberapa sekaligus. Selain itu juga bisa membuat janji untuk mewawancari skitar 4 orang besok dan lusa. Semoga dua hari kedepan jumlahnya sudah mencukupi. Hari ini juga sudah mulai merekap transkrip hasil wawancara dan mendeskripsikannya. Selain itu, hari agendanya adalah membaca beberapa contoh dokumen disertasi orang lain yang bidangnya mirip, alhamdulillah terdapat beberapa point tambahan untuk melengkapi informasi umum dalam disertasinya. Selain agenda utama seperti biasa, hari ini juga masih sempat mereview beberapa paper, dan merapikan file artikel yang ditulis dengan kolega. Akhirnya laptop ini baru ditutup pada pukul 02.20 setelah tulisan ini dibuat.

Rabu, 10 Mei 2023. Agenda hari ini agak kurang istimewa, badan saya agak kurang fit mungkin karena tidur terlalu larut. Pagi hari membuka kegiatan dengan mewawancarai satu kolega dari Jakarta, dan satu mahasiswa dari Jawa Timur, lalu merekap sebagian datanya langsung dalam file draftnya. Setelah itu memfinalisasi naskah dengan kolega di UM untuk jurnal J4LD. Setelah dzuhur membuat laporan perkembangan studi lanjut yang diminta oleh WD2. Sekitar jam 14an keluar untuk membeli buah. Sorenya badan masih kurang fit, tadinya mau basket namun semua lapangnya penuh, akhirnya kembali ke dorm, menonton timnas, dan setelah isya baru mulai onfire lagi untuk melanjutkan penulisan draftnya sambil mengecek dan mereview naskah di JINOTEP. Malam ini lebih banyak merekap jawaban responden dan menarasikannya pada fiel draft disertasi. Selain itu mengupdate daftar urut tabel dan gambar pada teks penjelasnya karena ada penambahan tabel dan gambar yang cukup signifikan. Setelah dirasa cukup progresnya, lalu menulis blog ini dan menutup laptopnya pada pukul 02.10.

Kamis, 11 Mei 2023. Agenda hari ini sangat di luar dugaan dan rencana hari kemarin. Selain harus melakukan daftar kegiatan yang sudah direncanakan juga harus mengerjakan hal lain yang baru saya tahu petang ini. Agenda pagi hari dimulai dengan wawancara dengan salah satu mahasiswa, kemudian saya kepikiran untuk bertanya ke staff jurusan tentang batas maksimal jumlah kata pada draft disertasinya serta batas tanggal daftar ujiannya. Siang hari saya lanjutkan untuk mewawancara 3 mahasiswa lain yang sudah dijadwalkan. Kemudian sorenya mereka data test akhir mahasiswa. Lalu pada petang hari setelah mengambil makanan, lalu cek email baru dapat balasan dari staff di department bahwa tidak ada batasan jumlah kata, namun menekankan syarat yang paling penting yakni paper yang sudah terbit atau diterima di jurnal SSCI. Selain itu juga dijelaskan bahwa batas daftar ujian semester ini adalah tanggal 15 Mei 2023. Serta informasi lainnya yang diperlukan. Seketika saya kaget karena saya baru aware akan hal itu, saya pikir daftar ujian bisa kapan saja yang penting 3 minggu sebelum tanggal ujian dilaksanakan. Ternyata agak sedikit berbeda, hal itu yang membuat saya kaget. Namun, di sisi yang lain, saya jadi termotivasi untuk segera mendaftar dan menyelesaikan disertasinya yang sedang saya kerjakan dan sudah hampir mau selesai. Setelah makan, langsung menghubungi prof menyampaikan informasi yang diperoleh dan meminta dua tambahan daftar calon penguji (karena minimal 5 orang). Alhamdulillah prof langsung memberi dan saya bisa langsung mendaftar saat itu juga. Kelima nama tersebut antara lain: 王子華, 蔣佳玲, 邱富源, 周金城, and 黃能富. Setelah mendaftar saya download form-nya dan bersiap untuk saya cetak besok pagi. Selain itu saya komunikasikan ke prof perihal apa yang sudah saya daftarkan. Pada saat yang sama, saya memberitahukan dan meminta ijin untuk ikut acara wisuda pada tanggal 10 June 2023 dengan menjelaskan bahwa wisuda hanya sebuah acara seremonial semata, sementara tanggal kelulusan yang sesungguhnya ada pada ijazah saya ketika sudah lulus. Alhamdulillah beliau langsung menjawab ok. Alhamdulillah banyak pertanyaan dalam beberapa hari terakhir yang langsung terjawab hari ini. Semoga semuanya berjalan lancar dan bisa pulang di bulan Agustus nanti, amin YRA. Setelah itu saya menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti CV dan resume publikasi selama PhD dan originality of the thesis dalam 3 halaman. Agenda dilanjutkan dengan mereka hasil post test mahasiswa kelas studi kasus dan mengunggahnya ke Sipejar untuk pemberitahuan. Malam ini laptop ditutup pukul 00.40 setelah tulisan ini dibuat.

