Sharing Kuliah Chinese Basic Conversation 1 di NTHU

Tulisan ini akan mengantarkan pembaca pada pengalaman saya selama mengikuti perkuliahan Bahasa China Percakapan Dasar 1. Semua mahasiswa asing yang memperoleh beasiswa dari Taiwan termasuk dari kampus tempat studi diwajibkan mengambil mata kuliah Bahasa Mandarin minimal 4 SKS, bisa diambil dalam satu semester atau dua semester. Apabila syarat minimal 4 SKS sudah terpenuhi, selebihnya tergantung mahasiswa yang bersangkutan apakah masih akan meneruskan pada semester berikutnya atau tidak.

Berdasarkan pengalaman saya, kebetulan saya masuk terlambar gara-gara Covid, sehingga saya baru bergabung secara langsung di kelas pada pertemuan ke 9. Berhubung mata kuliahnya tidak disajikan secara hibrid, akhirnya kami baru mulai belajar dari pertemuan 9. Walaupun jumlah pertemuan tersisa 10 lagi, namun dosennya mencoba memadatkan materi agar semua indikator minimal tercapai.

Jadi pata mata kuliah ini, kita belajar tentang dasar-dasar percakapan sehari-hari dimulai dari perkenalan, kemudian mengenalkan diri, dan anggota keluarga, belajar mengenal bilangan, abjad, belajar nada-nada dalam bahasa China, belajar mengenal hari, bulan, minggu, tahun, dan belajar bertransaksi di toko. Kita melakukan simulasi percakapan sehari-hari.

Setiap pertemuan, dosennya akan mengulang sekilas materi minggu sebelumnya. Kemudian pada tiap pekan kami akan diberikan selembaran materi yang sudah beliau siapkan. Kita tinggal mengikuti dan mengulang dalam bentuk contoh-contoh kalimat yang biasa kita temukan dalam aktivitas sehari-hari.

Secara umum saya menikmat perkuliahan ini, karena benar-benar belajar dari 0, saya merasa terbantu oleh dosennya. Orangnya juga enak, sabar mengajari, sayangnya sayanya kurang sering mengulang dan berlatih secara mandiri. Saya lebih banyak mendengarkan podcast dan atau video di YouTube, serta pernah menggunakan aplikasi Memrise direkomendasikan teman asrama. Menurut saya aplikasinya bagus dan sangat mendukung, namun jika mau dapat yang full kita harus berlangganan. Jadinya kadang saya lebih sering mendengarkan di Podcast atau YouTube saja.

Menurut informasi yang saya dapat dari kakak tingkat yang sudah mengambil di tahun pertama, konon ujian akhirnya kita diminta memperkenalkan diri, keluarga, hobi, kesibukan, pekerjaan, dan lain-lain dalam waktu 2 menit menggunakan bahasa China. Jadi kita bisa menyiapkan teksnya dan menghapalnya. Namun siap-siap kita akan ditanya oleh dosen ketika beliau tertarik dengan cerita kita. Saya belum ujian, nanti saya ceritakan jika sudah mengalami. Intinya sih perlu pembiasaan dan perlu ada teman yang senang diajak belajar bersama, akan lebih baik jika temannya orang Taiwan atau China yang fasih.

Akhirnya, saya bisa melewati semua perjalanan kuliah basic mandarin 1. Baru saja saya melakukan final exam. Saya tidak menyangka saya bisa lebih lancar dari yang saya bayangkan. Saya bisa berbicara menggunakan bahsa mandarin lebih dari 3 menit untuk pertama kalinya. Dan yang membuat saya senang adalah teacher memahami yang saya maksud dan diakhir beliau kaget karena dengan belajar selama 10 minggu saya sudah bisa ngomong basic. Dia sangat appreciate dan terkejut.

Ujiannya kita harus berbicara dalam bahasa mandarin selama 3 menit yang berisi tentang nama kita, asal kita, tempat tinggal, ayah ibu, saudara, istri, anak, status di NTHU, pendapat tentang Tiawan, kampus, makanan, minuman, kemudian saya jelaskan apa yang saya suka, dan apa yang tidak saya suka beserta alasannya. Semoga semester depan saya bisa improve lebih banyak dari kelas mandarin conversation II. See you.