Persiapan, Pelaksanaan, dan Pasca Ujian Disertasi

Tulisan ini akan bercerita tentang persiapan, pelaksanaan dan pasca ujian disertasi yang saya lakukan dan saya alami selama bulan Juli. 

Sabtu, 1 Juli 2023. Agenda hari ini dimulai dengan bersih-bersih kaca dari dalam dan luar karena nampak sangat kusam disebabkan tidak pernah dibersihkan sepertinya. Alhamdulillah setelah dibersihkan 2 tahap, kembali nampak bersih dan kinclong. Agenda selanjutnya adalah mandi, sarapan sekaligus makan siang lalu shalat dzuhur. Selepas dzuhur lanjut mencuci 3 pasang sepatu sampai dijemur. Menjelang asar sempat beristirahat, kemudian selepas asar merevisi artikel kolaborasi dan menata referensi serta gambarnya. Menjelang magrib menyempatkan ke depan kampus untuk membeli buah dan makan malam. Selepas magrib lanjut mengecek plagiasi artikel yang dikerjakan sejak sore. Kemudian lanjut mereview artikel di JC UNY, lalu mengecek artikel dan memberikan komentar terhadap 3 artikel di JINOTEP. Malam ini juga mendownload artikel yang sudah diproofread untuk bersiap dilayout dan diterbitkan dalam minggu ini. Malam ini menyempatkan waktu sebentar untuk menelfon anak istri, mengecek artikel ke-3, lalu berlatih presentasi selepas shalat Isya dengan durasi 30 menit 29 detik, kemudian beristirahat. Laptop malam ini ditutup pada pukul 22.30.

Ahad, 2 Juli 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak, dimulai dengan menelfon keluarga, kemudian agenda masak-masak dan makan-makan dengan teman-teman sekaligus merujak buah. Kemudian mencuci pakain dan menjemurnya. Lalu mencari makanan untuk makan malam, lalu shalat di mushola Tsing. Selanjutnya mengecek dan menugaskan para reviewer untuk mereview artikel di JINOTEP. Lalu berlatih presentasi untuk persiapan oral defense, malam ini membutuhkan waktu lebih lama yakni 33 meni 13 detik. Selanjutnya menulis blog dan menutup laptop pada pukul 22.35.

Senin, 3 Juli 2023. Agenda hari ini seperti hari-hari sebelumnya, dimulai dengan merevisi artikel kolaborasi yang disubmit ke jurnal KMEL, kemudian mengecek dan membalas email di jurnal-jurnal yang saya kelola emailnya, lalu mengecek OJSnya. Selanjutnya menelfon anak dan istri, kemudian berlatih presentasi untuk ujian akhir, malam ini membutuhkan waktu 34 menit 7 detik. Setelah itu mencoba untuk mulai menyesuaikan metadata dan melayout artikel Jinotep edisi Juli, agar bisa diterbitkan semua pada pekan ini, tujuannya biar bisa tenang menjelang pekan-pekan ujian akhir. Malam ini laptop ditutup pada pukul 01.40.

Selasa, 4 Juli 2023. Agenda hari ini cukup melelahkan dan membutuhkan tingkat fokus yang tinggi. Agenda dimulai dengan merapikan tata letak, sitasi, referensi, gambar dan lainnya untuk artikel kolaborasi yang disubmit ke KMEL. Kemudian berlatih presentasi untuk oral defense, hari ini waktunya 32 menit 11 detik. Ada penurunan dari durasi hari kemarin namun tidak signifikan. Setelah itu melanjutkan proses layout naskah JINOTEP edisi Juli untuk membuat bookmark, link dan update semua metadata sampai menerbitkan dan menginformasikan kepada para penulis bahwa artikelnya telah terbit. Proses ini benar-benar membutuhkan mata yang tajam untuk memastikan semua tabel, gambar dan formulasi, serta sitasi tertautkan dengan yang seharusnya. Sempat mengecek status artikel kedua, dan statusnya masih under review. Malam ini laptop ditutup pada pukul 01.45 setelah tulisan ini dibuat.

Rabu, 5 Juli 2023. Agenda hari ini tidak seberat kerjaan hari kemarin, karena target pekan ini sudah saya selesai tadi dini hari yakni menyunting dan menerbitkan artikel Jinotep edisi Juli 2023. Alhamdulillah hari ini agendanya lebih ringan, hanya merevisi sedikit pada 3 artikel karena ada typo dan ada sitasi yang belum ditautkan ke referensinya. Setelah itu langsung diupdate di galleynya. Agenda selanjutnya adalah latihan presentasi untuk oral defense. Hari ini bisa mencapai waktu 27 menit 50 detik. Lebih efisien dari latihan hari kemarin. Setelah itu saya menyempatkan waktu untuk olahraga basket dan volley, kemudian beli makan malam dan kembali ke asrama untuk mencuci dan menjemur pakaian. Agenda malam selepas Isya yakni mengecek artikel di JINOTEP, kemudian mengecek permintaan review ketiga dari IJERE, lalu menulis di blog. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.10.