Jum’at, 12 Mei 2023. Agenda hari ini sangat padat dan di luar dugaan dan di luar kendali saya. Pagi-pagi saya membuka email dari staff department bahwa ada form yang harus saya isi dan saya lengkapi untuk proses penilaian awal apakah saya layak untuk ikut ujian atau tidak. Form itu berisi beberapa ceklis yang harus dilengkapi seperti identitas diri, topik penelitian, nama prof, asal department, college, kemudian tanggal lulus mata kuliah research ethic, lulus mata kuliah wajib minimal, lulus bahasa inggris, lulus ujian kualifikasi, publikasi artikel pada jurnal SSCI, dan lain-lain. Setelah saya lengkapi segera saya submit. Setelah itu saya mewawancarai 1 mahasiswa dari Jawa Barat. Kemudian Jum’atan, lalu mewawancarai 1 dosen dari Jawa Tengah. Kemudian mengolah datanya. Juga menyempatkan untuk mereview artikel di Edcomtech. Sekitar bada asar tiba-tiba listrik di asrama mati. Alhasil saya lanjutkan semampu saya dengan sisa baterey di laptop dan sambil menunggu masih terang. Setelah batereynya mau habis pada jelang maghrib saya tutup laptop. Kemudian bada isya saya putuskan untuk istirahat. Jam 23.40an saya bangun kemudian melanjutkan mengerjakan disertasi saya sampai pagi hari jam 06.30. Alhamdulillah saya bisa melengkapi semua data di bab 4 pada semua studi dan merevisi bagian sistematik penulisan, tujuan, pertanyaan dan hipostesis penelitian, termasuk menambahkan beberapa tabel dan gambar. dan menerjemahkan hasil tulisan. Selain itu sempat memberikan balasan ke para author di JINOTEP dan membalas email permintaan review kedua dari editor di IJIET Q3. Karena sudah mengantuk selepas sarapan dan dhuha pagi ini saya berencana untuk istirahat, dan melanjutkan pekerjaan nanti siang. Akhirnya tulisan ini dibuat pada pukul 6.32 sebelum akhirnya saya memutuskan untuk mematikan dulu laptop.

Sabtu, 13 Mei 2023. Agenda hari ini adalah melanjutkan apa yang dikerjakan kemarin hingga pagi tadi. Hari ini berkutat dengan analisis data statistik dari hasil belajar pada 3 kelas yang saya teliti, seperti menghitung effect size, memvisualisasikan gambarnya, juga mencari hubungan antara tingkat kontribusi terhadap hasil belajar. Selain itu juga banyak waktu digunakan untuk merekap sebagian contoh jawaban wawancara dan membuat sampel transkrip wawancara dari mahasiswa dan dari dari dosen. Selanjutnya adalah merapikan penyebutan tabel dan gambar dalam teks yang menjelaskan-nya, agar dipastikan tidak salah sebut posisi tabel-nya. Hari ini alhamdulillah semua data yang direncanakan telah selesai dituangkan dan dinarasikan. Selanjutnya adalah hari esok untuk membahas data dikaitkan dengan temuan penelitian sebelumnya. Agenda lain seperti biasa melayani dan mengecek progress artikel di Jinotep. Kabar baiknya hari ini masih bisa menyempatkan untuk menelfon anak istri walaupun hanya beberapa menit saja. Malam ini laptop ditutup pada pukul 01.36 setelah tulisan ini dibuat. Semoga besok lebih produktif.

