Hong Kong, 21 November 2024 – Program Master of Art in STEAM Education di The Education University of Hong Kong (EdUHK) menyelenggarakan kegiatan Guest Lecture yang menghadirkan Ence Surahman, Ph.D., seorang dosen dari Program Teknologi Pendidikan (TEP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Negeri Malang (UM). Dalam kesempatan tersebut, Ence menyampaikan materi bertajuk Assessment in K-12 STEM Education yang berlangsung secara interaktif dan mendapat antusiasme cukup tinggi dari puluhan peserta yang hadir.
Acara ini merupakan bagian dari upaya EdUHK untuk memberikan wawasan mendalam kepada mahasiswanya mengenai praktik penilaian dalam pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di tingkat sekolah dasar hingga menengah (K-12). Dalam paparannya, Ence Surahman, Ph.D. menyoroti trend riset tentang assessment dalam praktik pembelajaran STEM di level K-12 dan bagaimana merancang bentuk assessment yang relevan dan kontekstual untuk mengukur keberhasilan pembelajaran dalam pendekatan STEM yang terintegrasi.
Menurut Ence, salah satu tantangan dalam assessment di K-12 STEM Education adalah memastikan instrumen penilaian mampu mengevaluasi keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan kolaborasi. Ia juga menekankan perlunya menggunakan teknologi pendidikan dalam proses penilaian, sehingga hasilnya tidak hanya akurat, tetapi juga mendukung pengembangan pembelajaran berbasis data.
Kegiatan ini berlangsung dalam suasana diskusi yang hangat. Para mahasiswa program Master of Art in STEAM Education aktif mengajukan pertanyaan terkait implementasi assessment di berbagai konteks pendidikan. Pihak EdUHK menyampaikan rasa terima kasih kepada Ence Surahman, Ph.D. atas kesediaannya berbagi pengalaman dan pengetahuan. “Kami berterima kasih kepada Dr. Ence yang sudah hadir berbagi pengalamannya untuk memperkaya wawasan global mahasiswa kami,” ungkap Dr. Paul Ketua Program Studi Master of Art in STEAM Education. Kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata kerja sama internasional dalam bidang pendidikan, khususnya di era pembelajaran STEAM yang terus berkembang.
Melalui kegiatan ini, baik mahasiswa maupun institusi yang terlibat diharapkan semakin siap menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Kolaborasi antara akademisi dari berbagai negara menjadi kunci dalam menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memajukan kualitas pendidikan global. Rencana dari tindak lanjut dari kegiatan ini adalah rencana inisiasi kerjasama dual class program untuk mata kuliah metode penelitian di S2 Teknologi Pembelajaran FIP UM dan Master of Art in STEAM Education EduHK (Kontributor: Nc).
Link foto: http://tep.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2024/11/20241121_143721-scaled.jpg & http://tep.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2024/11/20241121_23802PMByGPSMapCamera-scaled.jpg