Kamis, 06 Juli 2023. Agenda hari ini lumayan banyak, dimulai dengan agenda rutin harian, kemudian merevisi minor beberapa typo setelah saya cek menggunakan Google Docs. Selepas makan siang dapat notifikasi dari prof kalau revisi artikel kedua sudah beliau submit, kemudian artikel artikel ke-4 juga sudah beliau submit siang ini ke jurnal open access. Pada saat yang sama saya mendapatkan email untuk mengambil form penilaian ujian akhir ke department pada awal minggu depan. Selanjutnya saya latihan presentasi, hari ini menghabiskan waktu 29 menit 23 detik. Nampaknya semakin lancar dari hari kehari. Walaupun masih susah untuk menyelesaikan dalam waktu 30 menit. Selanjutnya merevisi sedikit template JINOTEP, kemudian membalas email di beberapa jurnal yang saya kelola. Pada malam ini saya kerjakan permintaan review ketiga dari IJERE Q3. Menjelang tengah malam menyempatkan untuk mengupdate laporan studi lanjut perhari ini, karena ada beberapa hal yang perlu diperbaharui seperti sudah lulus ujian kelayakan, jadwal ujian sudah ada, dan pembaharuan tentang informasi artikel. Alhamdulillah malam ini laptop dapat ditutup pada pukul 23.25.

Jum’at, 07 Juli 2023. Agenda hari ini sangat melelahkan karena ada agenda olahraga yang cukup menguras tenaga. Agenda dimulai dengan agenda rutin, kemudian sarapan, Jum’atan, lalu sempat mengecek dan menugaskan para editor untuk menyunting 3 artikel yang baru masuk ke Jinotep. Selepas asar dilanjut lari, basket dan volley. Selepas Isya lanjut latihan presentasi, malam ini menghabiskan waktu 28 menit 40 detik. Setelah itu lanjut membuat announcement dan memperbaharui kebijakan biaya publikasi di Edcomtech dan JINOTEP berdasarkan kebijakan keuangan terbaru UM. Malam ini laptop ditutup pada pukul 22.05.

Sabtu, 8 Juli 2023. Agenda hari ini lumayan padat sekaligus melelahkan. Agenda dimulai dengan mencuci dan menjemur pakaian, kemudian mencari menu makan siang, lalu mengecek artikel di Jinotep, membalas beberapa email dari para penulis. Setelah itu menyesuaikan naskah dengan jurnal yang dipilih untuk submit paper ke-4. Alhamdulillah professor setuju dengan saran yang saya ajukan, sebagaimana rekomendasi dari associate editor Springer. Setelah disesuaikan dengan guideline, segera dikirimkan ke professor, semoga segera beliau submit. Setelah itu menyempatkan untuk berlatih presentasi, sore ini menghabiskan waktu selama 28 menit 50 detik, kurang lebih sama dengan hari kemarin. Menjelang maghrib kembali berolahraga sekitar 1,5 jam. Hari ini lebih progresif, jogging 5 keliling, kemudian volley dan basket. Selepas makan malam dan istirahat sejenak, kemudian mencuci dan menjemur pakaian, lalu melanjutkan untuk memberikan komentar terhadap naskah-naskah yang masuk ke Jinotep. Malam ini laptop ditutup pada pukul 00.25 setelah tulisan ini dibuat.

Ahad, 9 Juli 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak dan melelahkan, karena badan masih terasa pegel-pegel, sementara istirahat dulu aktivitas fisiknya. Hari ini hanya mengisi waktu dengan mengecek artikel di jurnal yang saya kelola, memberikan review dan membalas emailnya. Selain itu seperti biasa berlatih presentasi untuk persiapan oral defense, hari ini menghabiskan waktu 31 menit 31 detik, lebih lama dari durasi hari kemarin. Pada saat yang sama saya menemukan beberapa penjelasan yang kurang tepat dengan data yang disajikan baik pada PPT maupun file disertasi, akhirnya saya revisi keduanya dan saya beri warna berbeda. Setelahnya saya unggah seperti biasanya ke drive. Setelah itu, menghabiskan cukup banyak waktu untuk menelfon ibu untuk mendengarkan beberapa kabar terbaru dalam seminggu terakhir. Malam ini, laptop ditutup lebih awal, yakni pukul 21.00 setelah tulisan ini dibuat.

Senin, 10 Juli 2023. Hari ini tepat satu minggu sebelum jadwal ujian akhir saya, pagi hari saya ke kantor departemen untuk mengambil beberapa berkas ujian dan untuk mendengarkan sedikit arahan dari staff seputar administrasi dan dokumen yang harus diisi dan dilaporkan. Setelah itu menyempatkan untuk membeli buah ke depan kampus, sekaligus membeli susu dan mengisi ulang kartu listrik untuk kebutuhan pendingin ruangan selama summer. Setelah itu kembali ke asrama untuk makan siang shalat, dan menelfon keluarga. Selepas asar, menyempatkan untuk berlatih presentasi yang ke-11, hari ini menghabiskan waktu selama 32 menit 25 detik, masih lebih lama dari hari kemarin, sepertinya kecepatannya harus saya tambah lagi agar kembali ke di bawah 30 menit secara keseluruhan. Setelah itu seperti biasa mengecek dan mereview beberapa artikel di jurnal yang saya kelola, dan mengecek serta membalas email dari para penulis. Menjelang maghrib menyempatkan waktu untuk jogging beberapa keliling di lapang kampus sebelah. Selepas shalat, makan malam, lanjut mencuci dan menjemur pakaian. Malam ini laptop ditutup pada pukul 23.32 setelah tulisan ini dibuat.