Ahad, 14 Mei 2023. Agenda hari ini alhamdulillah bisa lebih efektif dan produktif dalam proses menulis pembahasan, membaca ulang abstrak, metode, hasil, simpulan dan keseluruhan isi disertasi saya. Walaupun saya sendiri belum puas betul, tapi apa yang saya targetkan dapat tercapai, malam ini tepat pukul 10.52 saya berhasil mengirimkan file berjumlah 219 halaman melibatkan 42 gambar dan 91 tabel serta 6 lampiran. Jujur saja, saya masih meraba-raba bagaimana format sistematika penulisan yang berlaku di jurusan karena tidak ada panduan dan contoh khusus, semua dikembalikan ke gaya penulisan yang biasa digunakan di lab dan bidang keilmuan professornya masing-masing. Malam ini saya minta tolong professor untuk mengomentari konten termasuk sistematikanya. Agenda hari ini disisipi dengan menelfon orang tua setelah hampir dua minggu tidak menelfon. Alhamdulillah atas nikmat yang Allah berikan, semoga tidak ada masalah krusial yang harus diperbaiki dan professor bisa setuju untuk maju ujian, demikian juga departemen semoga mengijinkan untuk ujian dan hasilnya lulus semester ini agar bisa segera pulang melanjutkan episode kehidupan di kota Malang. Alhamdulillah malam ini bisa menutup laptop lebih awal tepat jam 23.01 setelah tulisan ini dibuat.

Senin, 15 Mei 2023. Agenda hari ini agak sedikit berbeda dari beberapa hari kemarin. Hari ini saya tidak fokus ke penulisan naskah disertasi namun lebih fokus ke hal lain yang berkaitan dengan proses pendaftaran untuk persiapan ujian. Agenda pagi dimulai dengan mendatangi kantor student housing untuk meminta pindah kamar asrama untuk summer nanti, karena pada pengumuman beberapa hari yang lalu, kami digabungkan di asrama undergraduate yang berisi 4 orang dalam 1 kamar. Untuk kepentingan kenyamanan khususnya waktu shalat, akhir saya memutuskan untuk pindah ke kamar yang hanya terdiri dari 2 bed saja. Alhamdulillah prosesnya mudah dan dikabulkan untuk pindah dorm. Selanjutnya saya menuju ke kantor IPHD untuk bertanya beberapa hal ke staff disana, namun waktu kesana orangnya sedang meeting online sehingga saya putuskan untuk bertanya via email saja. Walaupun sampai tulisan ini dibuat, email saya masih belum dibalas. Agenda lainnya ada konfirmasi dari prof bahwa pada prinsipnya beliau sudah mengijinkan untuk ujian, tinggal menunggu keputusan dari committee di IPHD, ketika dari IPHD sudah dinyatakan boleh ujian maka saya dipastikan akan bisa ujian dan beliau bilang akan menghubungi para penguji berkaitan dengan jadwal luangnya. Setelah itu agenda siang, mengisi waktu menelfon anak dan istri. Jelang asar dapat undangan untuk tanda tangan beasiswa bulan Mei. Alhamdulillah malam hari saya menyiapkan data untuk masukan bahan penilaian akhir di mata kuliah yang tempat saya mengambil data. Besok pagi, sepertinya mulai dengan agenda untuk membaca naskah dan menambah beberapa hal yang sudah muncul untuk dibenahi. Malam ini bisa istirahat lebih awal, laptop di tutup pada pukul 23.03.

Selasa, 16 Mei 2023. Hari ini alhamdulillah bisa melakukan beberapa penambahan data pada draft disertasi karena kemarin baru ketahuan masih ada data yang terlewat yakni data WKS mahasiswa beserta data pendukungnya. Selain itu menambahkan beberapa tabel dan gambar dibagian hasil. Hari ini juga membuat sub heading dibagian pembahasan study 2 dan 3 agar lebih konsisten dengan pembahasan di study 1. Walaupun bagian pembahasan ini masih perlu diperkaya analisisnya namun sementara sudah nampak lebih tertata. Agenda diluar penulisan disertasi hari ini juga lumayan banyak antara lain mengecek dan merevisi artikel di JINOTEP, mengecek revisian di Edcomtech, dan mengerjakan copy editing 3 artikel di JPP. Selain itu juga mengecek penugasan di AJOSED jurnal baru. Malam ini setelah makan juga menyempatkan untuk menyaksikan timnas Indonesia memenangi medali emas pada ajang Sea Games ke 32 di Kamboja. Secara umum agenda hari ini lumayan progresif. Malam ini, bisa menutup laptop pada pukul 11.31 setelah tulisan ini dibuat.

