Bagaimana mereview artikel ilmiah yang baik?

Tulisan ini berisi pembahasan tentang bagaimana proses menulis laporan review sejawat artikel ilmiah. Tulisan ini disarikan dari video pembelajaran Elesevier Researcher Academy yang dikembangkan oleh Elsevier dan sumbernya dapat diakses melalui 3.1 How to write a helpful peer review report | Elsevier Researcher Academy. Penyaji asli materi ini adalah Zoe Mullan Editor in Chief The Lancet Global Health. London, UK. Ada tiga bagian penting dari materi yang disajikan yang akan saya ulas yakni pemahaman umum review artikel, struktur umum, dan tiap bagian dalam artikel apa yang harus dipertanyakan. Mari kita bahas satu persatu.

Konsiderasi umum yang harus dipahami dan disadari oleh seorang reviewer adalah bekerja secara profesional dan sopan, lakukan secara objektif, konstruktif, dan spesifik, baca seluruh isi artikel termasuk lampiran, ikuti panduan yang ada pada jurnal, harus konsisten dengan komentar rahasia yang disampaikan ke editor, ingatlah bahwa review bertujuan untuk membantu penulis meningkatkan kualitas naskah. Adapun empat hal yang tidak boleh dilakukan oleh reviewer antara lain menulis sesuatu yang kita sendiri tidak akan suka membacanya, seperti merendahkan, menghina, kasar, mengejek, kedua mengomentari setiap kalimat dalam isi artikel, karena itu akan dilakukan oleh copy editors, meminta penulis untuk memasukkan referensi dari hasil kerja reviewer kecuali jika itu memang sangat harus, meminta tambahan analisis dan eksperimen, kecuali jika memang diperlukan untuk mendukung klaim naskah saat ini.

Ketika reviewer memberikan komentar terhadap suatu naskah, hal pertama yang harus dipertanyakan adalah apakah penelitian ini memberi nilai tambah terhadap pengetahuan saat ini, apakah studi ini menantang paradigma yang eksis saat ini, apakah secara umum studi ini layak dan telah dilakukan dengan benar?. Selanjutnya reviewer perlu mengulas hal-hal positif yang telah dilakukan peneliti, kemudian jika ada yang perlu diperbaiki, maka sampaikan secara spesifik apa saja yang perlu ditingkatkan. Dalam proses penulis komentar, reviewer dapat memulai dengan mengomentari isu yang paling mendasar, misalnya metodologi yang dipertanyakan, atau teknik analisis data yang tidak mendukung tujuan penelitian dan data yang dihasilkan. Cara lain, reviewer dapat mengomentari berdasarkan urutan bagian naskah, dimulai dari pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, simpulan, referensi. Adapun jika komentarnya minor, maka reviewer harus to the point merujuk ke baris berapa, tabel berapa, gambar yang mana yang perlu diklarifikasi atau diperbaiki.

Hal-hal yang harus diperhatikan pada masing-masing bagian dari isi paper antara lain pada bagian pendahuluan, reviewer harus mempertanyakan apakah tujuan penelitian telah dinyatakan dengan jelas? apakah kasus yang dibuat untuk dikaji telah menunjukan urgensi yang tinggi? apakah kebanyakan relevan studi sebelumnya telah dikutip?. Sementara pada bagian metode, hal paling penting untuk dievaluasi antara lain, apakah metode telah dideskripsikan dengan cukup jelas untuk dapat diuji ulang oleh peneliti lain? apakah cara yang disajikan merupakan yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan penelitian? jika melibatkan hewan dan manusia apakah penulis telah menjelaskan ethical consent atau belum?.

Sementara itu pada bagian hasil, reviewer perlu mempertanyakan apakah hasil yang dilaporkan pada semua bagian eksperimen telah disajikan dibagian metode? apakah ada laporan yang belum dijelaskan pada bagian metode? apakah mereka telah disajikan secara jelas dan konsisten antara tabel, gambar dan isi dalam teks. Sedangkan pada bagian pembahasan, beberapa pertanyaan yang harus diajukan antara lain apakah pemaknaan yang disajikan penulis telah merefleksikan secara rasional terhadap data yang disajikan? apakah ada potensi keterbatasan yang telah disajikan, jika tidak, maka diminta untuk dimunculkan, apakah ada hasil penelitian yang berbeda dengan hasil penelitian lain dan apakah penulis telah menjelaskannya?, apakah semua pertanyaan penelitian telah terjawab? sudahkah penulis merangkum temuan yang dihasilkan dan mengusulkan sesuatu yang baru untuk komunitas terkait.

Selanjutnya pada bagian judul dan abstrak, hal-hal yang harus dipertanyakan antara lain apakah judul telah secara akurat merefleksikan pertanyaan penelitian dan tipe studi yang dilakukan?, apakah abstrak telah menunjukan tujuan dari penelitian, dan metode penelitian yang paling penting? apakah temuan telah dilaporkan pada bagian abstrak dan menjadi inti temuan dari bagian hasil?, adakah informasi pada bagian abstrak yang belum disajikan pada isi artikel? apakah simpulan telah dijustifikasi dari data yang disajikan?, apakah implikasi untuk pekerjaan yang akan datang telah dinyatakan?.

Kesimpulan dari proses mereview naskah adalah seorang reviewer harus profesional dan sopan, membaca seluruh isi artikel sebelum menulis apapun, struktur laporan meliputi simpulan tentang kekuatan, kelemahan dan kontribusi keseluruhan dari manuskrip yang direview, kemudian komentar umum, lalu komentar khusus. Ingatlah, bahwa tujuan dari mereview paper adalah untuk meningkatkan kualitas naskah itu sendiri.

Hsinchu, 4 Oktober 2022, jam 14.49