Selasa, 11 Juli 2023. Hari ini melakukan agenda rutin seperti biasa, dimulai dari agenda rutin harian, kemudian mengirim email ke dua penguji eksternal untuk mengkonfirmasi ID mereka berkaitan dengan kebutuhan pembayaran honor penguji. Selanjutnya membantu mencarikan bukti kinerja kerjasama FIP dengan salah satu kampus di Taiwan, lalu mengecek artikel dan email jurnal yang dikelola. Selanjutnya memperbaharui koneksi di LinkedIn dan mengkonfirmasi teman-teman di FB. Selanjutnya latihan presentasi, hari ini menghabiskan waktu selama 31 menit. Setelah latihan presentasi ada sedikit revisi informasi pada salah satu slide. Menjelang magrib menyempatkan untuk olahraga selama 1 jam, kemudian shalat magrib, makan, shalat isya, dan menelfon keluarga. Karena badan terasa pegal linu sehabis volley, malam ini memutuskan untuk istirahat lebih awal, malam ini laptop ditutup pada pukul 21.00.

Rabu, 12 Juli 2023. Hari ini melakukan beberapa agenda seperti biasanya, dimulai dari mengecek dan mereview artikel di jurnal yang saya kelola, kemudian berlatih presentasi, hari ini menghabiskan waktu selama28 menit 30 detik. Lebih cepat dari presentasi hari kemarin. Setelah itu merevisi beberapa kata dan mengirimkan hasilnya ke professor untuk mengkonfirmasi perihal perlunya mengirimkan ke semua para penguji. Setelah sore menjelang maghrib menyempatkan untuk olahraga, awalnya hanya mau jogging, namun pas keluar asrama, bertemu dengan teman dari malaysia yang mengajak untuk volley, akhirnya bawa bola untuk mencari kawan yang akan volley. Alhamdulillah menyempatkan waktu lebih dari 1 jam untuk volley, terasa sangat puas dan membuat keringat banyak keluar. Selepas isya lanjut makan sambil telfonan dengan anak istri, kebetulan Nata sedang kurang enak badan, tadi siang beberapa kali muntah, dan sore tadi sudah dibawa ke doktor untuk diperiksa diberi obat, sayangnya Nata sangat sulit untuk minum obat membuat bundanya kesulitan untuk mengobatinya. Menjelang malam, professor, baru membalas pesan saya, beliau setuju dengan rencana saya, sekaligus mengingatkan agar saya bisa mengelola waktu presentasi agar tidak lebih dari 30 menit. Saya bulang, sejauh ini saya bisa menyelesaikannya dalam waktu 28-30 menitan. Malam ini langsung saya kirimkan PPT presentasi dan file revisi ke para penguji untuk bahan koreksi dari versi yang sudah saya kirimkan sebelumnya. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 22.17 setelah tulisan ini saya buat.

Kamis, 13 Juli 2023. Agenda hari ini lumayan variatif, dimulai dengan mengunjungi kantor OGA untuk menandatangani beasiswa untuk bulan Juli dan Agustus, sebuah kabar bagus karena saya dapat menandatangani dua bulan sekaligus, sekalian saya tanya aturan agar saya dapat menerima stipend bulan Agustus, penanggungjawabnya merespon bahwa batas minimal saya melakukan leaving school adalah tanggal 15 Agustus, sebuah tanggal yang sesuai dengan rencana saya. Setelah itu menyempatkan waktu untuk menikmati angin sepoi-sepoi di salah satu pojok Danau Sukses kampus, kemudian menjelang dzuhur kembali ke asrama, lalu shalat makan siang, menelfon anak istri, kemudian mengecek JINOTEP dan merevisi serta memberikan keputusan kepada dua naskah yang baru masuk. Selanjutnya berlatih presentasi, hari ini bisa melakukan 3 kali latihan presentasi, dengan menyelesaikan dalam waktu 29 menit 37 detik, 27 menit 25 detik, dan 27 menit 21 detik. Setelah selesai rekaman, saya kirimkan salah satu rekaman paling akhir ke professor untuk dilihat barangkali ada yang kurang atau ada yang harus diperbaiki dari cara saya mempresentasikan semua PPT yang sudah saya persiapkan. Selepas asar menyempatkan waktu untuk mereview artikel di JITP. dan IJERE Kemudian diskusi dengan prof untuk rencana gladi resik ujian presentasi via Google Meet. Selepas sore, menyempatkan untuk mencapai target olahraga harian, alhamdulillah malam ini setelah magrib bisa bermain volley sekitar 2 jam bersama kawan-kawan Taiwanese, seru walaupun babak belur karena mereka rata-rata bermain dengan baik, namun esensinya adalah untuk berolahraga, melatih otot, tulang, dan membakar lemak tubuh. Sekitar jam 22 lebih baru selesai, kemudian kembali ke dorm, mandi shalat, makan malam, mencuci pakaian, menjemur, lalu mencuci sepatu, membalas email dari para penguji, dan menjawab beberapa pertanyaan kolega perihal pengalaman peer review, dan format disertasi. Sekitar jam 00.00an menyempatkan untuk membuka laptop lagi untuk membuat format umum disertasi karena ada senior yang bertanya. Saya buatkan dan saya kirimkan, kemudian saya lanjutkan untuk merapikan salah satu artikel di JINOTEP dan sekaligus menugaskan dua reviewer untuk menilai naskahnya, malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.47 setelah tulisan ini dibuat.