Rabu, 17 Mei 2023. Agenda hari ini agak kurang sesuai dengan rencana, namun ada beberapa agenda tambahan lain yang juga bermanfaat. Berkaitan dengan penulisan disertasi, hari ini saya menguji normalitas data pada skor pre, mid dan post-test, menariknya ternyata hasilnya tidak normal, karena data nilai mahasiswa cenderung mengumpul pada pada angka tertentu dan tidak mengumpul di nilai rata-rata. Alhasil teknik uji statistik pengaruhnya saya harus ubah dari paired sample t test ke Wilcoxon Signed Rank test dengan menggunakan pendekatan non parametrik. Sehingga saya mengganti sekitar 9 tabel dan menambahkan 2 tabel baru untuk pengujian effect sizenya. Pengalaman ini cukup menarik karena memberikan perspektif dan pengalaman baru tentang proses pengolahannya. Agenda lain diluar penulisan tesis hari ini adalah mereview 2 artikel di Jurnal Ortopedagogia dan mengecek hasil revisi 2 artikel di Jinotep. Selain itu saya hari ini menambahkan kegiatan yang tidak direncanakan yakni olah raga, dan alhamdulillah hari ini bisa bermain volley sama mahasiswa Master Administrasi Bisnis NYCU yang berasal dari beberapa negara seperti France, UK, Germany, Italy, termasuk Taiwan. Agenda malam diakhiri dengan menulis blog ini, dan laptop ditutup sekitar pukul 00.20.

Kamis 18 Mei 2023. Agenda hari ini alhamdulillah sesuai target. Agenda dimulai dengan menyiapkan dan mengirimkan LOA untuk dua artikel JINOTEP. Selanjutnya lebih banyak bergelut dengan naskah disertasi dimulai dari membaca ulang penyebutan tabel dan gambar, kemudian menambah pembahasan, mencari referensi untuk level similarity plagiasi, selanjutnya merapikan ukuran dan jenis huruf pada keseluruhan naskah. Agenda lainnya adalah merevisi naskah LR artikel dengan kolega. Malam ini dapat istirahat lebih awal. Jam 21.55 sudah menutup laptop. Semoga besok bisa lebih banyak tenaga untuk memulai menghitung ulang data pada study 2. Hari ini kondisi badannya masih terasa pegel-pegel sisa volley dan basket kemarin.

Jum’at, 19 Mei 2023. Agenda hari ini agak kurang maksimal, ada target penting yang belum bisa dikerjakan. Posisi fisik yang agak sakit membuat kurang fokus untuk mengerjakannya. Berkaitan dengan progress penulisan disertasi hari ini hanya melakukan transkripsi beberapa rekaman dari para instruktur dan para mahasiswa. Selain itu mengecek jurnal dan agenda lain yang kurang terkait. Semoga nanti malam atau besok pagi bisa lebih maksimal kerjaannya. Malam ini laptop ditutup pada pukul 20.35. Sepertinya selepas isya saya memilih untuk istirahat lebih cepat. Agar kondisi badan kembali fit. Setelah dicoba untuk tidur namun tidak berhasil datang kantuk. Akhirnya pada pukul 23 saya kembali ke meja kerja untuk mengolah data. Alhamdulillah dapat selesai mengolah data persentase dan data deskriptifnya. Alhamdulillah dengan demikian progress hari ini cukup banyak. Akhirnya laptop ini kembali ditutup pada pukul 03.01. Dan ternyata sampai subuh tidak bisa tidur, akhirnya sekalian shalat subuh dulu baru mengambil waktu untuk istirahat.

