Jurnal Bidang Pendidikan Terindeks SSCI WoS dan Scopus di Afrika

Salah satu tantangan studi PhD di luar negeri khususnya Taiwan adalah persyaratan publikasi karya ilmiah untuk syarat lulus yang mengharusnya terbit pada jurnal terindeks SSCI WoS. Secara umum jurnal yang sudah terindeks SSCI WoS bisa dipastikan juga terindeks di Scopus, namun tidak semua jurnal terindeks Scopus juga terindeks di SSCI WoS. Untuk mencari apakah suatu journal terindeks Scopus maka kita bisa menggunakan website https://www.scimagojr.com/journalrank.php?area=3300&country=Africa&category=3304 sedangkan untuk mengetahui apakah jurnal tersebut terindeks SSCI maka kita bisa menggunakan website https://mjl.clarivate.com/search-results agar informasinya tidak misleading maka kita gunakan ISSN agar pencarian lebih tepat.

Dari hasil pencarian saya pada hari ini, Ahad, 12 September 2021, di kawasan Afrika saya hanya menemukan 13 jurnal bidang pendidikan, dan hanya ada 3 jurnal yang terindeks SSCI. Memang tidak mudah suatu jurnal untuk terindeks di SSCI WoS. Sebagai gambaran, saat ini ada 6 jurnal bidang pendidikan Indonesia yang terindeks Scopus namun belum ada satupun yang terindeks di SSCI WoS. Adapun daftar jurnal bidang pendidikan di Afrika yang terindeks SSCI WoS adalah sebagai berikut.

JournalScopusSSCIURL
Education as ChangeQ2Yeshttps://upjournals.co.za/index.php/EAC/issue/archive
SA Journal of EducationQ2Yeshttp://sajournalofeducation.co.za/index.php/saje/index 
South African Journal for Research in Sport, Physical education and Recreation (SAJRSPER) Q4Yeshttps://www.sajrsper.com/

Daftar jurnal di atas bukan jaminan bahwa artikel Anda akan memenuhi syarat kelulusan, karena dalam faktanya proses review bahkan submit naskah itu dalam kontrol penuh supervisor. Sebagian supervisor tidak hanya melihat indeksasi SSCI tapi juga mempertimbangkan skor impact factor dari jurnal yang dituju. Apalagi kalau professor kita sudah berlangganan dengan jurnal-jurnal top, maka jangan harap akan dikasih ijin untuk submit ke jurnal-jurnal yang tidak masuk radar beliau. Jadi intinya mengenai proses submit naskah yang melibatkan nama SPV, kita harus selalu manut dengan titah dan arahannya. Demikian semoga bermanfaat.

Hsinshu, 12 September 2021 (16.50)