Jum’at, 14 Juli 2023. Alhamdulillah agenda hari ini lumayan produktif khususnya untuk persiapan ujian disertasi saya, agenda pagi dimulai dengan menerima teman yang bertamu, kemudian shalat Jum’at, makan siang bersama, lalu mengantar teman mencari kaos berlogo kampus untuk di bawa pulang, kemudian kembali ke asrama, mengerjakan agenda rutin harian, shalat asar, membuka-buka jurnal yang dikelola, menjelang dan selepas maghrib menyempatkan waktu untuk menelfon keluarga di kampung, kebetulan hari ini saya menambah investasi 3 ekor domba Garut, lalu menjelang isya menerima teman yang bertamu lagi, kemudian menerima pesan dari professor, bahwa beliau sudah melihat video rekaman presentasi yang saya kirimkan kemarin malam, dan hari ini kami tidak jadi melakukan glagi resik karena beliau sangat sibuk dengan tugas-tugasnya, namun beliau memberikan beberapa masukan berharga untuk saya tambahkan dalam PPT yang saya buat, akhirnya selepas isya saya kerjakan sesuai saran-sarannya, kemudian sekitar setengah sebelas malam saya kirimkan via Line untuk dicek barangkali ada kesalahan pemahaman saya dengan yang beliau maksud, sampai tulisan ini dibuat, beliau belum memberikan respon, saya lanjutkan dengan membuat dan mengecek artikel pada jurnal yang saya kelola, kemudian malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.30 karena kepala saya rasanya agak kurang nyaman, semoga setelah minum obat, bisa kembali pulih sehingga tidak ada masalah untuk persiapan ujian hari Senin nanti.

Sabtu, 15 Juli 2023. Agenda hari ini seperti hari-hari biasanya, pagi ini professor membalas pesan saya tadi malam, bahwa revisi PPT yang saya lakukan sudah sesuai saran dari beliau, kemudian malam ini saya kirimkan ke para penguji karena ada 2 slide tambahan. Agenda siang ke depan kampus mencari menu untuk makan bersama teman-teman yang lain. Kemudian selepas asar berlatih presentasi dengan tambahan dua slide. Alhasil total waktu yang saya gunakan untuk presentasi semua slide selama 29 menit 45 detik, alhamdulillah masih di bawah 30 menit. Setelah latihan presentasi, kemudian mereview artikel di JINOTEP, lalu menelfon keluarga sambil makan malam. Setelah isya memutuskan untuk beristirahat lebih awal, sehingga malam ini laptop saya tutup pada pukul 21.07.

Ahad, 16 Juli 2023. Hari ini tepatnya H-1 jadwal ujian disertasi saya, saya merasakan apa yang saya rasakan sebelum saya maju pre QE akhir tahun lalu, dan jelang ujian kelayakan bulan lalu, namun jujur saja, hari-hari ini saya merasa lebih siap, karena mungkin disertasi saya sudah selesai, profesor saya sudah memberikan saran dan masukan untuk penyempurnaan PPT saya, termasuk beliau yakin para penguji akan puas dengan presentasi saya. Saya hanya yakin saja dengan apa yang penguji sampaikan, karena saya sendiri telah melakukan semua proses riset dengan maksimal, makanya saya yakin bisa menjawab semua pertanyaan yang terkait dengan riset saya. Namun, tetap saya perlu mempersiapkan diri, makanya sampai hari ini saya sudah berlatih sebanyak 19 kali latihan presentasi, saya rekam untuk memastikan saya dapat menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 30 menit. Hari ini alhamdulillah bisa berlatih dan hanya menghabiskan waktu selama 27 menit 46 detik. Semoga besok juga masih di bawah 30 menit, dan para penguji bisa menangkap ide yang saya presentasikan. Agenda lainnya hari ini adalah merapikan pakaian yang akan saya gunakan besok, saya menyempatkan waktu untuk menyetrikanya, agar besok siang sudah siap pakai. Hari ini juga menyempatkan untuk berlatih menggunakan Google Meet dan untuk melakukan perekaman dengan menggunakan headset, kemudian merapikan transkript wawancara dengan dosen dan mahasiswa, lalu membaca-baca versi cetak disertasinya untuk mereview secara umum apa yang sudah saya tulis berminggu-minggu dari disertasi saya dan untuk menyegarkan kembali ingatan saya tentang isi setiap chapter yang saya susun. Alhamdulillah saya menemukan ada 3 referensi yang double penulisannya, kemudian saya hapus dan saya revisi, sekaligus saya hitung jumlah total referensi yang saya rujuk sebanyak 216 referensi rata-rata dari jurnal internasional bereputasi. Malam ini juga saya bersiap-siap untuk berlatih dengan beberapa pertanyaan umum yang biasa ditanyakan penguji waktu ujian, misalnya ini, dan ini. Semoga semua pertanyaan para penguji saya besok sore, bisa saya jawab dengan baik dan memuaskan. Malam ini saya juga menyempatkan untuk self talk tentang refleksi h-1 ujian saya, serta video tentang perjalanan timeline rencana dan realisasi perjalanan study S3 saya. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.10 setelah tulisan ini saya buat.