Sabtu, 20 Mei 2023. Agenda hari ini alhamdulillah sangat signifikan bahkan melebihi target. Agenda dimulai dengan menganalisis deskripsi data menggunakan SPSS. Selanjutnya melakukan beberapa test sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya, hanya saja pada hari ini saya menambahkan sebanyak 56 data dari para responden yang telah mengisi sejak November 2022 sampai akhir April 2023. Alhamdulillah semua proses dapat dilakukan, saya memperbaharui semua data, tabel, dan gambar. Selanjutnya saya juga melakukan penyesuaian pada data di bagian pembahasan, simpulan dan abstrak. Selain itu menambahkan beberapa paragraf pada bagian pembahasan, dan simpulan. Setelah itu saya juga mengupdate resume dan abstrak untuk pre oral degree exam. Selanjutnya mengirim file ke staff IPHD dan ke supervisor untuk update progress file disertasi saya. Agenda lainnya adalah seperti biasa mengecek artikel di JINOTEP termasuk mengirimkan LOC dan LOA ke artikel yang sudah memenuhi syarat. Malam ini alhamdulillah bisa menutup laptop lebih awal, tepatnya jam 21.35.

Ahad, 21 Mei 2023. Agenda hari ini tidak banyak karena memang rencananya istirahat saja, mengingat target hari ini sudah selesai tadi malam. Siang setelah makan kami sempat ke depan untuk melihat magic jack yang lagi diskon karena mau tutup. Lalu beli buah, setelah itu menikmati sore di pinggir danau. Selepas Isya sempat nelfon keluarga. Sore ini dapat jawaban dari prof kalau beliau sedang sibuk dalam 2 minggu ini. Beliau menjawab pertanyaan saya semalam bahwa secara umum sistematika struktur disertasi yang saya kerjakan sudah sesuai dengan ekspektasi beliau, walaupun secara substansi sepertinya beliau belum sempat membaca secara seksama. Tapi tadi beliau bilang untuk maju saja, jangan takut. Semoga ini indikasi baik dan semoga para committee mengijikan saya untuk ujian dan saya bisa lulus semester ini. Pada saat yang sama, saya terus berdoa semoga salah satu dari 3 paper yang sudah disubmit ada yang accepted pada bulan Mei syukur kalau semua papernya mendapatkan respon yang positif dari para reveiwer dan editor. Malam ini selepas menulis blog, saya menutup laptop pada pukul 21.45. Mulai besok kembali berlanjut untuk mematangkan draft disertasinya, mencari yang masih kurang dan memperbaikinya, serta mulai menyusun draft PPT untuk persiapan ujian, disesuaikan dengan hasil analisis data terbaru.

Senin, 22 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini sesuai dengan target yang direncanakan. Agenda dimulai dengan merapikan revisi artikel JL4D yang akan disubmit, lalu mendaftar untuk pinjam gaun wisuda, kemudian dilanjutkan dengan mencetak form pendaftaran, lalu membayar ke bagian Cashier, selanjutnya ke depan kampus sebentar, niatnya hanya membeli earphone, tapi ternyata tergoda membeli beberapa kebutuhan. Selanjutnya menikmati sore di pinggir danau, lalu pulang ke dorm, beli vege untuk makan malam. Kemudian mulai merapikan tabel dan figure, mengecek satu persatu, membaut bookmark untuk semua tabel dan figure, serta membuat tautan dari setiap kata yang menyebutkan tabel dan figure dengan bookmark yang sudah dibuat. Alhamdulillah ternyata membutuhkan banyak waktu, dan baru selesai jam 01.00. Lalu saya kirimkan progress-nya ke professor, semoga beliau ada waktu untuk membaca dan mereviewnya. Malam ini laptop ditutup pada pukul 01.30 setelah tulisan ini dibuat.

Selasa, 23 Mei 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak yang berkaitan dengan penulisan disertasi. Agenda siang dimulai dengan menyelesaikan transkripsi semua rekaman wawancara dengan mahasiswa dan dosen. Kemudian sore mengambil pesanan. Lalu bantu mengecek plagiasi artikel dengan kolega. Kemudian mencuci pakaian. Setelah maghrib makan dan menelfon keluarga. Malam ini agak lama ngobol dengan ibu, lebih tepatnya mendengarkan ibu cerita informasi terbaru dikampung. Selanjutnya mengecek artikel di JINOTEP. Lalu mengecek plagiasi draft disertasi saya. Hasilnya adalah 20%, dan sepertinya besok ada beberapa paragraf yang harus diparafrase ulang untuk dibagian pertanyaan penelitian, dan hasil dari studi 1 karena sebagian datanya sudah terbit di JCAL. Agenda selanjutnya adalah menulis di blog. Malam ini laptop ditutup pada pukul 22.40.

Rabu, 24 Mei 2023. Agenda hari ini alhamdulillah bisa menyelesaikan transkripsi semua rekaman wawancara dengan instruktur dan mahasiswa. Ternyata lumayan butuh waktu untuk mengerjakannya. Selain mengerjakan transkirpsi, hari ini juga mengecek artikel di JINOTEP, Edcomtech dan JPP. Selain itu juga hari ini juga menyempatkan waktu untuk berolahraga walaupun hanya 1 jam. Kalau tidak dipaksakan, olah raga ini paling susah untuk dilakukan. Alhamdulillah dapat meluangkan waktu 60 menit dari 10.080 menit dalam setiap pekan. Setelah isya saya memilih untuk beristirahat lebih awal dari biasanya. Malam ini laptop ditutup lebih awal dari biasanya. Saya sudah menuju tempat tidur di bawha jam 22.00.

Kamis, 25 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini sangat progresif, bahkan bisa melebihi target yang direncanakan. Agenda hari ini dimulai dengan menambahkan section kerangka teoretis pada bab II, sebenarnya untuk merangkum dari apa yang saya tulis di section literature review. Setelah itu mengerjakan PPT untuk presentasi, waktu yang dibutuhkan cukup banyak. Selanjutnya merapikan dua transkrip wawancara untuk sample pada lampiran. Proses ini ternyata cukup memakan waktu. Setelah dirapikan, dan diganti, akhirnya jumlah halamannya bertambah dari 234 menjadi 237. Setelah dirapikan dan ditata ulang draft-nya, malam ini saya langsung kirimkan ke professor sebagai progress terbaru. Selain mengerjakan disertasi, hari ini saya juga seperti biasa mengecek progress artikel dari para penulis di JINOTEP, Edcomtech maupun JPP. Malam ini, bisa menutup laptop pada pukul 23.30 setelah tulisan ini dibuat. Semoga besok lebih produktif lagi.

Jum’at, 26 Mei 2023. Agenda hari ini dimulai dengan mencetak file PDF draft disertasi saya yang semalam direvisi. Selanjutnya saya ke departemen untuk bertanya beberapa hal, pertama tentang nama-nama calon penguji final defense, terus bertanya proses untuk pre degree exam, dan beberapa pertanyaan lain yang mengganjal. Setelah itu mengambil topi keluarga besar IPHD. Lalu keluar kampus sebentar untuk mencari sepatu olahraga. Sore hari sempat menikmati ruang perpustakaan lantai 6 untuk membaca versi cetak naskah disertasi yang baru diprint. Lalu selepas asar di mushola perpustakaan, selanjutnya jelang magrib kembali ke asrama. Lalu laporan ke professor dari hasil diskusi dengan staff di departemen. Selepas magrib mulai kembali pekerjaan dengan mereview artikel di JITP UNY dan membalas revisian artikel di JINOTEP. Lalu dilanjutkan dengan mengerjakan revisi sesuai catatan waktu diperpustakaan, sekaligus menambahkan beberapa paragraf. Akhirnya draft malam ini berjumlah 244 halaman. Jelang tengah malam, Syakirah menelefon menyampaikan rasa kangen sekaligus mendo’akan papapnya segera lulus kuliah. Beberapa hari terakhir Syakirah lebih sering menyampaikan perasaan kangennya. Momen itu selalu mengharukan sekaligus kadang bersedih karena tidak bisa menemani anak-anak setiap saat. Mereka yang jadi motivasi terbesar untuk selalu berproses agar segera lulus. Setelah cukup lelah, laptop ditutup pada pukul 01.00 setelah tulisan ini dibuat.

Sabtu, 27 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini dapat mencapai beberapa target yang direncanakan. Agenda dimulai dengan olahraga pagi sekitar 2 jam, kemudian mandi mencuci pakaian. Lalu sarapan, makan siang. Selepas makan siang menyempatkan istirahat karena badan terasa cape setelah olah raga. Lalu sore berangkat olagraga lagi volley walaupun tidak banyak yang datang. Setelah itu beli makan malam, mandi dan makan malam. Selepas isya, lanjut pekerjaan, dimulai dengan mengecek artikel di JMPI, dan JINOTEP. Kemudian membuat kembali file disertasi, dan memperbaharui beberapa bagian di pembahasan dan simpulan. Selain itu yang paling penting adalah merapikan dan menambah informasi pada slide presentasi. Walaupun belum final, namun sudah lebih siap dengan keterbacaan yang lebih baik. Jam 23.10 laptop ditutup setelah menulis blog ini. Malam ini coba istirahat lebih cepat, karena kepala terasa pusing.