Senin, 17 Juli 2023. MasyaAllah tabarokallah, alhamdulillah rasa syukur kekhadirat Allah SWT, atas semua nikmat yang telah diberikan, hari ini semua proses ujian berjalan lancar dan saya dinyatakan lulus program doktor di NTHU Taiwan dalam waktu kurang lebih 2 tahun 10 bulan 4 hari. Saya sangat berterima kasih kepada orang tua dan keluarga yang telah mendukung, serta pimpinan UM yang telah mengijinkan, dan tentunya kepada pembimbing, penasehat dan promotor S3 saya Prof. Tzu-Hua Wang, Ph.D yang telah menerima saya sebagai mahasiswanya, membimbing setiap prosesnya dan mengantarkan saya menjadi salah satu lulusan doktor dari NTHU Taiwan. Alhamdulillah masih seperti dalam mimpi bahwa semua proses ini telah dilewati, semua letih dan lelah telah dilalui, semua beban dipundak telah menghilang, dan berganti menjadi senyum bahagia karena lelahnya telah terobati. Pagi ini bangun seperti biasa, melakukan agenda rutin seperti biasa, kemudian berkomunikasi dengan prof untuk beberapa persiapan pada waktu ujian, menjelang siang, saya menyempatkan untuk membeli menu makan siang, mandi shalat dan bersiap-siap, menyempatkan sejenak waktu untuk menelfon ibu dan keluarga, serta mertua, alhamdulillah terasa plong saat melangkahkan kaki meninggalkan asrama menuju kampus Nanda tempat ujian disertasi akan dilaksanakan. Sesampainya di tempat, alhamdulillah disambut teman-teman lab, banyak yang membantu memastikan laptop saya terhubung ke internet, ke layar proyektor termasuk memastikan bisa direkam dan lain sebagainya. MasyaAllah benar-benar banyak kemudahan yang saya dapatkan hari ini. Selanjutnya prosesi ujian, dari 30 menit waktu yang disediakan, saya menghabiskan sebanyak 32 menit, alhamdulillah tidak sempat dipotong, dan proses tanya jawab berlangsung sekitar 1 jam, sampai akhirnya tiba dipenghujung acara, saya dinyatakan lulus program PhD saya dan berhak menyandang gelar doktor. Sebuah perasaan yang penuh bahagia. Setelah acara selesai, sempat berfoto bersama profesor dan penguji yang hadir offline, kemudian kembali ke main kampus dan asrama, menelfon ibu dan keluarga, ibu yang tiba-tiba menangis terharu karena salah satu anaknya yang tidak pernah disangka-sangka bisa menyelesaikan pendidikan doktor akhirnya bisa tercapai, tanpa sadar air mata saya juga menetes dalam waktu yang tidak sebentar, saya ikut terharu karena telah terlahir dari rahim ibu yang sangat penyayang dan penyabar, masyaAllah, malam yang penuh haru. Setelah perjalanan panjang, akhirnya sampai juga ditujuan. Namun, ini hanya tujuan sementara, karena di depan ada jalan yang lebih panjang terbentang, jalan tanggungjawab yang harus ditunaikan dengan penuh kesadaran, sebagai penyandang gelar PhD tentu tidak semua orang bisa memilikinya, maka pada saat yang sama ada peran dan tugas kebermanfaatan yang lebih besar harus ditunaikan. Malam ini laptop saya tutup dengan penuh haru, pada pukul 23.31.

Selasa, 18 Juli 2023. Ketika bangun tidur pagi hari ini rasanya lebih ringan ringan, semua beban yang selama ini saya rasakan, terasa sudah pergi entah kemana, alhamdulillah masih serasa mimpi, kalau kemarin sudah melaksanakan ujian disertasi. Pagi ini sudah janjian untuk mengambil hasil penilaian dari penguji ke-5, walaupun sempat salah ruangan, dan saya telah menunggu lama, ternyata saya salah lantai, untungnya beliau masih ada diruangannya. Setelah itu lalu balik ke dorm, download beberapa form, kemudian print dan langsung mengirimkannya ke department. Setelah itu makan siang, istirahat, lanjut diskusi sama prof, dan agenda lainnya, termasuk malam ini menyempatkan waktu untuk mengupdate profile informasi di beberapa website, media, seperti jurnal, ORCID, Linkedin, GS dan lain-lain. Malam ini juga menyempatkan waktu untuk menyampaikan terimakasih kepada para kolega, para atasan waktu mau berangkat kuliah seperti dekan, wadek, sampai wakil rektor yang terkait bidang penugasan ijin belajar saya. Alhamdulillah responnya sangat positif dan ikut senang serta bangga dengan capaian yang saya raih.Agenda selanjutnya mengecek dan menugaskan reviewer untuk menilai artikel di JINOTEP, sembari mengecek dokumentasi foto bersama wisuda teman-teman Hsinchu. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 01.30.

Rabu, 19 Juli 2023. Agenda hari ini dimulai dengan agenda rutin, kemudian membuat transkripsi pertanyaan, saran dan masukan dari para penguji terhadap disertasi saya dari rekaman ujian yang saya punya. Alhamdulillah kurang lebih dalam waktu 1 jam sudah selesai menjelang dzuhur. Selepas dzuhur hari ini saya mengundang teman-teman dekat dari Indonesia yang mengambil master dan PhD untuk makan bersama di Warung Toko Indonesia dekat kampus. Alhamdulillah ada 11 orang yang bisa hadir, sebuah kebahagiaan bisa berkumpul bersama sebelum mereka pada pulang dengan berbagai alasan, ada yang pulang karena liburan, ada yang pulang karena sudah ujian dan sudah selesai pendidikannya. Setelah sekian lama tidak bertemu bersama-sama akhirnya kami merasakan kehangatan yang dulu sempat kami rasakan, walau hanya sebentar, namun rasanya cukup untuk saling melepas tawa satu dengan yang lain. Selepas asar kembali ke asrama, kemudian mendiskusikan rencana traveling ke Hualien, setelah itu lanjut volley sampai jam 22.30an, kemudian balik ke asrama, bersih-bersih shalat, mencuci menjemur pakaian, lalu beristirahat. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 01.25 selepas tulisan ini dibuat.