Ahad, 28 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini terasa cukup efektif. Semua target dapat dicapai dalam waktu yang lebih cepat. Agenda seperti biasa dimulai dengan mengecek dan memberikan balasan terhadap progres artikel di JINOTEP. Ada dua artikel yang sudah mengirimkan hasil revisinya dan langsung saya berikan umpan balik untuk tahapan selanjutnya. Berikutnya saya lanjutkan dengan memfinalisasi PPT untuk oral defense. Saya melengkapi beberapa data, merapikan teks, data dan informasi khususnya pada bagian hasil dan pembahasan serta simpulan. Selain itu juga melangkapi bagian khusus tentang apa yang sudah saya capai dalam hal publikasi selama program PhD. Bagian ini saya tempatkan setelah simpulan untuk mendukung apa yang saya jelaskan. Selain itu saya juga mengecek ulang dan merapikan draft disertasinya. Setelah semua dirasa ok, selanjutnya mengirimkan ke professor, sebagaimana yang sudah saya janjikan dua hari lalu. Selain itu saya juga mengirimkan update dokumen ke staff IPHD karena pada versi sebelumnya ada kesalahan penulisan tahun SLR dari study 1. Sekalian saya melampirkan file PDF untuk bahan tayang presentasi saya yang lebih dari 90 slide. Saya meminta saran dan penjelasan lebih rinci tentang bagian mana yang harus saya prioritaskan untuk disajikan dalam 10 menit di hadapan para dewan komite di IPHD. Setelah itu saya menulis update di blog, sehingga laptop dapat ditutup pada pukul 20.10.

Senin, 29 Mei 2023. Alhamdulillah hari mendapat kabar baik, pada sore hari saya menerima email pemberitahuan tentang jadwal pre degree exam dimana saya diberikan kesempatan 8-10 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab tentang apa yang sudah saya lakukan dengan riset saya. Pada email tersebut saya diberi tahu hari, jam dan tempat serta apa yang harus saya persiapkan pada waktu presentasi. Setelah itu saya langsung merespon emailnya dan meneruskan ke professor agar beliau tahu progressnya. Lalu saya mulai menyiapkan bahan tayang untuk waktu 8-10 menit saya. Jujur saja ini bagian paling sulit karena saya sudah menyiapkan 97 slide untuk oral defense saya. Namun karena saya diminta mengurangi jumlah slide dan fokus pada kontribusi dan originality dari penelitian saya, akhirnya saya harus memangkas lebih dari setengahnya. Dan setelah diusahakan beberapa jam akhirnya saya bisa memadatkanya menjadi 44 slide. Setelah diuji coba sepertinya ini sangat mepet untuk 10 menit presentasi. Selain itu sekaligus saya merevisi file PPT untuk oral defense saya berdasarkan perubahan yang saya lakukan pada slide untuk pre degree exam. Pada saat yang sama, saya juga merevisi file disertasi pada hari walaupun perubahannya tidak signifikan. Selain itu juga saya mengecek artikel di JINOTEP, merevis artikel di Jurnal Civics UNY, juga merevisi beberapa policy pada laman JINOTEP agar sesuai dengan kriteria DOAJ. Setelah semua progres kerjaan diunggah di drive saya memutuskan untuk beristirahat dan menutup laptop pada pukul 21.35 setelah tulisan ini dibuat. Malam ini saya harus merenungkan dulu bahan tayang untuk pre degree exam agar besok waktu mau dikirim sudah benar-benar matang.

Selasa, 30 Mei 2023. Alhamdulillah agenda hari ini sesuai dengan target yang direncanakan. Secara umum saya masih berkutat dengan menyempurnakan berkas untuk maju pada presentasi dihadapan para anggota komite pada tanggal 12 Juni nanti. Agenda dimulai dengan membaca ulang keseluruhan PPT, kemudian menambahkan slide tentang kontribusi sesuai dengan input dari video yang saya pelajari dari semalam. Alhamdulillah beberapa video memberikan tambahan perspektif tentang bagaimana menuliskan kontribusi dan originalitas dari penelitian disertasi. Setelah itu menggabungkan dua slide yang kurang urgen dan merevisi title slide pada slide 3. Selain itu juga menambahkan originalitas pada file docx termasuk mengupdate file CV atua resume yang akan dikumpulkan bersama dengan PPTnya. Setelah semua diperbaharui, selanjutnya saya unggah di drive untuk dibaca dari device yang berbeda. Selain itu hari ini juga saya mengerjakan permintaan review dari jurnal SSCI Q1 dan Q2 IJHI. Sebuah kehormatan diberikan kepercayaan untuk mereview naskahnya. Rencananya malam ini hasil kerjaan hari ini mau diendapkan dulu dan nanti malam akan dikirimkan ke IPHD setelah benar-benar yakin. Laptop ditutup pada pukul 20.03 setelah tulisan ini dibuat.

Rabu, 31 Mei 2023. Agenda hari ini sesuai yang sudah direncanakan. Hari ini saya jadwal mengambil gaun wisuda pinjaman untuk wisuda 10 Juni nanti. Prosesnya sederhana saja, saya menyerahkan form pinjaman, kemudian petugas mengecek identitas saya di sistem peminjaman, lalu mengkonfirmasi ukuran dan memberikan topik dan selendangnya. Namun ada yang menarik, karena saya dari departement yang baru, petugasnya sempat bertanya-tanya apakah warna gaunnya sama dengan wisudawan S3 lainnya. Petugasnya sempat menghubungi staff di IPHD untuk memastikan. Setelah clear, saya diberi gaun dan 2 kotak berisi toga dan selendang. Orangnya berpesan untuk dijaga dengan baik dan dikembalikan ke tempat loundry di dekat student center. Orangnya juga sempat mengkonfirmasi nama professor saya. Setelah itu saya lanjut ke ruang ujian kelayakan di lantai 6. Saya mencoba menghubungkan laptop saya dengan LCD diruangan tersebut namun tidak berhasil. Namun saya tetap berlatih untuk presentasi sebanyak1 kali karena ruangannya keburu digunakan yang lain. Setelah itu saya kembali ke asrama. Kemudian berlatih beberapa kali. Setelah itu mengecek hasil layout artikel JPP untuk edisi April 2023. Saya menemukan ada beberapa catatan untuk perbaikan pihak layouter. Setelah itu saya merekap keuangan bulanan baik pengeluaran di Malang maupun pengeluaran saya di Taiwan. Agenda selanjutnya adalah menulis di blog ini. Oh iya, karena hari ini adalah hari terakhir bulan Mei, saya semalam tidak bisa tidur sampai pukul 3 dini hari, akhirnya saya sempat menulis sajak tawakal sebagai bagian dari pasrah kepada Yang Maha Kuasa.

Ya Allah, aku serahkan semua takdirku kepadaMu.
Engkaulah Yang Maha Tahu takdir terbaik untukku.
Aku hanya berusaha semaksimal yang bisa aku lakukan.
Itupun atas ijin dan kehendak-Mu.
Sungguh tiada daya dan upaya selain dg kehendakmu.

Ya Allah, mudahkanlah jalannya, karena itu bukan hal yang sulit untuk-Mu.
Aku ingin segera lulus, bukan karena ego diriku.
Aku ingin mengurangi dosaku karena tidak maksimal dalam menjalani peran sebagai ayah dan suami.

Ya Allah, Jika akun belum layak, maka layakanlah!
Jika jalannya masih terjal, maka landaikanlah!
Jika nampaknya masih jauh, maka dekatkanlah!.

Ya Allah, apapun yang terjadi, aku yakin itu yang terbaik dari-Mu.
Berikanlah keteguhan tekad, kekuatan jiwa,
Kejernihan pikiran, keikhlasan hati, demi mencari Ridho-Mu.

Bismillahirrohmanirrahim.
Hsinchu, Taiwan
Selasa, 30 Mei 2023, Jam 23.31

Jujur saja, semalam pikiran saya penuh kekhawatiran, penuh ketakutan, namun pada saat yang sama, juga penuh keyakinan, bahwa Allah sang penentu semua takdir manusia. Kita hanya berusaha semaksimal yang bisa dilakukan, sembari berharap barokah mujahadah.

Hari ini laptop ditutup pada pukul 24.00 setelah tulisan ini dibuat.