Kamis, 20 Juli 2023. Agenda hari ini dimulai dengan menyicil menjawab semua pertanyaan dan saran dari para pengurus pada dokumen response letter untuk saya berikan ke pembimbing saya. Siang hari menyempatkan untuk makan bakso di warung Indonesia terdekat bersama teman-teman dari India, Thailand dan Malaysia. Senang rasanya mengenalkan makanan khas Indonesia ke mereka, walaupun ada kejadian lucu, teman dari India dan Malaysia memilih bakso pedas, tanpa tahu kalau yang dimaksud adalah bakso mercon dan mereka tidak tahan dengan level pedasnya. Selepas asar saya lanjutkan proses melengkapi jawaban pertanyaan dan saran-sarannya, kemudian mencuci dan menjemur pakaian, lalu bada magrib saya luangkan waktu untuk meringkas abstrak dan kata kunci sesuai saran dari penguji. Lalu selepas isya menghadiri undangan pengurus MITI KM periode 2023-2025 untuk berdiskusi program dalam rangka persiapan mereka menghadapi Rakernas yang akan dilaksanakan awal Agustus bulan depan di Depok Jawa Barat. Agenda dilaksanakan selama 3 jam sampai tengah malam, kemudian saya mengupdate blog, CV dan lain-lain sesuai dengan update profil terbaru. Malam ini juga masih melanjutkan kegiatan untuk merevisi disertasi sesuai beberapa saran dari penguji. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 04.43 dini hari berikutnya setelah tulisan ini saya buat.

Jum’at, 21 Juli 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak, karena revisian telah dilakukan dari kemarin sampai tadi subuh, sehingga hari ini cukup merapikan sedikit dan mengirimkannya ke professor. Karena sore ini agendanya fokus ke persiapan dan perjalanan ke Taipei untuk agenda trip ke Hualien. Malam ini saya juga bertemu dengan teman di Taipei dan beliau memandu agenda kami untuk jalan-jalan ke 101 dan ke panorama hill untuk melihat keindahan 101 dari malam hari. Malam ini hampir saja tidak tidur, karena berkungjung ke beberapa tempat cukup menarik di Taipei. Hanya sempat memejamkan mata sekitar 1 jam waktu di kereta dalam perjalanan ke Hualien.

Sabtu, 22 Juli 2023. Agenda hari ini dimulai dengan subuh-subuh sudah sampai di stasiun Hualien tepatnya jam 03.20, kemudian kita mampir mencari sarapan ke seven eleven terdekat, dan ternyata ada indomie gelas, kemudian shalat subuh sekaligus mandi di masjid Al-Falah Hualien, lalu berangka jam 05.10 naik bis ke Taroko, namun diturunkan sama supir dipertengahan jalan, sehingga harus menunggu 1 jam lagi untuk bis berikutnya. Sampai di Taroko jam 9an, kemudian kami mulai dengan eskplorasi bebarapa tunel, sampai sore hari menyebrani jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di Taroko. Agenda diakhiri dengan mengunjungi daerah yang dapat melihat pemandangan pantai dan lautan. Kemudian jam 6 petang kami sampai hotel untuk check-in dinner dan beristirahat. Malam ini laptop saya gunakan untuk memindahkan file gambar dari HP teman ke drive agar bisa diakses oleh kami bertiga. Malam ini saya menyempatkan untuk menelefon anak istri sebentar dan memutuskan beristirahat lebih cepat, laptop saya tutup pada pukul 21.00 setelah tulisan ini dibuat.

Ahad, 23 Juli 2023. Hari ini masih dalam rangkaian agenda wisata di Hualien, tepatnya kami berkunjung ke Farglory Ocean Park, semua sarana wisata edukasi untuk dunia laut. Kebanyakan pengunjung adalah orang yang membawa anak-anaknya. Tempat ini menyediakan beberapa sarana wisata seperti pertunjukan lumba-lumba, singa laut, dugong dan putri/putra duyung, sky lift, pentas seni pertunjukan tentang putri salju dan lain-lain. Kami bayar 890 karena kami sebagai mahasiswa, ada sedikit diskon dari harga 1000 awalnya. Kami berusaha untuk menikmati setiap sarana yang tersedia walaupun tidak sempat semua karena waktu yang terbatas, saya merasa puas untuk menikmati semua fasilitasnya, dan cukup menarik, menghibur juga mengedukasi. Malam ini kami pulang ke Hsinchu menggunakan kereta jam 20.40 dari Hualien, sampai di Taipei jam 22.57, kemudian naik bis arah Hsinchu pada jam 11.45 dan sampai di asrama sekitar pukul 1 dini hari. Hari ini tidak tidak sempat membuka laptop karena fokus langsung merendam pakaian dan beristirahat.

Senin, 24 Juli 2023. Hari ini badan masih terasa cape, dan jelang siang saya mendapatkan pesan dari teman kalau beliau sedang dikampus dan berniat mengajak makan siang bareng, alhamdulillah kami makan siang bareng, lalu setelah makan siang bareng, kami lanjut jalan-jalan area kampus, teman saya mengajak untuk mengunjungi 18 mountain dekat kampus, dan akhirnya saya merasakan pengalamannya, hari ini total jalan kaki sejauh 11 KM. Selama perjalanan kami cerita banyak hal khususnya sharing pengalaman study dan riset, termasuk saya berbagi beberapa hal tentang riset dan pengalaman publikasi serta ujian akhir, tidak hanya itu kami juga diskusi banyak hal tentang latar belakang keluarga, kultur masyarakat dan lain-lain, menjelang asar kami menyempatkan untuk keliling danau kampus dan diskusi tentang riset. Setelah saya ceritakan pengalaman saya, nampaknya teman saya memiliki gambaran lebih utuh tentang apa yang harus beliau lakukan dalam risetnya, semoga beliau mendapatkan arah lebih jelas tentang bagaimana risetnya dapat dimulai dan dilakukannya, hari ini beliau juga berniat mempelajari disertasi saya untuk mengikuti ritme riset yang saya lakukan, semoga saja beliau mendapatkan banyak manfaat dari pengalaman saya. Malam selepas maghrib saya menyempatkan untuk menelfon orang tua, keluarga, dan anak istri, malam ini saya juga menyempatkan untuk mereview beberapa artikel di jurnal yang saya ditugaskan sebagai reviewernya termasuk mengecek beberapa progres artikel di JINTOEP. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.05.

Selasa, 25 Juli 2023. Agenda hari ini tidak terlalu banyak bergelut dengan persoalan studi saya, pagi-pagi jalan santai mengelilingi 18 mountain di kota Hsinchu, ternyata banyak pengunjung yang sengaja untuk berjalan kaki menikmati udara segar pagi hari. Selepas itu kembali ke asrama sampai agenda makan siang, kemudian selepas asar diajak ke Costco untuk belajar beberapa barang keperluan teman yang akan pulang ke negaranya di Malaysia. Kemudian kembali ke asrama, menjelang tengah malam menyempakan untuk mengecek dan menugaskan para editor untuk menyunting 4 artikel di JINOTEP. Selain itu menyempatkan untuk mereview artikel di Jurnal Al-Fahim. Malam ini juga tanggal dimana, jumlah total sitasi Google Scholar saya mencapai angka 1001, alhamdulilah semoga riset-riset yang saya publikasikan bermanfaat untuk para pembaca dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 01.12.

Rabu, 26 Juli 2023. Agenda hari ini lumayan padat, dimulai dengan merendah, mencuci dan menjemur pakaian, kemudian mengantar teman belanja ke pasar tradisional dan ke A-mart untuk mencari buah dan kue nanas. Kemudian siang bersama teman yang mau pulang malam ini juga. Selepas asar meluangkan waktu untuk mengecek semua email masuk ditempat kerja melalui e-office, lalu pada malam harinya mengisi laporan BKD di sister dan mengerjakan modul pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) di perguruan tinggi karena diwajibkan untuk mempelajari dan mengerjakan semua kuis dan tes yang disediakannya sambil menyempatkan waktu untuk menelefon anak dan istri. Selanjutnya merevisi sekitar 5 artikel di JINOTEP. Kemudian mengupdate laporan perkembangan studi lanjut di folder yang disediakan kepegawaian fakultas, kemudian menulis di blog, dan malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.21 setelah tulisan ini dibuat.

Kamis, 27 Juli 2023. Agenda hari ini alhamdulillah sangat progresif, pagi hari saya coba tanya prof via Line apakah revisian yang saya kirimkan Jum’at lalu sudah oke atau tidak, kemudian prof menjawab bahwa abstrak versi bahasa Chinese masih harus disesuaikan, kemudian beliau mengirimkan hasil profreadnya dan saya minta tolong teman saya untuk merapikan abstrak bahasa Chinesenya. Selain itu, prof juga meminta saya untuk mengecek hasil plagiasi versi revisinya, segera saya lakukan dan hasilnya adalah 17% menurun 2% dari versi sebelum ujian (19%), segera saya kirimkan via email dan lain. Selepas dzuhur saya ke perpustakaan untuk memformat dokumen saya yakni disertasi dan abstrak, adapun yang harus dilakukan adalah mengembed semua font, mengkonversi ke PDF, menambahkan watermark, mengekstrasi abstrak, dan mengedit security naskahnya agar tidak bisa di edit dan hanya bisa dibaca saja. Proses ini cukup memakan waktu kurang lebih selama 3 jam, sampai harus pindah komputer karena batas waktunya hanya 2 jam. Alhamdulillah dengan bantuan staff di perpustakaan semua prosesnya bisa dilewati dan selesai pada pukul 17an, kemudian saya kembali ek asrama. Tidak lupa saya memberitahu prof dan staff dept bahwa disertasi saya sudah diunggah dan menunggu konfirmasi dari staff dept. Sekembalinya ke asrama, saya mengecek artikel di JINOTEP, kemudian memberikan umpan balik ke salah satu naskah yang sudah direvisi penulis, lalu menulis blog, mereview 2 artikel di jurnal Decode dan 1 artikel di IEJRE. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.40 setelah tulisan ini dibuat.

Jum’at, 28 Juli 2023. Agenda hari ini cukup padat merayap, selepas subuh menyempakan waktu untuk mengcopy beberapa postingan terbaru di blog um ke blog yang di blogspot agar punya arsif data dan informasi, pagi-pagi jam 9an, mengeprint beberapa dokumen, kemudian berangkat ke Nanda karena janjian sama professor untuk meminta tanda tangannya jam 10.30, alhamdulillah bisa sampai tepat waktu, setelah ngobrol sebentar rupanya ada persoalan yang harus kami bahas mengenai rencana kebijakan publisitas disertasi saya di perpustakaan, staff departemen bertanya mengapa harus ditunda sampai 5 tahun, menurutnya terlalu lama, akhir kami diskusikan dan kami sepakati dua tahun dengan berbagai rencana yang kami sepakati. Namun, setelah itu saya kepikiran apa misalnya versi hard copynya segera dipublish saja namun tidak untuk versi elektroniknya. Akhirnya disepakati dan kami tidak harus menyiapkan form khusus untuk delay. Setelah berkomunikasi dengan staff department akhirnya ajuan saya kemarin dikembalikan dan saya dapat merevisi kembali lalu segera submit ulang. Selepas itu pulang ke main kampus untuk Jum’atan. Menjelang sore mendapatkan notifikasi dari staff perpustakaan bahwa pada file disertasi saya masih ada yang harus dibenahi, antara lain tidak boleh menuliskan tanggal pada cover depan, kemudian pastikan nomor halaman lengkap dan file abstrak harus dikunci juga agar tidak bisa diedit, alhasil selepas asar kembali ke perpustakaan untuk membenahinya, sampai ngabuburit, dan alhamdulilah jelang pukul 6 sore selesai diunggah, sepertinya akan menerima jawaban pada hari Senin, semoga langsung disetujui. Selepas shalat magrib menyempatkan untuk menelfon keluarga, kemudian kembali merapikan blog, menulis cerita hari ini dan beristirahat. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.55.

Sabtu, 29 Juli 2023. Hari ini terasa lebih lelah dari hari sebelumnya, sehingga seharian tidak dapat melakukan hal-hal yang produktif, sehingga saya isi dengan menelefon anak istri, kemudian menjelang maghrib menyempatkan untuk lari sambil ngabuburit, lalu mencuci dan menjemur pakaian. Selepas mandi, shalat, makan malam, sambil nonton volley Indonesia vs Filifina lanjut pekerjaan. Dimulai dengan menyiapkan bahan tayang untuk acara pengenalan kampus ke mahasiswa baru pascasarjana NTHU. Selain itu mengecek jurnal yang dikelola, mengupdate profil GS JKTP, mengecek email, memforward surat ke grup perwakilan, dan diakhiri dengan menulis di blog. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 23.45.

Ahad, 30 Juli 2023. Hari ini badan saya terasa kurang fit, bawaannya agak lemas, mungkin karena siang tidak makan yang semestinya, hanya makan agar-agar dengan pemanis white coffee yang membuat rasanya terasa pahit dan membuat rasa mual. Selepas asar menyempatkan ke depan kampus untuk mencari buah dan menu makan malam, alhamdulillah dapat dan bisa makan makanan berat. Siang ini fokus untuk mendiskusikan rencana membelikan kenang-kenangan untuk prof dan menawarkan teman untuk membeli yang sama, alhamdulillah berkenan, dan sekaligus berkenan balik ke Taiwan sebelum saya pulang ke Indonesia, sehingga saya bisa menitipkan barang yang saya rencanakan melalui beliau, semoga barang pesanannya, segera selesai dan bisa ke bawa ke Taiwan sesuai rencana. Rencananya kami akan memberikan jaket kulit khas Garut berasal dari bahasa kulit domba Garut, semoga para professor kami pada suka barang kami rencanakan, dan semoga ukurannya bisa sesuai. Selain itu saya juga memutuskan untuk memesan tiket pulang hari ini untuk kepulangan tanggal 24 Agustus dini hari jam 01.30 dari Taipei dan rencananya sampai di Malang pada siang harinya. Selepas magrib menonton tim nasional volley putra Indonesia yang epic comeback lawan tim Thailand, setelah tertinggal 2-0 bisa mengembalikan keunggulan menjadi 3-2, sungguh tontonan yang luar biasa. Malam ini tidak banyak yang bisa saya kerjakan, setelah shalat Isya, lanjut mereview artikel di JINOTEP, kemudian menelfon anak istri, lalu saya menulis di blog dan segera memutuskan untuk istirahat lebih awal. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 22.00.

Senin, 31 Juli 2023. Hari ini adalah hari terakhir di bulan Juli, dan akan menjadi cerita terakhir dibulan ini. Ada beberapa agenda yang saya lakukan hari ini, selepas subuh saya membuat tabel excel untuk mendata barang-barang saya yang akan saya bawa pulang ke Indonesia, akan saya sumbangkan dan akan saya buang. Hal ini untuk memudahkan pada waktu pemilihan dan packing barang nantinya. Pagi ini jam 08.55 saya mendapatkan notifikasi bahwa file disertasi saya sudah disetujui oleh pihak perpustakaan, dan saya tinggal mendownload form-nya, kemudian mencetak disertasinya dan menyerahkannya ke bagian perpustakaan sebelum proses pengambilan ijazahnya. Menjelang siang, saya sudah ada janji mengundang makan bersama salah satu teman yang akan meneruskan studinya di negara lain. Kemudian setelah shalat dzuhur di perpustakaan, saya lanjut ke dokter gigi tadinya mau membersihkan karang gigi, ternyata tidak bisa karena belum 5 bulan setelah pembersihan sebelumnya, akhirnya saya kembali ke asrama, kemudian shalat, mencari menu untuk makan malam, dan kembali ke asrama. Sore ini dapat info bahwa jurnal yang saya kelola naik peringkat dari Sinta 4 ke Sinta 3, walaupun sedikit meleset dari target Sinta 2 yang diharapkan, tapi ya sudahlah, itu juga sudah yang terbaik, semoga di periode berikutnya bisa naik ke Sinta 2. Selanjutnya segera saya perbaharui informasi tentang kenaikan rangking Sinta di laman JINOTEPnya. Menjelang isya menyempatkan waktu untuk menelfon keluarga sambil makan malam, lalu merekap catatan keuangan Malang dan Taiwan bulan Juli, kemudian mengunduh empat form yang disediakan pihak perpustakaan. Setelah itu mereview 1 artikel di jurnal Al-Mudaris, lalu menulis di blog. Malam ini laptop saya tutup pada pukul 00.20.

Senin, 31 Juli 2023